Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Wisata Saat Mengunjungi Onsen di Jepang

Perhatikan 7 tips wisata berikut ya supaya kamu tidak salah tingkah

Onsen adalah salah satu daya tarik wisata yang ada di Jepang. Namun sebelum kamu mencobanya, perhtaikan dulu tips wisata berikut ini ya. Soalnya, onsen bukan pemandian air panas biasa seperti yang ada di Indonesia.

Ada aturan khusus yang harus kamu ikuti dari mulai masuk hingga ke luar. Nah, daripada salah, mending cek dulu tips wisata yang satu ini supaya kamu bisa menggunakan onsen dengan benar dan tenang.

Apa itu onsen?

tis wisata
Photo by Kaede KBYS on Unsplash

Onsen adalah tempat pemandian air panas yang menggunakan sumber mata air alami. Di Jepang, tidak semua sumber mata air bisa menjadi onsen. Setidaknya airnya harus mengandung satu dari 19 senyawa yang muncul secara alami. Suhunya juga harus mencapai 25 derajat Celsius ketika sampai di permukaan.

Air onsen sendiri dipercaya memiliki khasiat kesehatan yang bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, air onsen juga mengandung mineral yang bagus untuk kulit, sirkulasi darah, dan manfaat kesehatan lainnya.

Di samping manfaatnya untuk kesehatan, onsen sendiri merupakan tempat yang indah karena terletak di alam dan dihiasi oleh pemandangan yang cantik. Hal ini membuat onsen menjadi tempat yang nyaman dan bikin rileks.

Selain onsen ada juga yang namanya sento. Meskipun sama-sama pemandian, onsen dan sento adalah dua hal yang berbeda. Jika onsen menggunakan air yang dipanaskan dari magma, sento menggunakan mesin pemanas air biasa.

Tempatnya juga biasanya indoor dan bersatu dengan penginapan. Jadi, jangan sampai salah ya kalau kamu mau ke onsen, eh ternyata malah sento.

Meskipun airnya dipanaskan dengan cara yang berbeda, onsen dan sento memiliki aturan yang sama. Di bawah ini kamu bisa menemukan tips wisata yang bisa kamu gunakan di kedua tempat tersebut.

10 Negara Wisata Paling Ramah Di Dunia Tahun 2020

Tips wisata memasuki onsen

Tips wisata 1: Buka sepatu sebelum masuk
tips wisata
Photo by Waldemar Brandt on Unsplash

Di Jepang, melepas sepatu dan menggantinya denagn sandal adalah hal yang umum. Begitu pula saat masuk ke dalam onsen. Biasanya akan disediakan loker di mana kamu bisa menyimpan alas kaki dan barang-barang lain. Perhatikan tips wisata ini baik-baik, jangan sampai kamu kelepasan ya.

Tips wisata 2: Dilarang mengenakan pakaian
tips wisata
Photo by Lina Verovaya on Unsplash

Untuk bisa menggunakan onsen, kamu tidak diperkenankan mengenakan pakaian sehelai pun. Mungkin bagi orang asing terutama orang Indonesia hal ini terdengar vulgar. Akan tetapi, begitulah peraturan yang ada di onsen.

Tidak semua onsen menerapkan peraturan seperti ini. Onsen campur misanya, membolehkan pengunjungnya mengenakan yuami-gi baju renang khusus onsen untuk wanita. Sedangkan untuk pria diharuskan menutupi area kemaluannya saat keluar dari onsen.

Tips wisata 3: Mandi dulu sebelum berendam
tips wisata
Photo by kevin Baquerizo on Unsplash

Meskipun onsen adalah pemandian air panas bukan berarti kolamnya bisa kamu gunakan untuk mandi. Karena onsen adalah tempat publik di mana banyak orang berendam dalam satu kolam yang sama, kamu harus mandi terlebih dahulu di area yang sudah disediakan.

Di area mandi tersebut biasanya terdapat keran, shower, dan kursi untuk duduk. Biasanya juga disediakan sampo dan sabun. Mandi di onsen dilakukan sambil duduk di kursi yang telah disediakan.

Setelah itu, kamu bisa mandi seperti biasanya dengan sabun dan sampo. Jika sudah selesai, tips wisata selanjutnya adalah pastikan bahwa kamu benar-benar bersih. Jangan sampai ada sabun yang tersisa di badan.

Di onsen yang lebih tradisional biasanya tidak terdapat area mandi khusus. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mengambil air dari kolam dan membilas tubuhmu dengan ember yang disediakan.

Setelah kamu mandi dengan bersih barulah kamu bisa masuk ke dalam kolamnya. Hati-hati karena air yang ada di onsen benar-benar panas. Masukkan tubuhmu perlahan supaya bisa menyesuaikan dengan suhunya.

Tips wisata 4: Jangan biarkan rambut masuk ke dalam air
tips wisata
Photo by Yoann Boyer on Unsplash

Tips wisata selanjutnya berlaku jikamu memiliki rambut yang panjang, jangan sampai rambutmu masuk ke dalam kolam. Ikat rambutmu atau bungkus dengan handuk yang telah disediakan.

Selain itu, tips wisata ini juga berlaku meskipun kamu tidak memiliki rambut yang panjang atau tidak memiliki rambut sama sekali, memasukkan kepala ke dalam air tidak diperbolehkan. Karena onsen digunakan secara bersama-sama, ada kemungkinan kamu bisa tertular penyakit dan memasukkan kepala ke dalam air meningkatkan resiko tersebut.

10 Kota Termurah Di Asia Yang Cocok Buat Backpacker

Tips wisata 5: Tato sangatlah dilarang
tips wisata
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Orang Jepang memiliki hubungan yang kurang baik dengan tato. Gambar di tubuh tersebut terasosiasi erat dengan kelompok mafia yang biasa juga dikenal dengan Yakuza. Pada umumnya, anggota yakuza memiliki tato dan mereka suka mengadakan pertemuan di onsen. Kedua hal inilah yang menyebabkan larangan tato di onsen.

Karena tidak diperbolehkan mengenakan pakaian di onsen, anggota yakuza tidak bisa menyembunyikan senjata yang bisa mencelekai. Perhtaikan tips wisata ini jika kamu memiliki tato.

Tips wisata 6: Dilarang berisik
tips wisata
Photo by Kristina Flour on Unsplash

Tips wisata selanjutnya saat masuk ke onsen adalah jaga suaramu tetap kecil. Mengobrol sambil berendam di air panas memang menyenangkan. Akan tetapi, karena onsen merupakan tempat umum, kamu harus menghargai orang lain yang ingin bersantai.

Tips wisata 7: Jangan masukkan handuk ke dalam air
tips wisata
Photo by Denny Müller on Unsplash

Saat masuk ke dalam onsen kamu akan diberikan handuk untuk mengelap tubuh setelah kamu berendam. Karena tidak ada tempat khusus untuk menyimpan handuknya, biasanya orang-orang yang berendam di onsen menaruh handuk mereka di atas kepala. Nah, jangan sampai handuk ini jatuh atau sengaja kamu masukkan ke dalam air ya.

Sampai jumpa di onsen

Wah, lumayan ketat juga ya peraturan yang ada di onsen. Tapi tenang saja, setelah kamu mengikuti tips wisata di atas tadi dijamin kamu bisa berendam di onsen seperti ahlinya. Pastikan bahwa kamu tidak melanggar tips wisata tersebut ya soalnya, orang Jepang cukup ketat masalah peraturan. Selamat mencoba!

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Bobobox Pods Alun-Alun; Hotel Dekat Alun Alun Bandung

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan juga pengatur lampu led. Selain itu, buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul.

Di Bobobox, kamu akan tidur di atas kasur berukuran king size yang empuk dan nyaman. Ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih saat menginap di Bobobox, yaitu earth dan sky.

Di Bobobox juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.