Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

12 Tips Time Management Terbaik Agar Harimu Lebih Produktif!

Tips time management terbaik berikut akan membuat kamu mudah fokus.

Tips time management terbaik berikut ini akan memberikan kamu beberapa cara yang bisa kamu pilih agar kam dapat memanfaatkan waktu secara optimal. Optimalisasi waktu yang baik tentunya akan berdampak pada produktivitas sekaligus mood yang akan terbentuk selama seharian penuh. Setiap orang memiliki waktu 24 jam untuk dikelola sedemikian rupa dalam menjalani aktivitas harian. Sebagian orang merasa waktu 24 jam terasa lama dan sebagian lainnya merasa tidak cukup.

Kamu mungkin merasa waktu 24 jam bergulir dengan sangat cepat. Di waktu yang bersamaan kamu juga merasa banyak pekerjaan yang tidak selesai di waktu tersebut maka tips time management terbaik ini cocok untuk kamu. Tak sedikit orang yang justru banyak memiliki waktu luang namun tetap saja banyak pekerjaan yang terbengkalai dan tak selesai pada waktunya. Oleh karena itu produkivitas bukan hanya mengenai seberapa banyak waktu yang kamu miliki.

Produktivitas juga berkaitan dengan seberapa pandai kamu membagi waktu dan melakukan time management dengan baik. Pada kesempatan kali ini Bob akan membahas beberapa tips time management terbaik agar kamu dapat mengatur waktumu dengan lebih baik!

tips time management terbaik

1. Tips Time Management Terbaik: Menjadwalkan Kegiatanmu

Tips time management terbaik yang pertama adalah dengan melakukan penjadwalan dengan tepat. Saat kamu dapat menyusun jadwal harian kamu secara rapi maka hal ini akan membuat kamu terhindar dari risiko menunda-nunda pekerjaan. Kemungkinan melupakan salah satu atau beberapa kegiatan yang seharusnya kamu lakukan sangat umum terjadi. Oleh karena itu daftar jadwal kegiatan harian akan membantu kamu lebih terorganisir.

2. Tips Time Management Terbaik: Gunakan To-Do List

Tak cukup sampai menyusun daftar jadwal harian, kamu juga bisa membuat daftar to-do-list untu mengetahui maa saja pekerjaan yang sudah terselesaikan dan mana yang belum terselesaikan. Dengan begitu maka kamu dapat mengontrol kegiatan- kegiatan kamu dan semakin termotivasi untuk menyelesaikan dan mencoret kegiatan yang sudah terselesaikan.

3. Tips Time Management Terbaik: Menetapkan Tujuan

Tips time management terbaik selanjutnya adalah menetapkan tujuan atas setiap pekerjaan yang kamu lakukan setiap harinya. Dengan memiliki tujuan yang jelas, realistis, dan diberi batas waktu kamu akan semakin paham mengapa kamu harus melakukan pekerjaan tersebut sehingga kamu akan semakin termotivasi melakukannya.

4. Tips Time Management Terbaik: Tentukan Prioritas

Setelah selesai membuat daftar jadwal harian, penting juga bagi kamu untuk mengurutkan setiap daftar pekerjaan harian kamu sesuai tingkat prioritasnya. Dengan begitu kamu akan tahu mana pekerjaan yang harus terlebih dahulu dikerjakan dalam to-do-list harian kamu. Jangan sampai pekerjaan yang sebenarnya bisa diselesaikan di lain waktu terlebih dahulu selesai dibandingkan pekerjaan yang seharunya selesai dalam waku yang cepat.

5. Tips Time Management Terbaik: Tetapkan Lama Pengerjaan Suatu Tugas

Penting juga bagi kamu untuk menentukan batas waktu atas setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Batas waktu pekerjaan tersebut dibuat bukan untuk membuat kamu merasa tertekan dengan waktu tapi agar membuat kamu dapat mengelola pekerjaan sesuai dengan prioritas waktu. Dengan begitu kamu tidak akan mudah menunda pekerjaan kamu terlalu lama.

6. Tips Time Management Terbaik: Belajar untuk Katakan Tidak

Jangan sampai merasa tidak enak untuk mengatakan “tidak” kepada orang lain saat kamu merasa kamu tidak lagi mampu untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Saat kamu tidak mengetahui batas kemampuan kamu sendiri maka hal ini akan menghambat produktivitas harian kamu dan justru akan mengacaukan setiap daftar pekerjaan yang telah kamu buat. Hal ini kemudian akan membuat banyak pekerjaan kamu terbengkalau dan membuat kamu kelelahan juga stres.

7. Tips Time Management Terbaik: Hindari Sifat Perfeksionis

Tips time management terbaik berikutnya adalah dengan menghindari sifat perfeksionis. SIifat perfeksionis yan kamu miliki tersebut faktanya akan membuat pekerjaan kamu semakin lama dapat terselesaikan karena kamu menuntut kesempurnaan atas setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Saat kamu terus menerus mengejar kesempurnaan hal ini akan membuat kamu mudah merasa frustrasi, kelelahan, dan merasa tidak dihargai.

8. Tips Time Management Terbaik: Menghadiahi Diri Sendiri

Manajemen waktu yang baik adalah adanya keseimbangan antara melakukan berbagai macam pekerjaan sekaligus melakukan berbagai hal menyenangkan bagi diri kamu sendiri. Jangan sampai kam mengelola waktu kamu dengan pekerjaan saja hingga lupa melakukan apresiasi terhadap diri kamu sendiri. Sesekali kamu bisa melakukan serangkaian kegiatan seperti me time atau liburan agar kamu semakin termotivasi dan produktif bekerja.

9. Tips Time Management Terbaik: Lakukan Gaya Hidup Sehat

Tak kalah penting dengan tips time management terbaik sebelumnya, faktanya gaya hidup yang sehat pun memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap prouktivitas harian kamu. Dengan melakukan gaya hidup sehat maka tubuh kamu akan terasa lebih berenergi dan pikiran kamu akan terasa lebih jernih. Semua beban yang kamu rasakan akan terasa ringan dan kamu akan merasa lebih siap menjalani aktivitas!

10. Tips Time Management Terbaik: Hindari Gangguan-Gangguan

Seringkali hal-hal yang membuat pekerjaan terbengkalai dan tertunda karena adanya gangguan-gangguan yang menganggu pekerjaan. Gangguan ini bisa saja datan dari teman kamu yang mengajak kamu untuk nongkrong, gangguan karena malas dan berakhir dengan rebahan di tempat tidur, gangguan bermain video game, dan masih banyak lagi.

Sosial media pun seringkali menjadi gangguan yang membuat banyak orang kecanduan untuk selalu mencek beranda setiap waktu. Jika sudah seerti ini maka ada baiknya kamu mulai mencoba hindari gangguan-gangguan tersebut. Hindari diri kamu dari beberapa barang-barang yang memungkinkan fokus kamu terganggu.

11. Tips Time Management Terbaik: Manfaatkan Waktu Kosongmu

Tips time management terbaik yang terakhir adalah dengan memanfatkan setiap waktu kosong yang kamu miliki menjadi sebuah kegiatan produktif. Saat kamu memiliki waktu luang menunggu seseorang atau jemputan kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan beberapa pekerjaan atau melakukan hal-hal bersifat hiburan.

12. Tips Time Management Terbaik: Hindari Stres

Pastikan sebelum melakukan tips-tips di atas kamu sedang berada dalam kondisi yang stabil dan tidak merasa tertekan atau stres. Jadwal yang rapi dan terorganisir tidak akan terlalu memberi pengaruh terhadap produktivitas harian kamu jika kamu sedang merasa tertekan atau stres. Oleh karena itu saat semuanya terasa melelhkan dan saat kamu sudah tidak lagi mampu menopang beban yang kamu pikul sebaiknya kamu beristirahat.

Untuk menyembuhkan stres, traveling memang menjadi salah satu solusinya. Tidak perlu jauh-jauh untuk traveling karena dengan staycation pun kamu bisa mendapatkan esensi traveling yang sama. Nah, salah satu tempat staycation yang bisa kamu pilih adalah Bobobox.

Hotel dengan bermaskot koala ini menyediakan fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakanmu saat menginap di sini. Dengan demikian, kualitas beristirahatmu nantinya akan tetap terjaga. Untuk memesan pod di Bobobox, cukup unduh aplikasi Bobobox di sini. Setelah itu, kamu bisa dengan mudah untuk memesan pod yang kamu inginkan.

Bobobox Pods Malioboro

You might also like