Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak 7 Tips Tidur Siang Agar Kamu Bisa Dapatkan Manfaat Optimalnya

Aplikasikan sebelum tidur siang, ya!

Bobobox.co.id — Tidur siang merupakan salah satu cara yang dipilih untuk hilangkan kantuk. Namun, tak semua orang mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal karena tak melakukan tips tidur siang dengan baik.

Kebanyakan orang kerap melakukan kesalahan saat tidur siang. Alhasil, bukannya mendapatkan manfaat tidur siang, orang-orang tersebut justru merasakan pusing atau tidak enak badan sesaat setelah bangun.

Oleh karenanya, kamu wajib mengetahui tips tidur siang yang baik. Hal tersebut demi mendapatkan manfaat dari tidur siang seperti mendapatkan energi lebih untuk jalani hari yang jauh lebih optimal.

Nah, berikut merupakan tujuh tips tidur siang yang wajib kamu perhatikan. Tak hanya dapatkan manfaat optimal dari tidur siang tetapi juga guna dapatkan tidur yang berkualitas.

Tips Tidur Siang Agar Dapat Manfaat Optimal

1. Pahami Tujuan Tidur Siang

Tips tidur siang agar efektif dan optimal adalah memahami tujuan tidur siang yang kamu lakukan. Untuk tips satu ini, ketahuilah alasan tepatnya mengapa kamu memutuskan untuk tidur siang.

Sebagian besar orang memilih tidur siang karena merasa lelah. Orang yang memilih tidur siang ini ingin mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih fresh agar mampu menyelesaikan tugas pekerjaan.

Namun, ada juga orang yang sengaja tidur karena ingin menerapkan metode tidur bifasik. Metode tersebut adalah membagi tidur menjadi dua bagian yakni pada malam hari dan juga siang hari.

Oleh karena itu, pahami dulu tujuan tidur siang yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu nantinya bisa mencoba beberapa tips tidur siang lainnya untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang optimal.

Pahami tujuan tidur siang Pahami tujuan tidur siang
Pahami tujuan tidur siang via pexels.com/@olly

2. Jangan Lebih Dari 30 Menit

Tips tidur siang untuk dapatkan manfaat optimal berikutnya adalah memperhatikan durasi tidur siang. Sebisa mungkin, durasi tidur siang kamu lakukan berada di kisaran 20 menit dan tak lebih dari 30 menit.

Waktu yang tak terlalu lama tersebut guna mencegah tubuh dalam mencapai tahapan tidur yang lebih dalam. Di samping itu, durasi tak lebih dari 30 menit bisa mencegah terbangun dengan sakit kepala.

Selain kedua durasi tersebut, kamu pun bisa memilih durasi 10 hingga 20 menit. Tidur siang tak lebih dari 20 menit kerap disebut sebagai power naps karena memberi manfaat pemulihan tanpa kantuk.

Untuk memastikan kamu tak terlalu lama tidur siang, tips tidur siang lainnya adalah menyiapkan alarm. Biasakan untuk menyetel alarm ini agar tubuhmu terbiasa untuk tidur siang tak lebih dari 30 menit.

Jangan lebih dari 30 menit Jangan lebih dari 30 menit
Jangan lebih dari 30 menit via pexels.com/@jeshoots-com-147458

Baca Juga: 10 Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Mendapatkan Tidur Nyenyak


3. Pilih Tempat yang Tenang

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari tidur siang, memilih tempat yang tenang adalah tips tidur siang lainnya. Bahkan, tak hanya tempat, suasana pun wajib mendukung kualitas tidur siang yang dibutuhkan.

Mencari tempat untuk tidur siang sama seperti halnya tidur di malam hari. Kamu membutuhkan tempat yang tenang dan juga gelap yang ditunjang dengan area sekitar tempat untuk tidur siang yang nyaman.

Jika suasana di lingkungan terdekat dirasa bising, kamu bisa memasang penyumbat telinga. Kamu pun bisa menyalakan mesin derau putih untuk membantu menenangkan tidurmu jika kamu punya.

Setelah bangun, usahakan untuk tidak bergegas melakukan aktivitas. Terburu-buru bangun justru bisa membuatmu sakit kepala dan tidak enak badan. Untuk itu, beri jeda beberapa menit hingga kamu merasa segar.

Pilih tempat yang tenang tips tidur siang
Pilih tempat yang tenang via pexels.com/@olly

4. Hindari Waktu Terlalu Sore

Guna mendapatkan efektivitas dan manfaat optimal dari tidur siang, tips tidur siang yang wajib diperhatikan adalah soal waktu. Ada waktu tertentu diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk tidur siang.

Nah, waktu terbaik untuk tidur siang sendiri adalah tengah hari. Jam satu hingga 3 siang adalah waktu yang tepat. Pada saat tersebut, tingkat energi dalam tubuh sedikit menurun akibat kemunculan melatonin.

Selain itu, waktu tersebut dianggap ideal karena kemungkinan mengantuk setelah makan siang. Tak hanya itu, tidur pada rentang waktu tersebut cenderung tak akan menggangu tidurmu pada malam hari.

Namun, jangan sesekali untuk tidur lebih dari jam tiga sore. Pasalnya, jika kamu tidur terlalu sore misalkan lebih dari jam tiga, jadwal tidur di malam hari rentan ikut molor sehingga kamu akan susah tidur.

Hindari waktu terlalu sore tips tidur siang
Hindari waktu terlalu sore via unsplash.com/@jlcruz_photography

Baca Juga: Sulit Mendapatkan Tidur Nyenyak? Coba Minum 10 Minuman Berikut Ini!


5. Rencanakan Tidur Siangmu

Tips tidur siang lainnya yang tak kalah penting adalah merencanakan tidur siang. Pasalnya, rasa tak nyaman bisa saja menganggumu jika kamu terus-terusan menunggu datangnya rasa kantuk.

Merencanakan waktu tidur siang ini bukannya tanpa alasan. Dengan merencanakannya terlebih dahulu, kamu bisa mengira-ngira apa saja yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu sebelum tidur siang.

Selain itu, waktu tidur siang yang teratur dan direncanakan terlebih dahulu dapat membuat tubuh terbiasa. Saat tubuh terbiasa, kamu bakal relatif mudah untuk tidur siang di hari lainnya karena sudah terbiasa.

Perencanaan tersebut pun mampu mendatangkan manfaat lainnya. Manfaat dari tips tidur siang ini adalah terbantu untuk tertidur lebih cepat dan bahkan kamu nantinya bisa terbangun dengan lebih mudah.

Rencanakan tidur siangmu tips tidur siang
Rencanakan tidur siangmu via pexels.com/@startup-stock-photos

6. Perhatikan Konsumsi Kafein

Tips tidur siang untuk dapatkan manfaat optimal adalah memerhatikan konsumsi kafein. Pasalnya, kafein dikenal sebagai salah satu kandungan yang dapat mempermudah seseorang untuk tetap terjaga.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu cek kembali konsumsi kafein pada hari saat kamu akan tidur siang. Khawatirnya, jadwal waktu tidur siangmu akan terganggu jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Walaupun begitu, hal tersebut mungkin tak berlaku bagi beberapa orang. Beberapa orang lainnya justru mampu membuat tidur mereka jauh lebih cepat dan lebih berkualitas setelah mengonsumsi kafein.

Untuk itu, alangkah baiknya jika ketahuilah apakah kamu termasuk orang tersebut atau bukan. Jika bukan, atur kembali konsumsi kafein dari kopi kekinian yang kerap jadi teman untuk menyelesaikan pekerjaan.

Perhatikan konsumsi kafein tips tidur siang
Perhatikan konsumsi kafein via pexels.com/@kaboompics

Baca Juga: Tips Kesehatan; 7 Keuntungan Tidur Tanpa Bantal Yang Ternyata Menyehatkan


7. Terapkan sebagai Rutinitas

Tips tidur siang untuk dapatkan manfaat optimal adalah menerapkannya sebagai rutinitas. Hal tersebut berarti tak hanya direncanakan saja tetapi juga menerapkannya sebagai sebuah kebiasaan.

Dengan menjadikannya sebagai rutinitas, beragam manfaat tidur siang didapat dengan optimal. Misalkan saja, kamu bisa tidur lebih cepat di malam hari dengan menerapkan tidur siang teratur.

Selain itu, manfaat tidur siang lainnya pun bisa didapat. Beberapa di antaranya antara lain meningkatnya suasana hati, otak berfungsi lebih optimal, dan memberi energi tambahan guna menjalani hari.

Manfaat-manfaat yang bisa kamu dapat tersebut bakal semakin optimal jika kamu melakukannya secara teratur. Untuk itu, sebisa mungkin dari sekarang untuk atur jadwal tidur siang dan jangan ditunda lagi.

Terapkan sebagai rutinitas tips tidur siang
Terapkan sebagai rutinitas via unsplash.com/@entersge

Tidur Nyenyak di Hotel Kapsul? Tentu saja Bisa!

Banyak hal mitos yang biasanya menghantuimu saat ingin menginap di hotel kapsul. Salah satunya adalah kamu tidak bisa tidur nyenyak selama di menginap di hotel kapsul.

Padahal, hal tersebut nyatanya tidak akan terjadi saat kamu menginap di Bobobox. Hotel kapsul yang Bob rekomendasikan ini menjamin kenyamanan yang akan kamu dapat saat menginap di Bobobox.

Dengan begitu, kamu pun bisa tidur nyenyak selama menginap. Informasi lebih lanjut soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox dengan mengklik link ini.

bobobox kebayoran baru

 

You might also like