Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sudah Siap Menyambut Idul Adha di Minggu Depan? Simak Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia Berikut Ini!

Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ini bikin hari raya makin meriah!

Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia berikut ini menambah warna perayaan hari besar di Tanah Air. Seperti halnya hari raya pada umumnya, Idul Adha dirayakan dengan semua umat Islam dunia termasuk Indonesia dengan penuh suka cita. Suka cita penyambutan hari raya Idul Adha ini pun tak jarang juga disertai dengan beberapa tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia di berbagai pelosok daerah di Tanah Air.

Hari raya Idul Adha ini sering juga disebut hari raya kurban. Umat muslim yang mampu seacara finansial dianjurkan untuk untuk berkurban dengan cara membeli hewan ternak yang kemudian disembelih dan dibagikan ke warga sekitar. Meskipun prosesinya terbilang singkat, faktanya ada beberapa daerah yang memiliki tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia yang khusus dilakukan di hari raya ini saja .

Tadisi ini sangat beragam, sebagian ada yang dilaksanakan sebelum dan sesudah Idul Adha. Beberapa tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia di antaranya adalah tradisi mendandani sapi kurban sebelum disembelih hingga menggendong kambing yang akan disembelih layaknya bayi dari rumah ke masjid. Daerah mana sajakah yang memiliki tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ini? Bob sudah rangkumkan 8 tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia berikut ini!

1. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Manten Sapi

Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia
@Phinemo.com

Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia yang pertama adalah tradisi manten sapi. Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ini biasa dilaksanakan penduduk di Desa Wates Tani, Kecamatan Granti, Kabupaten Pasuruan untuk menghormati hewan kurban yang akan disembelih. Dalam menjalankan tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ini, para sapi yang akan dikurbankan akan dirias sedemikian rupa layaknya pengantin lalu diarak oleh warga menuju masjid setempat.

Baca Juga: Gyudon Yoshinoya, Korean BBQ dan 5 Inspirasi Resep Unik Menu Idul Adha Lainnya

2. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Mepe Kasur

Masyarakat Banyuwangi pun memiliki tradisi paling unik di Indonesia bernama mepe kasur. Mepe kasur memiliki arti menjemur kasur. Proses mepe kasur ini akan dilaksanakan serentak mulai dari pagi hari. Salah satu tradisi paling unik di Indonesia ini dilakukan untuk mengingatkan warga akan kebersihan kasur supaya terhindar dari debu dan penyakit, menolak bala, sekaligus menjauhkan segala hal-hal buruk dari rumah.

3. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Grebeg Gununngan, Yogyakarta

Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia
@Travel Tempo.co

Di Yogyakarta, ada tradisi paling unik di Indonesia bernama grebeg gunungan. Tradisi ini dilakukan menjelang Idul Adha dengan membawa tiga buah gunungan (pareden) berisi berbagai makanan dan hasil bumi yang diarak dari keraton menuju masjid. Di masjid kemudian dilakukan upacara pembacaan doa. Setelah itu warga diperbolehkan mengambil isi gunungan tersebut yang oleh masyarakat percaya jika berhasil diambil dari gunungan akan mendatangkan rezeki.

4. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Apitan, Semarang

Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia selanjutnya datang dari Semarang yang memiliki nama tradisi apitan. Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di Kelurahan Sampangan, Semarang, Jawa Tengah menjelang Idul Adha. Tradisi ini juga sering disebut sebagai sedekah bumi apitan yang dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas rezeki berupa hasil bumi yang diberikan.

Dalam prosesi tradisi ini masyarakat akan melakukan pembacaan doa untuk keselamatan warga dan dilanjutkan dengan melakukan arak-arakan. Diakhir acara, masyarakat akan berlomba mengambil hasil bumi yang sudah diarak berupa  padi, jagung, cabai, tomat, dan sejenisnya.

5. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Kaul Negeri dan Abda’u, Maluku

Gak kalah menarik dengan tradisi-tradisi di atas, ada juga tradisi Kaul Negeri dan Abda’u yang dilaksanakan di Maluku Tengah usai shalat Idul Adha. Dalam tradisi ini pemuka agama akan menggendong kambing yang akan dikurbankan. Kambing akan digendong layaknya seorang bayi yakni dibalut dengan kain dan diarak mengelilingi rumah penduduk terlebih dahulu sambil mengumandangkan zikir dan sholawat.

6. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Accera Kalompoang, Gowa

Kini kita beralih ke tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia ala Gowa, Sulawesi Selatan. Di sana masyarakat melakukan tradisi accera kalompoang berupa pencucian benda-benda pusaka milik Kerajaan Goa yang digelar selama dua hari, yaitu sehari sebelum dan pada hari Idul Adha.

7. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Meugang, Aceh

@Kompas Regional

Tradisi Meugang adalah tradisi menyambut Idul Adha ala masyarakat Aceh dengan memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat, dan yatim piatu. Tradisi ini dilakukan dua hari sebelum Idul Adha sebagai rasa syukur setelah selama 11 bulan mencari nafkah.

8. Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia: Toron, Madura

Tradisi Idul Adha paling unik di Indonesia yang terakhir datang dari daerah Madura yang disebut dengan tradisi Toron. Tradisi ini dilakukan oleh seluruh masyarakat Madura yang tinggal di luar kota tersebut untuk kembali ke Madura seperti halnya mudik Idul Fitri. Tradisi ini membuat hari raya Idul Adha sama meriah dan hangatnya seperti perayaan hari Idul Fitri.


Baca Juga: Ingin Kurban Online untuk Idul Adha? Di mana dan Bagaimana Caranya?


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobobox Pods Malioboro

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like