Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tokoh Perempuan Indonesia Inspiratif yang Layak Jadi Panutan

Kekurangan tak jadi halangan!

Bobobox.co.id — Tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia. Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, Bob akan membahas topik mengenai tokoh perempuan Indonesia inspiratif.

Indonesia memiliki banyak tokoh perempuan yang mampu memberikan inspirasi bagi jutaan perempuan yang ada di Indonesia. Deretan prestasi sudah diraih oleh tokoh-tokoh inspiratif ini.

Dengan deretan prestasi tersebut, nama Indonesia pun harum di mata internasional. Tak hanya itu, mereka pun mampu menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan muda yang kini sedang merajut mimpi.

Nah, kira-kira siapa saja sih tokoh perempuan Indonesia inspiratif versi Bob kali ini? Yuk, berkenalan lebih lanjut tentang kesepuluh sosok tokoh perempuan Indonesia inspiratif berikut ini.

Najwa Shihab

Tokoh perempuan Indonesia inspiratif pertama adalah Najwa Shihab. Kamu tentu tak asing dengan sosok yang satu ini. Pasalnya, ia sendiri memiliki program khusus yang ditayangkan di salah satu televisi swasta.

Wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977, ini sudah berperan aktif dalam dunia jurnalistik sejak lama. Bukti nyatanya adalah keberhasilannya meraih perhargaan atas laporan tsunami Aceh.

Kini, salah satu tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini membawa program Mata Najwa. Tak hanya itu, putri kedua Quirasy Shihab ini pun kerap mengisi platfrom media online omni-channel bernama Narasi TV.

tokoh wanita indonesia inspiratif najwa
Dok Uniqlo via kompas.com

Sri Mulyani Indrawati

Tokoh perempuan Indonesia inspiratif selanjutnya adalah Sri Mulyani Indrawati. Nama wanita kelahiran Bandar Lampung ini melejit berkat pemikiran dan strategi ekonominya pada perekenomian Indonesia.

Pemikiran dan strategi ekonominya membawanya digancar sebagai wanita paling berpengaruh di dunia. Ia berhasil dua kali masuk ke daftar versi Forbes pada tahun 2008 dan 2014 di posisi ke-23 dan 38.

Dibalik prestasinya, citra dari Sri Mulyani sempat tercoreng. Pasalnya, ia terseret kasus Bank Century yang di mana ia yang memberi izin pencarian dana sebanyak 6 triliun rupiah pada tahun 2008.

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A via kompas.com

Susi Pudjiastuti

Sosok wanita satu ini terkenal akan gaya dan perilakunya yang nyentrik. Dibalik gayanya yang nyentrik, tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini pernah memberikan sumbangsih nyata untuk Indonesia.

Tokoh tersebut adalah Susi Pudjiastuti. Ia sendiri menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di periode pertama Jokowi. Selama lima tahun menjabat, beragam tindakan heroik pernah ia lakukan.

Salah satu frasa paling terkenal adalah tenggelamkan. Aksi ini demi melindungi sumber daya laut di Indonesia dari negara-negara lain yang secara ilegal memancing di perairan Indonesia.

Dokumen Susi Pudjiastuti via kompas.com

Maudy Ayunda

Bagi perempuan dan anak muda Indonesia, tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini menjadi salah satu panutan. Pasalnya, ia sendiri berparas cantik,bertalenta, dan juga memiliki segudang prestasi.

Sosok tersebut adalah Maudy Ayunda. Sebagai public figure, Maudy berhasil memberikan kesan dan pengaruh positif bagi generasi milenial. Tak heran jika banyak anak muda yang mengidolainya.

Keberhasilan Maudy yang bisa melanjutkan Oxford dan Stanford membuat sosok ini begitu menginspirasi. Kecerdasannya dibarengi dengan pribadi yang begitu bersahaja yang membuatnya jadi tokoh inspiratif.

@maudyayunda via grid.id

Alamanda Shantika

Siapa bilang jika wanita tak boleh lekat dengan teknologi. Hal tersebut mampu dibuktikan oleh Alamanda Shantika. Wanita kelahiran 12 Mei 1988 adalah salah satu mastermind dibalik GoJek dan Binar Academy.

Kiprahnya di dunia teknologi dimulai saat ia menjabat sebagai Vice President of Technology Product pada tahun 2015. Namun, alih-alih puas, ia justru mundur dari jabatannya pada tahun 2016.

Ia memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan start-up yang bergerak pada pendidikan koding, Binar Academy. Start up yang ia dirikan ini memberikan pelatihan terkait digital programming.

Alamanda Shantika via femina.co.id

Dian Sastrowardoyo

Selain Maudy Ayunda, tokoh perempuan Indonesia inspiratif berikutnya ini datang dari dunia hiburan. Namun, tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini termasuk artis yang sudah cukup senior.

Sosok tersebut adalah Dian Sasntrowardoyo. Sederet prestasi di dunia perfilman sudah ia dapat. Berbagai film yang ia bintangi pun berhasil membius jutaan mata seperti AADC dan Arina dan Lidahnya.

Terlepas dari aktingnya, ia pun terkenal sebagai sosok yang mampu menuangkan emansipasinya. Majalah Forbes pernah memasukkan wanita kelahiran Jakarta ini dalam daftar Inspiring Women 2016.

JG Photo/Yudha Baskoro via jakartaglobe.id

Merry Riana

Merry Riana merupakan tokoh perempuan Indonesia inspiratif berikutnya. Wanita kelahiran 29 Mei 1980 ini dikenal sebagai seorang pengusaha, motivator, dan juga penulis buku best-selling.

Popularitasnya semakin melejit saat film diadaptasi dari bukunya berhasil di pasaran. Buku yang ia tulis tersebut merupakan perjalanan dari pengalaman pahit yang ia pernah rasakan dalam hidupnya.

Mulai dari terpisah dari keluarganya akibat kerusuhan 1998 dan bekerja lebih dari dua pekerjaan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya di Singapuran adalah beberapa pengalaman yang ia pernah alami.

Humas BNPB/Dume Sinaga via bnpb.go.id

Angkie Yudistia

Kekurangan tak harus menghalangi dalam menggapai mimpi. Hal tersebut berlaku dari salah satu tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini. Pasalnya, ia berhasil mengalahkan kekurangannya tersebut.

Saat berusia 10 tahun, Angkie Yudistia divonis menjadi tunarungu. Ia pun menjadi tidak percaya diri sejak kecil. Namun, dorongan semangat dan tekadnya kuat membuatnya meraih berbagi prestasi.

Berkat prestasi yang ia telah dapat, Angkie menjadi sosok yang menginspirasi bagi para penyandang disabilitas. Kekurangan tak boleh jadi batu sandungan untuk meraih sebuah kesuksesan.

M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com via jpnn.com

Butet Manurung

Sosok perempuan satu ini bukanlah sosok perempuan biasa. Tokoh perempuan Indonesia inspiratif ini rela menjalani hidup di daerah pedalaman demi membagikan ilmu bagi anak-anak di sana.

Kepeduliannya terhadap pendidikan Indonesia di daerah pedalaman menjadikannya sebagai salah satu tokoh inspiratif. Nama dari perempuan yang begitu menginspirasi ini adalah Butet Manurung.

Salah bukti dari bagaimana ia menginsprasi adalah kisahnya yang diangkat menjadi sebuah film. Kisah ia mengajar di pedalaman dijadikan sebuah film dengan judul Sokola Rimba yang diperankan oleh Prisia Nasution.

via whiteboardjournal.com

Sri Wahyuni Agustiani

Tokoh perempuan Indonesia inspiratif terakhir di daftar Bob kali ini adalah Sri Wahyuni Agustiani. Lebih dikenal dengan nama Yuni, wanita ini menjadi sosok yang berhasil meraih medali perak di Olimpiade Brasil.

Keberhasil tersebut merupakan kali kedua ia mengharumkan Indonesia di kancah angkat beban internasional. Sebelumnya, ia berhasil membawa medali perak di gelaran Asian Games 2014.

Cerita dari sosok Yuni ini begitu inspiratif. Kekurangan yang ia miliki seperti catat mata kanannya tak menghalanginya untuk berprestasi dan memberikan yang terbaik untuk cabor angkat beban Indonesia.

David Ramos/Getty Images via jengsusan.com

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang merasa bosan saat sendirian di rumah, kamu bisa mencoba untuk melakukan staycation. Tempat staycation yang paling asyik untuk hal tersebut adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian selama staycation di Bobobox.

Walaupun fasilitas yang ditawarkan tidak kalah dengan hotel bintang lima, harga inap per malamnya terbilang murah dan akan cocok untuk yang sedang staycation dengan bujet minimal.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Interior Bobocabin

You might also like