Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips-Tips untuk Berhasil Lolos Tes CPNS

Lolos tes CPNS tidaklah sulit jika kamu mengikuti tips berikut ini.

Tes CPNS merupakan sebuah penentu lolos atau tidaknya seseorang untuk bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil. Terdapat beragam macam tes CPNS yang harus kamu lalui agar dapat memenuhi standar kompetensi seorang pegawai negeri. Banyak orang yang mendambakan menjadi seorang pegawai negeri dan mempersiapkan tes CPNS mati-matian. Jumlah calon pegawai negeri yang diterima memang tidaklah sebanding dengan banyaknya jumlah pendaftar tes CPNS.

Oleh karena itu wajar jika banyak orang memperebutkan kesempatan ini dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi tes CPNS. Tak hanya mempersiapkan diri agar dapat menjawab tes CPNS dengan baik namun juga bagaimana kamu bisa menyiapkan mental dengan baik sebelum tes CPNS. Lalu seperti apa sajakah tips agar dapat lolos tes CPNS dengan hasil yang memuaskan? Bob sudah merangkum beberapa tips agar kamu dapat berhasil lolos tes CPNS seperti berikut ini!

@Irfan Al-Faritsi

Tahapan Tes CPNS

Seperti yang sudah Bob sampaikan sebelumnya, terdapat beberapa tahapan tes CPNS yang harus harus kamu lalui. Uniknya, setiap instansi memiliki model tes CPNS yang berbeda tergantung kebutuhan masing-masing instansi. Hal ini dilakukan agar dapat memenuhi kriteria khusus yang dimiliki setiap instansi. Secara umum terdapat dua macam seleksi yang harus kamu lalui diantaranya adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Seleksi Kompetensi Bidang merupakan tes CPNS yang menjadi tanggung jawab masing-masing instansi penyelenggara. Model dan materi tesnya bisa jadi berbeda tiap instansinya karena menyesuaikan formasi kebutuhan CPNS. Saat ini, Tes Kompetensi Dasar dilaksanakan menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test. Dengan menggunakan metode tes CPNS berbasis komputer ini diharapkan tiap peserta tes CPNS dapat memaksimalkan waktu tes dengan baik karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Sistem Computer Assisted Test ini memiliki tiga jenis soal dengan bobot nilai yang berbeda-beda tiap jenisnya. Menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 20/2017 terdapat tiga macam kelompok materi soal Tes Kompetensi Dasar. Ketiga materi tersebut terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan yang terakhir adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Karakteristik Pribadi pada umumnya meliputi soal tentang nilai-nilai kebangsaan Republik Indonesia. Kamu akan menemukan beberapa soal yang membahas tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar, empat pilar kebangsaan, hingga sejarah Bangsa Indonesia. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memperbanyak membaca Undang-Undang Dasar 1945 dan juga mempelajari buku sejarah Indonesia.

Sedangkan untuk tes CPNS berupa Tes Intelegensia Umum adalah beberapa soal untuk menilai kemampuan verbal, lisan, dan numerik para peserta tes CPNS. Tes CPNS yang terakhir adalah Karakteristik Pribadi (TKP) yang memiliki muatan mengenai materi-materi yang menguji integritas diri, semangat kerja, kreativitas, kerjasama, profesionalitas, dan nilai-nilai lainnya. Berhati-hatilah karena soal Karakteristik Pribadi ini cukup mengecoh karena sekilas semua jawaban terlihat benar.

1. Siapkan Berkas dari Jauh hari

Langkah yang pertama yang harus kamu lakukan sebelum akhirnya dapat mengikuti rangkaian tes adalah melakukan pendaftaran. Sebelum mendaftar, pastikan untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar. Berkas-berkas yang harus kamu persiapkan diantaranya adalah KTP, foto diri, ijazah, dan transkrip nilai. Persiapkan berkas serta dokumen tersebut dengan teliti dari jauh hari dan pastikan berkas yang kamu butuhkan sudah lengkap.

2. Tentukan Formasi yang akan Dipilih

Saat kamu mendaftar kamu perlu mengisi data formasi apa yang kamu pilih. Penting bagi kamu untuk mengetahui formasi yang menjadi pilihan kamu dengan mempertimbangkan minat, potensi, juga peluang yang ada. Oleh karena itu pastikan untuk mempertimbangkan hal ini dengan matang apakah kamu ingin bersaing di tingkat kementrian, tingkat provinsi, atau tingkat kabupaten dan kota. Perlu kamu ingat bahwa jika kamu mendaftar untuk tingkat kementerian maka saingan kamu pun akan cenderung lebih tangguh dibandingkan dengan tingkat yang lebih rendah.

3. Percaya Diri bisa Melewati Tes CPNS dengan Baik

Sudah mempersiapkan semua hal dengan baik seperti memastikan kelengkapan berkas, menentukan pilihan formasi, hingga menguasai ketiga bidang tes? Jika kamu merasa demikian maka yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah menumbuhkan rasa percaya pada kemampuan diri sendiri. Percayalah bahwa kamu telah memberikan yang terbaik dalam mengerjakan soal dengan lancar. Rasa optimistis yang tumbuh pada diri kamu dapat memberi sugesti positif ke alam bawah sadar sehingga kamu akan merasa lebih siap secara mental.

4. Atur Waktu Kamu dengan Baik

Mengisi tesbukan sekedar hanya harus menjawab soal dengan tepat namun juga harus dengan cepat. Hal ini dikarenakan terdapat waktu pengerjaan soal saat kamu menjawab tes. Oleh karena itu perlu untuk kamu ingat bahwa selain mempelajari dan memahami soal tes, kamu juga harus berlatih untuk mengatur waktu tes dengan baik. Usahakan agar kamu mengutamakan menjawab pertanyaan yang menurut kamu mudah terlebih dahulu.

Jangan sampai kamu terlalu sibuk memecahkan satu soal hingga akhirnya lupa bahwa masih banyak soal lain yang harus selesaikan. Waktu akan terbuang percuma jika kamu hanya berkutat pada beberapa soal yang kamu belum ketahui jawaban pastinya. Pastikan untuk menjawab pertanyaan dari yang paling mudah dan menyelesaikan pertanyaan yang sulit di akhir sebelum waktu habis ya!

5. Survey Lokasi

sygic map peta offline

Jika kamu telah memastikan bahwa setiap berkas yang kamu lampirkan sesuai dengan persyratan dan memenuhi kualifikasi kamu dinilai lolos tes administrasi. Setelah itu kamu akan mendapatkan undangan tes CPNS lengkap dengan alamat tes, tanggal, dan jam tes.

Ada baiknya sebelum melakukan tes untuk melakukan proses survey lokasi terlebih dahulu. Dengan memastikan lokasi tesini kamu dapat menentukan rute yang akan kamu lalui dan membuat estimasi waktu perjalanan dari tempat tinggal ke lokasi tes. Survey lokasi ini berguna untuk menghindari risiko kamu datang terlambat di hari tes.

6. Berdoa

Setelah beragam persiapan kamu lakukan inilah waktu yang tepat untuk kamu menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Kamu telah melakukan semua yang terbaik dimulai dari mempersiapkan berkas, memilih formasi, berlatih materi tes, hingga akhirnya mengerjakan tes. Tak sedikit orang yang gugur sejak tahapan seleksi administratif. Tidak terkecuali juga mereka yang tak sempat mendafar CPNS karena terbatasnya waktu atau kekurangan kelengkapan persyaratan berkas pendaftaran.

Jika kamu sudah selesai hingga tahap dapat mengerjakan tes itu berarti kamu memiliki potensi yang baik! Jangan berkecil hati dan optimislah. Berpikir positif akan membantu kamu dapat berpikir jernih dan bersemangat. Semoga tips dari Bob ini bisa membantu kamu ya! Punya jadwal tes di luar kota dan tak tahu harus menginap di mana? Kabar baiknya Bobobox kini hadir di banyak kota di Indonesia. Kamu cukup perlu mengunduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul kamu!

You might also like