Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Liburan Tanpa Keluar Uang Banyak? Simak 9 Tips Traveling Hemat Ini!

Tips Traveling hemat

Bobobox.co.id — Banyak orang yang memiliki hobi traveling namun terhalang biaya sekali travelingnya yang begitu mahal. Padahal, kamu bisa mendapatkan traveling hemat dengan mengakali beberapa hal agar sesuai dengan budjet yang kamu patok.

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui hal apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk mendapatkan traveling hemat. Yuk, simak tips-tips traveling hemat dari Bob berikut ini biar travelingmu masih bisa terealisasikan tanpa harus menguras uangmu terlalu dalam!

Rencanakan Jauh-Jauh Hari

Tips traveling hemat pertama adalah rencanakanlah segala sesuatunya jauh jauh hari. Sebelum kamu melakukan traveling, langsung riset kecil terkait tujuan wisatamu. Dengan kemudahan akses informasi sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan detil informasi yang kamu butuhkan terkait tujuan wisata yang kamu incar.

Selain lewat internet, kamu pun bisa bertanya kepada temanmu yang sering melakukan traveling agar persiapanmu jauh lebih matang. Rencana ini akan membuatmu mengetahui hal-hal apa penting yang harus kamu persiapkan dan akan kamu lakukan guna mendapatkan liburan yang menyenangkan.

Kamu bisa merinci mulai dari jadwal check in atau check out hingga kegiatan inti yang ingin sekali kamu lakukan pada travelingmu kali ini. Namun, jangan lupa untuk menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi di saat kamu berlibur.

traveling murah rencanakan
via notionpress.com

Berlibur di Low Season

Nah, salah satu tips traveling hemat selanjutnya adalah dengan berlibur di low season. Yang dimaksud dengan liburan low season adalah berlibur namun bukan pada musim liburan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah.

Mengingat, di musim liburan, para pengusaha biasanya menaikkan harga dagangan ataupun jasanya sehingga ongkos yang kamu keluarkan untuk transportasi, penginapan, dan makan akan membengkak dibanding hari biasa. Dengan berlibur di low season, kamu pun bisa memiliki traveling hemat dan sesuai budjet dengan pengalaman berlibur yang tetap terjaga.

traveling hemat low season
via baligetaway.co.id

Atur Keuangan

Setelah kamu merencanakan dengan matang baik destinasi maupun kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan pada traveling hemat ini, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengatur rincian keuangan dari travelingmu dengan baik.

Agar bisa mengatur keuanganmu dengan lebih rinci, kamu bisa memulainya dengan menentukan budjet minimal dan maksimal untuk tiap-tiap posnya seperti transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari. Hal ini agar kamu mengetahui batasan pengeluaranmu jika sewaktu-waktu ada pengeluaran tidak terduga saat berlibur.

traveling murah atur
via thesun.co.uk

Rajin Cek Promo

Jika kamu menginginkan traveling hemat, salah satu pengeluaran yang bisa kamu tekan adalah tiket pesawat baik pulang maupun pergi. Untuk mendapatkan tiket pesawat yang relatif murah, kamu mempunyai beberapa opsi untuk kamu bisa pilih.

Yang pertama adalah untuk mengecek harga tiket pesawat secara berkala di situs-situs pemesanan online. Terkadang beberapa maskapai penerbangan memberikan promo atau diskon di bulan-bulan tertentu. Sehingga, dengan pengecekan berkala, kamu bisa mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah dibandingkan awal perkiraanmu. Biasanya, jika kamu memesan tiket dari jauh-jauh hari, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga tiket yang berdekatan dengan jadwal travelingmu.

Selain itu, jangan lupa untuk membandingkan harga dari satu situs ke situs lainnya. Dengan begini, kamu mendapatkan gambaran berapa selisih harga tiketnya sehingga kamu tidak akan ragu untuk membeli tiket termurah dari situs yang sudah kamu bandingkan.

Terakhir, kamu pun bisa sering-sering untuk berkunjung ke travel fair yang ada di kotamu. Jika kamu tidak mengetahui jadwal pameran tersebut, cukup mencarinya di internet dan kamu bisa dengan mendapat informasi mengenai travel fair terdekat. Di sana biasanya, terdapat banyak promo menarik yang bisa kamu sesuaikan dengan budjet yang kamu punya.

traveling murah travel fair
via thejakartapost.net

Catat Pengeluaran

Tentu akan sia-sia jika kamu sudah mengatur keuangan untuk liburanmu tapi kamu malah tidak mencatat setiap pengeluaran selama traveling. Oleh karena itu, catatlah setiap pengeluaran yang telah kamu lakukan. Walaupun dirasa merepotkan tapi hal ini memang baik untuk keuanganmu.

Untuk mencatatnya, kamu bisa menggunakan buku kecil ataupun aplikasi pembayaran non-tunai di telepon genggammu yang kini bisa dengan mudah kamu unduh. Ini bertujuan agar kamu bisa mengetahui apakah kamu masih on track atau tidaknya dalam budjet yang kamu sudah rencanakan sebelumnya. Jadi, traveling hemat ada di genggamanmu ya!

travel murah catat
via hermoney.com

Gunakan Angkutan Umum

Saat kamu sudah sampai di destinasi wisata yang kamu inginkan, usahakanlah untuk menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki jika objek wisatanya tidak jauh dari penginapanmu. Maka dari itu, sebisa mungkin juga hindari untuk menggunakan transportasi pribadi semisal taksi pada perjalanan dalam kota.

Banyak manfaat yang kamu bisa dapat saat kamu menggunakan pada traveling hemat ini. Yang paling utama adalah menghemat pengeluaranmu karena harga tiketnya yang relatif murah. Selain itu, kamu lebih leluasa untuk berpindah dari objek satu ke objek lainnya.

Penggunaan angkutan umum ini juga bisa memperkaya pengalaman travelingmu, lho. Asalkan tidak sungkan untuk berinteraksi dengan warga lokal, kamu akan mendapatkan kejutan yang tidak terduga seputar kota yang kamu kunjungi.

traveling hemat angkutan umum
via modlinbus.com

Pilih Penginapan yang Sesuai Bujet

Sebenarnya jika kamu memiliki teman dekat atau saudara di destinasi wisata traveling hemat ini, hal tersebut justru lebih baik karena kamu akan berhemat lebih. Namun jika memang tidak ada, carilah penginapan yang murah namun tetap nyaman dan aman. Sudah banyak situs review penginapan yang bisa kamu jadikan patokan untuk memilih penginapanmu.

Abaikan penginapan yang memberikan fasilitas pendukung yang tidak akan terlalu kamu gunakan seperti televisi atau kolam renang. Hal ini mengingat kamu sudah tahu apa saja yang akan kamu lakukan di traveling hemat kali ini. Jadi, kamu hanya memerlukan tempat tidur yang nyaman dan juga daya untuk mengisi ulang barang elektronikmu.

traveling murah hotel

Traveling Hemat dengan Memilih Makanan

Menikmati makanan enak tidak selalu kamu bisa rasakan di restoran mahal tapi kamu bisa menemukannya di pedagang kaki lima di pinggiran jalan. Harganya yang relatif murah dan membuatmu kenyang tentu selaras dengan traveling hemat yang kamu usung. Jika kamu ragu, kamu bisa mencari review tempat makan yang kamu inginkan dengan mudah.

Selain dengan memilih warung sederhana dibanding restoran mahal, waktu makan pun penting untuk menjaga pengeluaranmu. Salah satunya adalah dengan memundurkan jam sarapanmu lebih siang. Kamu pun bisa lebih berhemat karena sarapanmu yang mendekati jam makan siang.

Bagi kamu yang tidak sempat membawa uang tunai yang cukup banyak, dengan teknologi yang semakin maju, asalkan kamu sudah mempersiapkan uang non-tunaimu, kamu bisa melakukan transaksi cashless untuk makanan yang sudah kamu beli.

traveling murah masak
via resepkoki.id

Bawalah Minuman Sendiri

Tips traveling hemat terakhir adalah menyoal air minum yang kamu konsumsi. Perjalanan yang cukup jauh tentu membutuhkan air minum yang tidak sedikit, bukan? Namun, terus menerus membeli air minum kemasan justru akan membebani kantongmu. Agar traveling hemat tetap terlaksana, kamu bisa membawa botol minuman sendiri dari rumah.

Walaupun terkadang terasa merepotkan, tapi percaya deh kalau membawa minuman sendiri memberikan banyak keuntungan bagimu. Di kota-kota maju, kamu bisa dengan mudah mengisi ulang air minum selama perjalanan. Kamu pun bisa mengisi air minum di tempat menginapmu jika sudah termasuk fasilitas yang disediakan. Selain itu, kamu pun berkontribusi kepada pada gerakan green traveling.

traveling murah minuman
via kompas.com

Bagaimana tips-tips traveling hemat yang Bob jelaskan? Semoga tips-tips di atas bisa membantu travelingmu tetap menyenangkan tanpa harus berat di ongkos. Berbicara soal traveling, tentu salah satu yang kamu persiapkan adalah di mana tempat menginap yang sesuai bujet tapi tetap memberikan kualitas tidur yang mumpuni. Kamu tentu tidak mau travelingmu terganggu karena kamu tidak beristirahat dengan nyaman.

Nah, Bobobox menjadi jawaban yang tepat bagimu. Hotel berkonsep futuristik ini menawarkan pengalaman menginap yang nyaman tanpa membuat dompetmu kering. Fasilitas penunjangnya tidak kalah ciamik. Soal keamanan, Bobobox menggunakan QR Code pada tiap podnya yang hanya bisa kamu akses. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal barangmu hilang lagi.

Untuk mengetahui informasi lebih khususnya soal pemesanan podnya, kamu bisa unduh aplikasi Bobobox di sini bagi pengguna Android maupun iOS. Tunggu apalagi, unduh dan temukan kejutan promo menarik lainnya hanya di aplikasi Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.