Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Toko Roti Legendaris di Bandung, Tempat Untuk Bernostalgia

Cita rasa yang tak lekang usia

Dari banyaknya kuliner legendaris yang ada di Bandung, roti adalah salah satunya. Oleh karena itu, toko roti legendaris di Bandung sering menjadi incaran. Soalnya citarasanya membawa nostalgia buat orang-orang yang mencicipinya. Kira-kira apa aja ya toko roti legendaris di Bandung?

Toko roti legendaris di Bandung: Roti Gempol

toko roti legendaris
@Diana Octary

Toko roti legendaris pertama di Bandung yang harus kamu kunjungi adalah Roti Gempol. Toko roti yang didirikan oleh Lydia Usman ini sudah berdiri sejak tahun 1992.

Roti yang dijual di toko roti legendaris di Bandung ini pada dasarnya ada roti tawar putih besar/kecil dan roti tawar gandum besar/kecil. Selain dijual tawar, Roti Gempol juga menjual roti bakar dengan beraneka ragam isian, dari yang manis hingga yang asin.

Untuk yang manis, kamu bisa memilih isian seperti selai kacang, coklat, dan susu. Kalau yang asin, tersedia pilihan isian keju, telur, atau daging asap. Kamu nggak cuma bisa memilih salah satu lho. Ketiga jenis isiannya juga bisa kamu campur. Hmm lezat kan?

Untuk ukurannya sendiri, ada dua pilihan yang tersedia yaitu perseorangan atau ririungan. Porsi perseorangan yaitu dua lapis roti yang sudah diisi kemudian dibakar lalu dipotong menjadi empat bagian. Kalau yang ririungan, porsinya lebih banyak karena biasanya untuk dibagi-bagi, terdiri dari 10 potong roti.

Oh iya, untuk menemani sepiring roti bakar, toko roti legendaris di Bandung ini juga menjual minuman panas dan dingin lho. Di antaranya adalah teh, kopi, dan susu. Cocok banget deh jadi pendamping roti bakarnya.

Alamat

Jl. Gempol Wetan No.14, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

07.00—21.00

Harga

Mulai dari Rp9.000

Roti Bumbu Bakar Cari Rasa

toko roti legendaris
@Clarissa Ratna

Cari Rasa bisa dibilang merupakan toko roti legendaris di Bandung yang mempopulerkan roti bakar. Haji Ama-lah di balik tenarnya roti bumbu ini.

Sebelum membuka toko roti legendaris di Bandung ini, Haji Ama bekerja membuat roti untuk para tentara Belanda. Namun saat terjadi perang, beliau membelot dan bekerja untuk tentara Indonesia dengan pekerjaan yang serupa pula.

Setelah Indonesia merdeka, Haji Ama memutuskan untuk membuat merek rotinya sendiri yang ia beri nama Cari Rasa. Awalnya, toko roti legendaris ini hanya menjual satu jenis roti yaitu roti isi selai srikaya.

Baru pada tahun 1975 beliau memperkenalkan roti bakar, dengan isian yang dikenal hingga sekarang yaitu bumbu yang terdiri dari meses, selai kacang, selai nanas, dan susu.

Toko roti legendaris di Bandung ini terus berkembang. Isiannya pun makin beragam Sekarang, kamu sudah bisa memesan dengan isian seperti keju dan kornet. Jenis rotinya juga ada roti kadet atau roti kasino (persegi panjang bergerigi), dijual dalam ukuran besar atau kecil.

Selain di tokonya yang berada di Pasar Kosambi, kamu juga bisa menemukan Roti Cari Rasa di gerobak-gerobak roti yang dijual dengan cara keliling. Ada sekitar 200 gerobak keliling yang tersebar di seluruh Kota Bandung.

Alamat

Jl. Jendral Ahmad Yani No.149, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

07.00—21.00

Harga

Mulai dari Rp6.000

Roti Sidodadi

toko roti legendaris
@Yohan

Toko roti legendaris di Bandung yang satu ini sudah hadir sejak tahun 1954. Hingga kini, belum ada yang berubah dari tampilan toko roti legendaris di Bandung ini. Juga soal rasa. Kelezatan rotinya masih terjaga dari dulu hingga sekarang.

Roti-roti jadul seperti roti krenten (kismis), roti gambang, dan roti tawar frans masih bisa kamu temukan di sini. Selain roti jadul, toko roti lgendaris di Bandung ini juga menjual varian roti moka, roti nanas, roti cokelat, roti keju, roti kornet, dan masih banyak lagi.

Di samping berbagai jenis roti, kamu juga bisa menemukan aneka jajanan pasar. Bintang utama dari jajanan pasar itu tentu saja carabikangnya. Sebelum menjual roti, pemiliki toko roti legendaris di Bandung ini menjual carabikang yaitu kue yang terbuat dari tepung beras. Barulah sekitar tahun 60-an roti dijual di toko roti legendaris di Bandung ini.

Saat kamu berkunjung ke toko roti legendaris ini, perhatikan baik-baik jalan jangan sampai kelewatan. Soalnya tempatnya kecil dan kurang mencolok. Meskipun begitu, kamu juga harus siap-siap mengantre karena toko roti legendaris di Bandung ini tak pernah sepi pengunjung.

Alamat

Jl. Otto Iskandar Dinata No.255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

10.00—20.00

Harga

Mulai dari Rp3.000

Toko roti legendaris di Bandung: Roti Sumber Hidangan

toko roti legendaris
@Qaedi Fuadillah

Berdiri sejak tahun 1929, toko roti legendaris di Bandung ini hadir dengan nama Het Snoephuis yang berarti Rumah Manis.

Het Snoephuis menjual macam-macam kudapan manis seperti roti dan kue kering. Akan tetapi, nama Het Snoephuis berubah menjadi Sumber Hidangan setelah adanya kebijakan nasionalisasi perusahaan nama asing setelah Indonesia merdeka.

Berbeda, dengan toko-toko kekinian yang berusaha tampil kuno, toko roti legendaris di Bandung ini memang sudah kuno. Di sini kamu tidak akan menemukan Wi-Fi atau colokan listrik. Suasananya benar-benar seperti di zaman Belanda dulu.

Roti yang dijual di sini sangat variatif dan kamu dijamin tidak akan mengerti dengan namanya. Soalnya, di etalasenya roti-roti tampil dalam bahasa Belanda. Jadi, daripada salah pilih mending kamu tanya juga ya ke yang jualnya.

Selain roti, Sumber Hidangan juga menjual kue kering, minuman, dan juga es krim. Es krimnya juga terlihat jadul karena disajikan di mangkuk kecil dengan rasa yang khas.

Alamat

Jl. Braga No.20-22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

09.00—15.30

Minggu tutup

Harga

Mulai dari Rp4.000

Roti Djie Seng

toko roti legendaris
journal.sociolla.com

Berbeda dengan keempat toko roti sebelumnya, toko roti legendaris di Bandung yang satu ini lebih fokus ke pendistribusian di jalan. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dong melihat penjual roti bermotor dengan merek Djie Seng?

Toko roti legendaris di Bandung yang berdiri sejak tahun 1950 ini menjual roti tawar yang dikenal juga dengan istilah roti kampung karena teksturnya yang tipis dan berongga. Eits, tapi jangan salah, rasanya tentu saja enak di lidah.

Selain itu, Djie Seng juga menjual roti-roti manis seperti roti keju, coklat, dan susu. Ada juga roti gambang yaitu kue berwarna coklat dengan taburan biji wijen di atasnya.

Alamat

Jl. Astana Anyar No.13, Cibadak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional

06.00—19.00

Harga

Mulai dari Rp3.000

Menginap di hotel kapsul

Bobobox adalah hotel kapsul yang ramah di kantong namun dengan fasilitas yang ciamik. Desainnya yang modern dan teknologinya yang canggih menjadi keunggulan dari hotel kapsul ini.

Bobobox memiliki fitur smartpod di mana kamarnya sudah terintegrasi dengan teknologi, mulai dari kunci yang menggunakan QR code, proses check-in dan check-out, booking online, dan pengaturan lampu. Kamu bisa melakukan pemesan kamarnya melalui situs atau aplikasi Bobobox. Gimana, mudah dan nggak ribet kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.