Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Selamat Hari Perempuan Internasional! Simak 10 Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa Ini!

Isi posisi penting di suatu lembaga atau negara!

Bobobox.co.id — Peran perempuan semakin signifikan dalam berbagai sektor. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya tokoh perempuan yang mengisi posisi penting di suatu lembaga atau negara.

Bahkan, tak hanya saat ini, tokoh perempuan berpengaruh sudah ada sejak zaman dahulu. Beberapa di antaranya bahkan mendapatkan tantangan yang jauh lebih sulit dibandingkan zaman sekarang.

Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan Bob mengenai tokoh perempuan paling berpengaruh sepanjang masa. Langsung simak di bawah ini, ya!

Tokoh Perempuan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa

1. Ruth Bader Ginsburg

Tokoh perempuan paling berpengaruh sepanjang masa pertama adalah Ruth Bader Ginsburg. Wanita yang lahir pada 15 Maret 1933 dikenal sebagai tokoh yang peduli akan kesetaraan gendernya.

Sepanjang kariernya, wanita yang sempat menjadi profesor hukum di Sekolah Hukum Rutgers ini mampu mengubah lanskap hukum di AS. Ia berkomitmen dalam prinsip keadilan yang setara.

Berkat kegigihannya, ia mendapatkan juluk The Notorious RBG seperti yang ditulis Rolling Stone. Meninggalnya Ruth pada September 2020 meninggalkan luka mendalam untuk Amerika Serikat.

tokoh perempuan berpengaruh Ruth Bader
sumber: history.com

2. Harriet Tubman

Perbudakan menjadi salah permasalahan yang dihadapi di masa lalu. Jarang sekali ada sosok khususnya tokoh perempuan berkulit hitam yang mampu mendobrak masalah tersebut.

Hal itu tak berlaku bagi Harriet Tubman. Ia bepergian melalui kereta api bawah tanah dan mampu membaskan sekitar 300 orang yang diperbudak oleh organisasi terlarang selama bertahun-tahun.

Tak hanya itu, ia menjadi penggerak abolisionis dan juga memperjuangkan hak pilih bagi perempuan. Ia juga membantu dalam pembukaan jalan dari diskriminasi untuk keadilan di Amerika Serikat.

tokoh perempuan berpengaruh Harriet Tubman
sumber: the Ohio History Connection

3. Emmeline Pankhurst

Tokoh perempuan paling berpengaruh lainnya adalah Emmeline Pankhurst. Ia menjadi salah satu tokoh yang berperan dalam gerakan hak pilih wanita Inggris di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Pada saat itu, ia menjadi pemimpin dari Women’s Social and Political Union (WSPU). Lewat perserikatan tersebut, dia memperjuangkan hak wanita untuk mendapatkan hak pilih di Inggris Raya.

Kegigihannya memang membuat Emmeline jadi buronan pemerintah Inggris pada saat itu. Namun, perjuangannya tak sia-sia di mana wanita Inggris akhirnya mendapatkan hak memilih sejak usia 21 tahun.

tokoh perempuan Emmeline Pankhurst
sumber: imdb.com

Baca Juga: 10 Tokoh Perempuan Indonesia Inspiratif Yang Layak Jadi Panutan


4. Empress Dowager Cixi

Lahir selama Dinasti Qing Tiongkok, Cixi adalah seorang putri dari pejabat berpangkat rendah. Beruntungnya, ia menerima pendidikan yang baik yang membuatnya bisa membaca dan menulis.

Pada tahun 1851, ia menjadi salah satu selir Kaisar Xianfeng. Pada zaman tersebut, posisi yang dimiliki oleh Cixi terbilang sebuah kehormatan besar khususnya bagi seorang wanita.

Ia sendiri dianggap sebagai permaisuri Tiongkok terakhir dan paling terkenal. Ia dikenal berkat kegigihannya dalam membentuk pemberontakan dan kebijakan kekaisaran Tiongkok selama 50 tahun.

tokoh perempuan berpengaruh Empress Dowager
sumber: Handouts

5. Rosa Park

Selama tahun 1950, masyarakat Amerika Serikat terpisahkan oleh sekat. Sebagian besar warga kulit hitam dan putih dipisahkan termasuk salah satunya saat menggunakan transportasi umum.

Pada 1 Desember 1955, sebuah sejarah terjadi. Seorang penjahit, Rosa Park, menolak untuk menyerahkan kursinya kepada penumpang kulit putih di bus di Montgomery, Alabama dan ditangkap.

Sebagai respon, tokoh perempuan ini memobilisasi The National Association for the Advancement of Colored People (NAACP). Berkatnya, banyak aktivis yang tergerak untuk melawan diskriminasi.

Rosa Park
sumber: greelane.com

6. Kamala Harris

Pada November 2020, sejarah tercipta untuk Amerika Serikat. Pasalnya, Kamala Harris menjadi perempuan pertama dalam sejarah negeri Paman Sam yang terpilih menjadi wakil presiden.

Sejarah dari tokoh perempuan berpengaruh ini sempat ditorehkan jauh sebelumnya. Pada tahun 2017, ia menjadi senator Asia Selatan-Amerika pertama yang tercatat dalam sejarah AS.

Sebelum menjadi wakil presiden, ia pernah bekerja sebagai jaksa agung dan senator di California. Selama itu juga, Kamala Harris dikenal sebagai wanita yang pro-HAM dan lingkungan.

Kamala Harris
Nareshkumar Shaganti/Alamy

Baca Juga: Menyambut Hari Anak, Inilah 7 Tokoh Anak-Anak Yang Mengubah Dunia


7. Angela Merkel

Kanselir Jerman, Angela Merkel adalah salah satu tokoh perempuan paling berpengaruh lainnya. Menjabat sejak tahun 2005, ia sudah menjabat jabatan yang sama untuk keempat kalinya.

Di bawah kepemimpinannya, cadangan baja Jerman meningkat. Tak hanya itu, prestasi lainnya adalah mengizinkn para pengungsi yang berasal dari Suriah untuk memasuki kawasan Jerman.

Hal ini yang menjadikan banyak pihak yang bertanya-tanya mengenai keputusannya untuk tak menjabat lagi di tahun 2021. Walaupun begitu, torehan prestasinya tak bisa dianggap remeh.

Angela Merkel
sumber: Carsten Koall/Getty Images

8. Christine Lagarde

Tokoh perempuan paling berpengaruh lainnya adalah Christine Lagarde. Lagarde menjadi perempuan pertama yang mengelapai Bank Sentral Eropa (ECB) di mana ia menjabat pada November 2019.

Dengan posisi tersebut, ia turut andil dalam mengambil keputusan penting terkait pengelolaan mata uang tunggal Eropa. Ia juga berperan dalam kebijakan moneter di 19 negara Zona Euro.

Sebelumnya, wanita ini menjadi perempuan pertama yang memimpin International Monetary Fund (IMF). IMF adalah organisasi yang menjamin stabilitas sistem moneter internasional.

Christine Lagarde
sumber: Stephanie Lecocq/EFE via EPA

9. Ursula von der Leyen

Ursula von der Leyen menjadi presiden perempuan pertama di Komisi Eropa. Komisi Eropa sendiri adalah lembaga yang mengawasi hukum, kebijakan, dan juga anggaran Uni Eropa.

Walhasil, tanggung jawab dari tokoh perempuan berpengaruh ini tak main-main. Ia bertanggung jawab atas kebijakan atau undang-undang yang akan memengaruhi lebih dari 700 juta warga Eropa.

Wanita yang fasih berbahasa Inggris dan Perancis ini terkenal pro-LGBT. Salah satu bentuk protes yang ia lakukan adalah ketika wanita Jerman ini mengecam diskriminasi yang terjadi di Polandia.

Ursula von der Leyen
sumber: Reuters

Baca Juga: Ini Dia Super Hero Jepang Jadul Yang Sempat Menemani Masa Kecilmu!


10. Melinda Gates

Tokoh perempuan paling berpengaruh terakhir adalah Melinda Gates. Mantan istri dari miliader Bill Gates ini menjadi co-chair dari Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia.

Dana abadi yang dimiliki oleh yayasan amal tersebut berada di kisaran 40 miliar Dollar AS. Namun, dorongan untuk dunia yang lebih baik dari Melinda sebenarnya tidak hanya itu saja, lho!

Pasalnya, bersama sang mantan suami, keduanya memang dikenal sebagai tokoh yang berusaha untuk memajukan ilmu pengetahuan. Bahkan, keduanya juga berusaha untuk memajukan ilmu kesehatan.

Melinda Gates
sumber: Aurelien Meunier/Getty Images

***

Itulah fakta mata ikan yang perlu kamu ketahui.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

You might also like