Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tools dan Software WFH untuk Membantumu Lebih Produktif

Langsung saja unduh aplikasinya!

Bobobox.co.id — Penyebaran virus corona ke berbagai negara termasuk Indonesia membuat banyak perusahaan memperbolehkan pegawainya untuk melakukan work from home (WFH).

Hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus corona yang semakin hari semakin banyak saja kasus orang terinfeksi COVID-19 ini. Walaupun melakukan WFH, pastinya kamu dituntut tetap produktif.

Nah, untuk membantumu lebih produktif lagi selama wfh, tools dan software WFH bisa menjadi solusi. Beberapa software WFH ini mungkin sudah kamu gunakan sebelumnya.

Jika masih penasaran terkait software WFH apa saja yang pas untuk kamu gunakan sehari-hari, yuk langsung saja simak 7 tools dan software WFH yang siap membantumu untuk lebih produktif lagi selama di rumah.

Zoom

Software WFH sejenis: Skype, Google Hangout, GoToMeeting

Software WFH pertama yang sekarang sedang naik daun adalah Zoom. Aplikasi satu ini digunakan untuk melakukan meeting online. Zoom sendiri bisa memuat 100 partisipan dalam satu online meeting.

Aplikasi ini pun sekarang ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan saja lho. Bahkan, banyak guru dan dosen di sekolah dan universitas di berbagai kota di Indonesia menggunakan Zoom untuk melakukan pembelajaran daring.

Tidak hanya melakukan online meeting, kamu pun bisa berbagi layar untuk menampilkan hasil kerjamu, melakukan chatting dengan lawan bicara, serta mengirimkan file saat melakukan online meeting.

Walaupun sedang sangat populer dan mudah digunakan, salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Zoom adalah adanya batasan 40 menit bagi pengguna aplikasi gratisnya. Jika ingin waktu yang tak terbatas, ada paket yang bisa kamu beli.

software wfh
via pcmag.com

Slack

Software WFH sejenis: Microsoft Teams, Flock, Chanty

Software WFH selanjutnya adalah Slack. Slack sendiri menawarkan fitur berkomunikasi secara daring seperti halnya WhatsApp. Namun, fitur-fitur lainnya yang ada di Slack akan sangat cocok untuk kebutuhan profesional.

Fitur-fitur di dalam aplikasi Slack sendiri ditujukan untuk mempermudah manajemen tim tanpa perlu bertatap muka langsung. Jadi, kamu bisa berdiskusi dengan anggota timmu hingga melakukan direct message ke salah satu anggota tim.

Soal integrasi, Slack pun sudah terintegrasi dengan layanan lain yang semakin mempermudah urusan pekerjaan. Layanan yang dimaksud di antaranya adalah Dropbox, Giphy, Trello, dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya Slack, tentu komunikasi antar anggota tim akan lebih mudah dan efektif. Jika kamu ingin aplikasi yang lebih mudah diakses, Slack pun bisa kamu unduh versi mobilenya di Play Store ataupun App Store.

via miro.medium.com

Trello

Software WFH sejenis: proofhub, monday.com, Workfront, Jira

Jika tadi sudah membahas soal yang bisa membuat komunikasi lancar saat WFH, software WFH ini ditujukan untuk melakukan monitoring kerja yang terperinci. Software tersebut adalah Trello.

Selain fungsi utamanya yang memonitor proses bekerja, beberapa fitur andalan dari Trello sendiri mencakup untuk mengatur deadline pekerjaan hingga melampirkan hasil pekerjaan yang menjadi tugasmu.

Jika kamu mengunduh aplikasinya, tampilan Trello sendiri terlihat seperti yang di bawah ini. Tampilan Trello tersebut sendiri menampilkan tiga fitur utama dari aplikasi ini yaitu board, list, dan card.

Ketiga fitur utama Trello ini dipercaya bisa meningkatkan produktivitas para pekerja. Pasalnya, di ketiga fitur tersebut, ada fitur seperti pengingat deadline dan pengganti notes jika diperlukan.

via 9to5mac.com

Google Suite (G Suite)

Software WFH sejenis: –

Sebenarnya, software WFH satu ini termasuk software atau tools yang merupakan sebuah kumpulan aplikasi. Google Suite atau G Suite menjadi software yang bisa digunakan untuk menunjang produktivitas saat wfh.

Dalam aplikasi Google Suite ini, pekerjaanmu bisa ditunjang oleh kumpulan aplikasi besutan Google. Mulai dari Gmail, Google Hangout, Google Doc, Google Calender, hingga Google Drive.

Yang menjadikan aplikasi ini sangat menarik adalah integrasinya yang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Pasalnya, semua aplikasinya merupakan rilisan dari Google yang dijamin soal ekosistemnya.

Namun, untuk mendapatkan beberapa fitur yang lebih maksimal, ada harga yang perlu kamu bayar. Wajar saja mengingat kamu tidak perlu memikirkan aplikasi lainnya karena sudah terkumpul menjadi satu dalam Google Suite.

via androidworld.it

Toggl

Software WFH sejenis: Google Calendar, Pocket, RescueTime

Jika kamu termasuk yang sering kesulitan dalam mengatur waktu saat WFH, aplikasi Toggl bisa menjadi jawaban yang kamu cari untuk mengatasi masalah tersebut.

Pasalnya, aplikasi ini bisa kamu gunakan sebagai tracker dan pengingat kapan saja deadline tugas pekerjaanmu harus dikumpulkan. Tak hanya itu, aplikasi ini pun mengelola tugas yang kamu lakukan.

Maksudnya, kamu bisa mengatur tugas pekerjaan atau to do list yang harus kamu lakukan sesuai dengan prioritasnya masing-masing. Hal ini sering menjadi problematika tersendiri saat harus bekerja di kantor.

Dengan aplikasi seperti Toggl, kamu bisa mengatur mana yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu hingga yang bisa kamu lakukan belakangan. Hal ini setidaknya bisa membantumu agar tetap produktif walau sedang wfh.

via toggl.com

Jotform

Software WFH sejenis: Hubstaff, Officevibe

Sebenarnya, software WFH berikutnya ini memiliki fungsi yang sama seperti Trello atau aplikasi untuk project management. Namun, bagi kamu yang memiliki jabatan sebagai team leader, maka softaware itu jauh lebih cocok untuk kamu gunakan.

Nama software tersebut adalah Jotform. Seperti yang sudah disebutkan tadi, aplikasi ini berguna untuk bagaimana anggota tim dari timmu melakukan pekerjaannya saat berada melakukan work from home.

Pasalnya, memastikan bahwa semua orang dalam timmu terlibat dan berkontribusi dalam pekerjaannya menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang team leader.

Dengan begitu, Jotform ini bisa memungkinmu untuk mensurvei sejauh mana keterlibatan anggota tim dan bagaimana perasaan mereka terkait pekerjaan yang mereka lakukan. Hal tersebut tentu membantumu dalam menjaga motivasi tim.

via jotform.com

Grammarly

Software WFH sejenis: Evernote, Workflowly, TextExpander

Software WFH terakhir yang Bob rekomendasikan adalah Grammarly. Aplikasi satu ini akan sangat berguna terutama bagi kamu yang memiliki klien atau atasan yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama dalam berkomunikasi.

Aplikasi satu ini dijamin akan bermanfaat dan benar-benar membantumu dalam berkomunikasi melalui email. Funsi utama dari Grammarly sendiri adalah memberikan saran terkait tulisan yang sedang kamu kerjakan.

Pada versi gratisannya, kamu bisa mendapatkan koreksi mendasar seputar kesalahan gramatikal saja. Namun, jika kamu mencoba untuk berlangganan aplikasinya, kamu akan dimanjakan dengan koreksi yang lebih kompleks.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk berkomunikasi dengan klien atau atasan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Grammarly bisa membantumu untuk menyampaikan maksud yang ingin kamu sampaikan dengan baik.

via grammarly.com

Menginap di Akomodasi Penginapan yang Kekinian? Ya di Bobobox

Sedang ingin menginap di akomodasi penginapan yang kekinian? Jika iya, langsung saja datang ke Bobobox terdekat. Pasalnya, hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang terasa futuristik dan nyaman untuk digunakan.

Penasaran seperti apa fasilitas yang dimaksud oleh Bob? Langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini untuk pemesanan pod dan informasi lebih lanjut.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.