Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ikuti Tips Work Life Balance Berikut Ini Agar Hidupmu Lebih Seimbang!

Demi terjaganya kesehatan fisik dan mental!

Bobobox.co.id — Perkembangan zaman yang semakin maju membuat banyak orang yang kesulitan dalam memiliki work life balance. Hal tersebut terbukti dengan berbagai riset yang mengangkat topik tersebut.

Kesulitan dalam menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan ini mungkin dialami olehmu. Untuk itu, Bob, di sini, mencoba untuk memberikan kiat-kiat atau tips work life balance yang mungkin bisa kamu aplikasikan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini merupakan sepuluh tips work life balance yang patut kamu ikuti dan aplikasikan dalam keseharianmu. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Kesehatan adalah Prioritas

Tips work life balance pertama dari Bob adalah pahami bahwa kesehatanmu adalah prioritas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatanmu agar tetap prima dan fit.

Misalkan saja, kualitas tidur yang wajib terjaga. Durasi tidur antara tujuh hingga sembilan jam per hari adalah rekomendasi durasi yang mampu memberikan manfaat seperti umur lebih panjang dan produktivitas tinggi.

Di samping itu, melakukan pola hidup sehat adalah awal yang baik. Jika dirasa sulit, kamu bisa mencoba untuk mengaplikasikan pola hidup secara perlahan hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

Kesehatan itu penting via pexels.com/@stockphotoartist

Baca Juga: Tidak Sesulit Itu, Ini Dia 7 Cara Awal Memulai Pola Hidup Sehat!


Mulai dari Hal Kecil

Tips work life balance berikutnya dari Bob adalah mulailah dari hal terkecil. Hal terkecil yang dimaksud bisa jadi adalah tempat kerjamu sehari-hari. Caranya adalah dengan menjaga kebersihan tempat tersebut.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebersihan ini secara tak langsung mampu mendorong motivasi untuk bekerja. Selain itu, semangatmu akan meningkatkan sehingga tak mudah merasa lelah.

Soal cara membersihkannya, kamu bisa memulainya dengan merapikan meja kerja dan menata dokumen-dokumen dalam satu folder khusus. Hal ini berlaku baik untuk tempat kerja di kantor ataupun rumah, ya!

Setup tempat kerja via pexels.com/@antonioborriello

Kurangi Sikap Perfeksionis

Mengurangi sikap perfeksionis adalah tips work life balance lainnya yang perlu kamu ikuti. Sebenarnya, menjadi seorang perfeksionis tidak salah karena mampu mendorongmu untuk memberikan yang terbaik.

Namun, sikap ini justru akan menggangumu untuk mendapatkan work life balance. Pasalnya, jika kebiasaan ini dibiarkan terus-menerus, kamu akan menekan dirimu sendiri yang justru tak baik.

Hal penting yang perlu diingat adalah kesalahan itu hal wajar. Asalkan kamu sudah memberikan versi terbaik dari dirimu. Hanya saja jangan sampai kamu terus-terusan melakukan kesalahan yang sama.

Kurangi perfeksionis via unsplash.com/@luciannovo

Lakukan Olahraga dan Meditasi

Seperti yang sudah Bob singgung sebelumnya, kesehatan adalah prioritas. Dalam rangka menyayangi dirimu sendiri, beristirahat yang cukup saja belum cukup. Berolahraga aktif harus tetap dilakukan.

Olahraga yang dilakukan pun tak perlu olahraga berat saja. Aktivitas fisik menguras keringat dengan durasi 30 menit pun sudah lebih dari cukup untuk permulaan. Setelah itu, kamu bisa menaikkan level intensitasnya.

Selain itu, meditasi pun penting untuk dilakukan. Meditasi terkenal dengan manfaatnya yang di mana membuatmu mampu untuk mengelola stres, mengendalikan emosi, dan mengatasi gangguan depresi dan kecemasan.

tips work life balance meditasi
Meditasi via pexels.com/@spencer-selover-142259

Tentukan Prioritas Pekerjaan

Saat mendapatkan tugas yang diminta dari atasan, memiliki kemampuan untuk memilih prioritas pekerjaan adalah sebuah keharusan. Apalagi jika kamu memang menginginkan adanya work life balance yang baik.

Tips work life balance ini cukup efektif agar kamu bisa memiliki waktu luang lebih di samping padatnya deadline pekerjaan. Penentuan prioritas ini bisa dilakukan dengan mengerjakan tugas yang lebih berat di awal.

Setelah itu, barulah kamu menyelesaikan tugas yang lebih mudah. Jangan lupa untuk menuliskan hal yang harus kamu lakukan dengan membuat to do list yang wajib kamu patuhi selama mengerjakan tugas.

Buat to do list via pexels.com/@breakingpic

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk Untuk Kesehatan Wajib Dihindari | Mungkin Sering Kamu Lakukan Tanpa Kamu Sadari!


Lakukan Manajemen Waktu

Saat bekerja, setiap menit yang berjalan sangatlah berharga. Agar bisa tetap fokus dan produktik, melakukan manajemen waktu yang baik adalah satu tips work life balance yang perlu kamu perhatikan.

Keahlian manajemen waktu ini berdampak nyata pada pekerjaan dan juga kehidupan personalmu. Pasalnya, kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk tetap fokus pada pekerjaanmu agar cepat selesai.

Pada sisi lain, kamu tahu kapan waktu untuk bermain atau sekadar berbincang dengan rekan kerja. Namun, tips ini sendiri membutuhkan jam terbang dan juga kemampuan dalam membuat sebuah keputusan.

Manajemen waktu via pexels.com/@energepic-com-27411

Belajar jadi Diri Sendiri

Kesulitan yang kerap kali dihadapi oleh seorang pekerja adalah berkata tidak pada orang lain. Hal ini tak hanya berlaku saat diminta tolong untuk membantu seseorang membereskan masalah atau pekerjaannya.

Tips work life balance ini cukup challenging. Tak sedikit orang yang sungkan untuk berkata tidak khususnya orang Indonesia yang relatif kental akan budaya tidak enakan terhadap orang lain.

Aturan penting terkait hal ini adalah cobalah untuk menanamkan pada diri bahwa prioritasmu adalah pekerjaanmu. Kamu boleh membantu orang lain jika semua tugas yang diemban olehmu sudah selesai.

Berani katakan tidak via pexels.com/@olly

Baca Juga: Sembuhkan Stres Sampai Panjang Umur Dengan Traveling


Kurangi Penggunaan Gawai

Perkembangan pesat teknologi terkini mampu mempermudah tugas pekerjaanmu. Walaupun begitu, teknologi ini pulalah yang membuatmu terlalu attach terhadap gawaimu untuk seharian penuh.

Tak sedikit orang yang terus menerus menatap layar gawai yang mereka miliki. Untuk tips work life balance ini, ada baiknya untuk meluangkan waktumu dengan mengurangi penggunaan gawaimu.

Tak perlu takut merasa ketinggalan dengan berita-berita terupdate. Cobalah untuk meluangkan waktumu bersama keluarga atau melakukan hobi yang jarang dilakukan saat lepas dari gawai.

Penggunaan gawai via pexels.com/@giftpundits-com-551816

Maksimalkan Momen Liburan

Rahasia dalam mendapatkan work life balance adalah meluangkan waktumu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai. Melakukan me time ini harus dimaksimalkan di momen libur nasional ataupun cuti.

Untuk aktivitas menarik yang dilakukan, hal ini bergantung pada preference masing-masing orang. Memanjakan diri bisa dengan apa saja mulai dari menonton serial televisi, membaca buku, hingga travelling.

Bahkan, beberapa orang menikmati waktu beristirahat dengan tidak melakukan apa-apa. Hal terpenting yang harus diperhatikan dari tips work life balance ini adalah kualitas yang didapat untuk fisik dan mentalmu.

Manfaatkan liburan via pexels.com/@riciardus

Menerima Tidak Ada Work Life Balance Sempurna

Hal terakhir dari tips work life balance versi Bob kali ini adalah menerima bahwa tidak ada yang namanya work life balance yang sempurna. Ada miskonsepsi saat work life balance dikemukakan.

Tidak sedikit orang yang membayangkan hari di mana kamu bisa sangat produktif bekerja dan pulang lebih awal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Walaupun ideal, hal tersebut tak selalu terjadi.

Jangan berusaha untuk mengidam-idamkan kesempurnaan dari work life balance. Ada kalanya, kamu diharuskan untuk fokus pada pekerjaanmu dan juga ada kalanya kamu bisa menikmati waktu me timemu.

tips memulai menjadi digital nomad
Tak ada kesempurnaan via pexels.com/@chinmay-singh-251922

Lelah Dengan Rutinitas Kerja? Coba Staycation di Bobobox

Jika kamu merasa lelah dengan rutinitas kerjamu, staycation menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

Nah, salah satu tempat yang bisa kamu coba adalah BoboboxHotel kapsul dengan fitur kekinian ini siap memberikan kenyamanan beristirahat yang kamu butuhkan.

Untuk pemesanannya, kamu cukup unduh aplikasi Bobobox dan kamar kapsulnya sudah bisa kamu pesan lewat aplikasi tersebut.

You might also like