Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Wawancara Kerja Saat Memperkenalkan Diri

Perahtikan tips wawancara kerja berikut untuk meninggalkan kesan pertama yang baik

Memperkenalkan diri saat wawancara kerja terlihat sulit pada awalnya namun tips wawancara kerja ini bisa membantu kamu melewati saat-saat tegang tersebut. Apalagi jika ini wawancara kerja pertama kamu. Berikut adalah tips wawancara kerja untuk memperkenalkan diri yang perlu kamu cermati. Simak terus di sini ya.

Tips wawancara kerja 1: Persiapkan apa yang akan kamu ucapkan sebelumnya

tips wawancara kerja
Photo by Green Chameleon on Unsplash

Berlatih sebelum datang ke wawancara kerja adalah tips wawancara kerja yang perlu kamu  perhatikan. Saat memperkenalkan diri kepada pewawancara, kamu tidak mau terlihat tidak siap.

Jika perlu, tulis kalimat yang akan kamu utarakan di secarik kertas lalu latihlah percakapan tersebut. Persiapan seperti ini membantu kamu untuk menyiapkan mental dan mengantisipasi keadaan yang tidak terduga.

Tips wawancara kerja 2: Kenakan pakaian yang layak

tips wawancara kerja
Photo by Heng Films on Unsplash

Kesan pertama sangatlah penting. Sebelum kamu memperkenalkan dirimu, pewawancara akan melihat terlebih dahulu seperti apa kamu berpakaian. Beberapa perusahaan menetapkan aturan berbusana tertentu. Jika kamu melamar pekerjaan ke perusahaan ini, tips wawancara kerja yang bisa kamu lakukan adalah ikuti aturan mereka.

Di sisi lain, beberapa perusahaan tidak menetapkan aturan berbusana tertentu. Kamu bisa mengenakan pakaian sesukamu saat datang ke wawancara kerja. Akan tetapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya. Berusahalah tetap terlihat profesional namun juga nyaman. Kenakan apa yang cocok denganmu dan jangan berusaha menjadi orang lain.

Tips wawancara kerja 3: Jelaskan tujuanmu

tips wawancara kerja
Photo by Christiann Koepke on Unsplash

Saat datang untuk wawancara, kamu biasanya akan disambut oleh resepsionis atau orang yang bertanggung jawab dengan wawancara tersebut. Perkenalkan dirimu dan utarakan maksudmu dengan jelas.

Sebutkan nama, tujuan, dan pukul berapa kamu membuat janji untuk diwawancara. Bersikaplah sopan dan pantas karena beberapa perusahaan bertanya kepada resepsionis tentang kesan pertama mereka terhadap pelamar.

Tips wawancara kerja 4: Perkenalkan dirimu sejak awal

tips wawancara kerja
Photo by Nik MacMillan on Unsplash

Kamu biasanya akan diminta menunggu untuk beberapa saat sebelum melakukan wawancara kerja. Setelah itu, kamu akan dipanggil masuk ke ruangan dan berhadapan dengan entah manajer HR.

Meskipun manajer sudah tau siapa kamu berdasarkan daftar, cobalah untuk memperkenalkan dirimu sekali lagi sambil berjabat tangan untuk memperjelas bahwa kamu adalah benar-benar orang yang akan diwawancara.

Tips wawancara kerja 5: Ceritakan tentang dirimu

tips wawancara kerja
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Pertanyaan paling dasar saat wawancara kerja adalah “ceritakan tentang diri kamu”. Pertanyaan tersebut terdengar terlalu umum dan sulit untuk menerka apa maksud dari pertanyaan ini. Apakah pewawancara ingin mengetahui tentang masa kecil, makanan kesukaan, atau hubungan romansa kamu? Bukan itu fokus dari pertanyaan ini.

Bagi pewawancara, pertanyaan ini biasanya digunakan sebagai pertanyaan untuk sekadar membuka percakapan. Di sisi lain, pewawancara juga ingin mengetahui apakah kamu merupakan kandidat yang cocok dari dari awal.

Maka dari itu, cobalah untuk mengarahkan percakapan yang menunjukkan kualifikasi kamu sebagai pelamar. Jangan terlalu panjang. Sampaikan informasinya dengan padat, singkat, dan tepat.

Tips wawancara kerja 6: Jaga kontak mata

tips wawancara kerja
Photo by Sebastian Herrmann on Unsplash

Mata berbicara lebih dari mulut. Ungkapan ini mungkin ada benarnya. Kontak mata menunjukkan siapa kamu dan apa yang kamu alami. Saat pewawancara menanyai kamu dengan berbagai pertanyaan, jangan melihat ke arah meja. Tatap matanya. Tips wawancara kerja ini menunjukkan bahwa kamu percaya diri dan adalah pendengar yang baik.

Terlebih, kontak mata adalah cara untuk menumbuhkan rasa percaya. Dengan menjaga kontak mata dengan pewawancara, kamu membangun hubungan dengan orang tersebut. Kamu bisa memberi kesan bahwa kamu antusias dengan percakapan yang berlangsung dan tidak sungkan menyampaikan informasi yang dibutuhkan.

Tips wawancara kerja 7: Gunakan bahasa tubuh

tips wawancara kerja
Photo by Tim Gouw on Unsplash

Di samping kontak mata, tips wawancara kerja berikutnya yang perlu kamu cermati adalah bahasa tubuh. Gerakan tangan, kepala, ekspresi wajah, semuanya memiliki peran penting dalam komunikasi, khususnya wawancara kerja.

Kamu bisa saja mengatakan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat dengan mulut kamu namun tubuh kamu mengatakan tidak.

  • Kamu bisa melakukan hal-hal sederhana seperti berikut:
  • Duduk tegak dan jangan bersandar pada kursi
  • Sesekali majukan badanmu sebagai bentuk bahwa kamu tertarik dengan percakapan tersebut
  • Ekspresikan ucapan kamu dengan gestur tangan
  • Jangan silangkan kaki

Tips wawancara kerja 8: Berbicaralah dengan jelas dan tenang

tips wawancara kerja
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Saat sedang gugup, biasanya kamu cenderung untuk tidak berpikir dengan tenang. Alhasil, kamu jadi berbicara dengan sangat cepat dan tidak jelas. Tips wawancara kerja ini perlu kamu perhatikan karena pewawancara ingin mendengar kamu dengan jelas.

Tarik napas dan tenangkan dirimu. Utarakan kata satu per satu dengan tegas dan percaya diri. Dengan demikian, kamu merepresentasikan diri kamu sebagai orang yang mampu menangani masalah dengan tenang. Pewawancara pun jadi bisa mendengar kamu dengan jelas.

Tips wawancara kerja 9: Tinggalkan wawancara dengan kesan yang baik

tips wawancara kerja
Photo by Chris Liverani on Unsplash

Sama halnya dengan memperkenalkan diri saat pertama diwawancara, kamu pun harus meninggalkan kesan baik saat wawancara selesai. Saat pewawancara berdiri, kamu juga disarankan untuk berdiri dalam waktu yang bersamaan. Jabat tangannya lalu ucapkan terima kasih sambil diiringi dengan senyuman.

Siapkan juga beberapca percakapan kecil setelahnya agar suasana menjadi lebih cair. Selain itu, jika kamu melakukan wawancara lebih dari satu tahap, ulas kembali langkah-langkah tips wawancara kerja berikut lalu terapkan.

Saatnya wawancara

Di atas merupakan sembilan tips wawancara kerja yang bisa kamu lakukan saat memperkenalkan diri. Tips wawancara kerja tersebut bisa kamu terapkan segera setelah kamu dipanggil untuk wawancara.

Meskipun begitu, coba untuk bersikap jangan terlalu kaku dan terpatok pada langkah-langkah di atas. Jadilah diri kamu sendiri dan tunjukan bahwa kamu pantas mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Desain kamarnya futuristik dan teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar kamu bisa melakukannya melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan juga pengatur lampu led. Selain itu, buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul.

Di Bobobox, kamu akan tidur di atas kasur berukuran king size yang empuk dan nyaman. Ada dua jenis kamar yang bisa kamu pilih saat menginap di Bobobox, yaitu earth dan sky.

Di Bobobox juga ada ruang komunal yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.