Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Saat Musim Hujan dan Banjir

Jangan sampai badan jadi loyo!

Tahun 2020 diawali dengan hujan deras di beberapa kota. Di saat seperti ini, kamu harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memberi tubuh asupan minuman sehat.

Nah, kali ini Bob akan kasih tahu kamu bahan apa aja sih yang bisa menjaga daya tahan tubuh kamu beserta resepnya yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Simak terus di sini ya!

Bahan untuk menjaga daya tahan tubuh

Jahe
daya tahan
Photo by Don Shin on Unsplash

Jahe dikenal juga sebagai rajanya rempah rimpang. Jelas saja soalnya jahe memiliki segudang manfaat bagi daya tahan tubuh kamu. Salah satu komponennya adalah gingerol.

Saat dimasak atau dihangatkan, kandungan gingerol yang ada dalam jahe akan memproduksi zat baru bernama zingiber. Zat inilah yang memberikan rasa pedas dan hangat pada jahe.

Selain itu, jahe juga memiliki kandungan antioksidan dan anti radang sehingga sangat cocok untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jahe sendiri pada dasarnya memiliki dua jenis, ada jahe putih dan jahe merah. Keduanya memiliki kandungan yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Sereh

https://elements.envato.com/lemon-grass-P6794N4

Menurut penelitian, peradangan dalam tubuh adalah salah satu penyebab berbagai macam penyakit. Maka dari itu, asupan yang mengandung anti radang akan sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Sereh adalah satu tumbuhan yang memiliki kandungan anti radang cukup tinggi. Kandungan antioksidan yang ada pada sereh yaitu asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin.

Selain itu, sereh pun memiliki manfaat lain seperti memberi efek tenang karena aromanya, berpotensi menurunkan kadar kolestertol, dan mencegah infeksi dalam tubuh.

Kunyit
daya tahan
Photo by FOODISM360 on Unsplash

Rempah yang satu ini merupakan salah satu yang paling banyak diteliti oleh para ilmuan. Orang Indonesia biasa mengonsumsi kunyit sebagai jamu atau, untuk wanita, pereda sakit saat menstruasi.

Akan tetapi, kunyit memiliki manfaat yang lebih dari itu. Kandungan curcumin yang ada pada kunyit adalah zat aktif yang mempunyai efek anti radang dan antioksidan yang sangat tinggi. Bagus untuk daya tahan tubuh.

Selain itu, kunyit juga memilki kandungan yang bisa mengaktifkan gen awet muda dalam tubuh manusia. Hal ini bisa dilihat dari sebuah provinsi di Jepang bernama Okinawa.

Okinawa adalah salah satu daerah yang termasuk dalam Blue Zone, daerah-daerah di dunia yang memiliki harapan hidup yang tinggi. Ternyata, penyebabnya adalah konsumsi kunyit mereka yang tinggi.

Madu
daya tahan
Photo by Arwin Neil Baichoo on Unsplash

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Para ilmuwan berpendapat bahwa asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoids-lah yang memberikan kandungan antioksidan yang kuat pada madu.

Antioksidan sering dikaitkan dengan manfaatnya untuk mengurangi resiko penyakit jantung, strok, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, karena rasanya yang manis madu sangat cocok sebagai pengganti gula putih untuk minuman yang kamu buat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Bawang putih
daya tahan
Photo by Mike Kenneally on Unsplash

Ternyata, bawang putih tidak hanya bisa digunakan untuk masak lho. Sejak zaman dahulu, orang-orang menggunakan bawang putih sebagai bahan untuk pengobatan.

Para ilmuwan menemukan bahwa kandungan utama yang baik bagi daya tahan tubuh adalah sulfurnya.  Kandungan sulfur ini muncul saat bawang putih dicacah, digeprek, atau dikunyah. Selain itu, kandungan lainnya yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh adalah diallyl disulfide dan s-allyl cysteine.

Kandungan-kandungan dalam bawang putih tersebut dipercaya bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan flu, penyakit yang sering ditemukan saat musim hujan.

Manfaat lain dari bawang putih yaitu bisa menurunkan tensi darah, resiko penyakit jantung, memperbaiki kadar kolesterol, dan mendetoks kandungan metal dalam tubuh.

Bunga lawang
daya tahan
Photo by Sadz on Unsplash

Bunga lawang adalah rempah yang berbentuk seperti bunga. Tekstur dan warnanya bisa dibilang mirip dengan cengkeh. Bunga lawang adalah rempah yang jarang orang ketahui memiliki kandungan yang baik bagi daya tahan tubuh.

Rempah ini memiliki kandunang senyawa bioaktif yang tinggi seperti linalool, quercetin, anethole, shikimic acid, gallic acid, dan limonene. Kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan anti radang.

Jeruk nipis
daya tahan
Photo by Shaun Meintjes on Unsplash

Di saat musim hujan, air perasan jeruk nipis menjadi minuman yang pas untuk menjaga daya tahan tubuh. Jeruk nipis kaya akan antioksidannya yang mampu menangkal radikal bebas dan zat kimia lain yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu jeruk nipis juga memiliki kandungan seperti potasium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, dan magnesium. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Resep minuman untuk menjaga daya tahan tubuh

Turmeric latte

Bahan:

  • ½ gelas air
  • 1 gelas susu (bisa susu almon, kedelai, atau susu sapi)
  • 1 ruas jari kunyit
  • Sejumput lada hitam
  • 1 batang kayu manis/1 sendok kayu manis bubuk
  • Madu sesuai selera

Cara membuat:

  • Parut, iris tipis, atau geprek kunyit
  • Masukkan kunyit ke dalam panic berisi ½ gelas air
  • Masukkan lada hitam dan kayu manis
  • Masak hingga berbuih (jangan sampai mendidih)
  • Tuangkan air rebusan kunyit ke dalam gelas berisi susu sambil disaring
  • Tambahkan madu sesuai selera selagi hangat
Ginger tea with honey

Bahan:

  • 1 ruas jahe (putih/merah)
  • 1 jari sereh besar
  • 1 gelas air
  • Gula merah/madu sesuai selera

Cara membuat:

  • Parut, iris tipis, atau geprek jahe
  • Geprek sereh
  • Masukkan jahe dan sereh ke dalam panci berisi 1 gelas air
  • Masak dalam api kecil hingga sedikit bergelembung (jangan sampai mendidih)
  • Jika ingin menggunakan gula merah, iris gula merah dan masak bersama jahe dan sereh hingga larut
  • Jika ingin menggunakan madu, tambahkan sesuai selera saat sudah hangat
Lemongrass tea with honey and lime

Bahan:

  • 1 ruas jari sereh besar
  • 1 jeruk nipis kecil
  • 3 butir bunga lawang
  • 1 gelas air
  • Madu sesuai selera

Cara membuat:

  • Geprek sereh
  • Masukkan ke dalam panci berisi 1 gelas air beserta 3 butir bunga lawang
  • Rebus dengan api kecil hingga terlihat gelembung (jangan sampai mendidih)
  • Tuang ke dalam gelas yang sudah diisi dengan perasan jeruk nipis
  • Tambahkan madu sesuai selera
Ginger and garlic infused water

Bahan:

  • 1 jempol jahe
  • 1 buah bawang putih
  • 1 gelas air panas

Cara membuat:

  • Geprek jahe dan bawang putih
  • Seduh jahe dan bawang putih dengan air panas
  • Tunggu beberapa saat hingga kandungannya menyerap

Gimana sama resep minuman untuk menjaga daya tahan tubuh yang Bob kasih? Jangan lupa dicoba di rumah ya. Gampang banget kok cara buatnya. Nanti jangan lupa kirim Bob ya!

Meningkatkan daya tahan tubuh di hotel kapsul

bobobox

Selain mengonsumsi minuman sehat, kamu juga perlu istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh. Nggak hanya di rumah, istirahat juga bisa di hotel kok.

Di Bobobox, kamu pasti bisa beristirahat dengan tenang deh dari sibuknya keseharian kamu. Apalagi dengan kasur king size-nya yang empuk juga lampu led yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati kamu. Tidur bakal nyenyak!

Untuk memesan kamar, kamu  bisa melakukannya lewat situs atau aplikasi Bobobox. Mudah kan? Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan tingkatkan daya tahan tubuh kamu!

You might also like