Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tradisi Idul Fitri di Seluruh Dunia yang Meriah dan Penuh Suka Cita!

Tradisi idul fitri di negara-negara berikut membuat idul fitri semakin meriah!

Tradisi idul fitri yang akan Bob bahas pada kesempatan kali ini adalah tradisi idul fitri di seluruh dunia. Faktanya umat muslim di belahan dunia lainnya pun merayakan idul fitri dengan tradisi khas negeranya yang unik dan menarik. Idul fitri merupakan momen penting dan berharga bagi umat muslim setelah berhasil menyelesaikan ibadah puasa saat bulan Ramadan. Idul fitri dirayakan tepat setelah penghujung ramadhan atau di awal bulan Syawal.

Hari raya idul fitri dikenal juga sebagai hari kemenangan yang memiliki makna luar biasa. Perayaan idul fitri dimaknai dengan cara berbeda di tiap daerah di Indonesia termasuk di negara lain. Meskipun tradisi idul fitri di berbagai negara terlihat berbeda namun inti perayaan idul fitri masih tetap sama. Makna idul fitri adalah untuk saling bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan untuk kembali suci. Yuk pelajari tradisi idul fitri yang unik di beberapa negara seperti berikut ini!

1. Tradisi Idul Fitri di Jepang

Meskipun umat muslim di negara Jepang bisa dibilang minoritas namun bukan berarti umat muslim di Jepang tidak merayakannya. Sama seperti tradisi idul fitri di Indonesia pada umumnya, umat muslim di Jepang biasanya akan merayakan idul fitri dengan melaksanakan salat idul fitri terlebih dahulu.

Bagi umat muslim yang berada di wilayah Tokyo dan sekitarnya mereka akan berbondong-bondong pergi ke Masjid Camii untuk melakukan salat berjamaah. Setelah melaksanakan salat, para jamaah kemudian akan saling bersilaturahmi dan menikmati makanan lezat yang disediakan oleh panitia masjid. Makanan lezat memang akan terasa semakin nimat ketika disantap bersama-sama dengan meriah dan penuh suka cita!

2. Tradisi Idul Fitri di Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam

Berhubung Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam merupakan negara tetangga yang terletak berdekatan dengan Indonesia, maka tidak heran jika tradisi idul fitri ketiga negara ini tak jauh berbeda dengan Indonesia. Meskipun demikian ada beberapa tradisi idul fitri yang berbeda dengan yang biasa dilakukan di Indonesia.

Salah satu tradisi idul fitri yang biasa dilakukan masyarakat Malaysia yang tinggal di kampung adalah menyalakan pelita atau obor saat takbir berkumandang. Selain itu, sebutan hari raya idul fitri di ketiga negara ini pun berbeda-beda yaitu hari raya puasa, hari raya aidilfitri, dan hari raya fitrah.

3. Tradisi Idul Fitri di Australia

Negara tetangga Indonesia lainnya setelah Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam adalah negara Australia. Di Australia, idul fitri dirayakan cukup meriah, lho. Perusahaan di Australia pada umumnya akan memberikan toleransi kepada semua karyawan muslim untuk mendapat libur saat perayaan idul fitri. Seperti halnya di Indonesia kamu bisa melihat beberapa jalanan umum yang digunakan untuk melaksanakan salat idul fitri. Salat idul fitri di jalanan umum ini biasanya hanya dilaksanakan di kawasan mayoritas muslim.

kado pernikahan
Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

4. Tradisi Idul Fitri di Arab Saudi

Pasti kamu penasaran ya seperti apa perayaan idul fitri di negara para nabi, Arab Saudi? Uniknya perayaan idul fitri di Arab Saudi dilaksanakan secara meriah dengan berbagai pertunjukan kesenian. Umat muslim di Arab Saudi biasanya merayakan idul fitri dengan menyaksikan beragam pagelaran yang diadakan di beberapa tempat umum. Beberapa pagelaran kesenian ini meliputi pagelaran baca puisi, parade, teater hingga pertunjukan musin.

Selain pagelaran kesenian, beragam kuliner khas idul fitri yang lekat dengan peryaan idul fitri pun mudah ditemukan di Arab Saudi. Jika di Indonesia kamu akan menemukan ketupat dan opor ayam sebagai kudapan khas idul fitri maka di Arab Saudi kamu bisa menemukan daging domba yang dicampur nasi serta sayuran tradisional.

Kuliner khas idul fitri di Arab Saudi ini pun menjadi kuliner idul fitri di beberapa negara timur tengah lainnya seperti Suriah dan Sudan. Selain makanan dan kesenian, perayaan lebaran di negara Timur pun semakin meriah dengan adanya tradisi menghias rumah. Umat muslim di Arab Saudi senang melakukan tradisi menghias rumah seperti memasang lampion berwarna-warni agar rumah terlihat cantik.

5. Tradisi Idul Fitri di India

Tradisi idul fitri di negara lain selanjutnya perayaan idul fitri di India. Saat idul fitri tiba, beberapa hidangan spesial khas idul fitri disiapkan seperti hidangan manis yang disebut sheer kurma dan sejenis sohun nasi yang disebut servai. Pada malam idul fitri perayaan semakin meriah dengan adanya bazar yang membuat masyarakat ramai untuk pergi berbelanja.

Kaum muslim wanita di India pun kerap menghiasi tangan mereka menggunakan pacar saat hari idul fitri dan memakai pakaian tradisional India. Tradisi idul fitri di India atau disebut dengan istilah chaand raat ini pun tak jauh berbeda dengan tradisi idul fitri di Bangladesh, Pakista, Nepal, dan Sri Langka.

6. Tradisi Idul Fitri di Maroko

Sama dengan Indonesia, perayaan idul fitri di Maroko diadakan pagi hari setelah orang-orang selesai melaksanakan salat ied di masjid. Sepulang salat umat muslim di Maroko biasanya akan menikmati sarapan mewah berupa makanan tradisional. Makanan yang disuguhkan saat idul fitri ini seperti pancake Maroko dan Baghrir serta biskuit dan tak ketinggal teh mint yang menyegarkan. Umat muslim di Maroko pun memiliki kebiasaan seperti negara lainnya dengan memberikan hadiah dan uang kepada anak-anak.

tradisi idul fitri

7. Tradisi Idul Fitri di Cina

Tradisi perayaan idul fitri di negara tirai bambu, Cina, salah satunya adalah dengan mengunjungi makam para leluhur. Sebelum mempersembahkan doa mereka akan terlebih daulu membersihkan makam dengan penuh rasa hormat. Tradisi mengunjungi dan berdoa di makam para leluhur ini dilakukan untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan. Setelah melaksanakan salat idul fitri, umat muslim di Cina kemudian akan melaksanakan acara makan-makan, bersilaturahmi, dan berekreasi.

8. Tradisi Idul Fitri di Turki

Di negara Turki perayaan idul fitri dikenal dengan istilah festival gula atau seker bayram. Seperti halnya di Indonesia yang memiliki tradisi sungkem, anak-anak di Turki pun akan bersalaman serta melakukan sungkem atau sembah sujud kepada orangtua mereka saat idul fitri. Para orangtua kemudian akan membalas dengan ciuman di kedua pipi sebagai simbol kasih sayang.

9. Tradisi Idul Fitri di Suriname

Perayaan idul fitri di Suriname ini unik karena penetapan hari lebaran dilakukan berdasarkan perhitungan mereka sendiri. Perhitungan yang mereka gunakan adalah prajangka atau perhitungan ala primbon Jawa peninggalan nenek moyang dulu.  Negara ini bisa dikatakan memiliki kedekatan psikologi dengan Indonesia mengingat sebagian penduduknya merupakan keturunan suku Jawa.

Suka cita idul fitri memang bisa membuat hati bahagia! Kalau kamu punya rencana liburan setelah perayaan idul fitri jangan lupa untuk mencoba pengalaman menginap di Bobobox. Fitur Bobobox yang sudah terintegrasi dengan teknologi mampu menyuguhkan kamu pengalaman menginap yang berbeda, menyenangkan, serta nyaman. Unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan promo menariknya!