Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mulai Berbisnis di Rumah? Ini Dia Tips Ternak Lele Bagi Pemula!

Tips ternak lele berikut menjadi jawaban peluang bisnis yang menguntungkan!

Tips ternak lele berikut ini bisa jadi pedoman bagi kamu yang sedang terpikir ingin menjalakan usaha tapi bingung harus mulai dari mana. Faktanya bisnis ternak lele merupakan salah satu peluang bisnis yang tak hanya menguntungkan tapi juga mudah dilakukan. Dengan mengethui cara perawatannya dengan baik maka kamu dapat menjalakan bisnis kamu dengan mudah. Bagi kamu yang masih pemula, yuk simak tips ternak lele berikut ini!

Tips Ternak Lele: Persiapkan Kolam Lele

Tips tenak lele yang pertama kali harus kamu lakukan adalah dengan menyediakan kolam lele yang tepat. Terdapat banyak pilihan jenis kolam lele yang bisa kamu pilih dan memiliki harga yang berbeda yang bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu. Kamu bisa memilih kolam berbentuk tanah, terpal maupun semen. Pastikan kolam lele yang kamu pilih berukuran cukup besar agar dapat mengurangi risiko ikan lele mati karena kekurangan oksigen.

Jika kamu memutuskan untuk memilih kolam lele yang berbahan sintesis sepeti terpal, serat atau semen, penting bagi kamu untuk memastikan kolam dalam keadaan bersih. Kamu bisa membersihkan kolam menggunakan sabun terlebih dahulu lalu mengoles media kolam dengan irisan daun pepaya dan singkong. Hal ini dilakukan agar bau dari media kolam hilang.

@Radar Surabaya

Tips Ternak Lele: Pilihlah Bibit Unggul

Penting juga bagi kamu untuk tidak asal memilih bibit lele. Pilihlah bibit lele unggul yang lebih sulit terserang penyakit, sehat, dan lebih besar. Bibit ikan lele yang unggul cenderung bergerak lebih gesit dan agresif saat pemberian makan, ukuran lele terlihat sama, dan memiliki warna yang sedikit lebih terang.

Tips Ternak Lele: Pisahkan Lele Ukuran Besar & Kecil

Penting untuk diketahui bahwa lele merupakan ikan jenis kanibal yang suka memakan lele lainnya. Agar dapat menghindari resiko ini maka tips ternak lele dengan memisahkan lele berukuran besar dengan lele berukuran kecil perlu diterapkan. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir lele kamu berkurang karena saling memakan satu sama lain.

Tips Ternak Lele: Perhatikan Proses Penebaran Bibit

Terdapat teknik khusus penebaran bibit lele yang pelu kamu ketahui. Tips ternak lele dalam sesi penebaran bibit yang baik adalah dengan meletakkan wadah bibit pada kolam selama 15 menit hingga 30 menit dengan keadaan miring. Trik ini bertujuan agar bibit ikan lele dapat beradaptasi sendiri sehingga tidak mudah stres.

Tips Ternak Lele: Sortir Ikan Lele

Kapan kamu bisa memisahkan lele berukuran kecil dan besar? Kamu bisa melakukan tips ternak lele dengan menyortirnya setelah lele berumur kurang lebih 20 hari, Gunakan bak untuk memisahkan lele berukuran besar dan kecil untuk menghindari ikan lele kecil dari kekurangan makanan karena kalah cepat dengan lele berukuran besar. Jika lele ini tidak dipisahkan maka lele berukuran kecil akan mengalami pertumbuhan yang lambat.

@Akurat.co

Tips Ternak Lele: Atur Kualitas Kolam

Jika kamu perhatikan air di kolam lele memang tidak jernih karena lele biasa hidup di air berlumpur. Warna air yang berwarna hijau pun tergolong normal karena menunjukkan terdapat pertumbuhan lumut di sekitar kolam. Jika air di kolam berubah menjadi warna merah hal ini menandakan lele sudah dewasa dan siap dipanen. Ingat untuk tetap menjaga kualitas air kolam dengan tidak memasukkan sembarang air ke dalam kolam karena bisa menyebabkan penyakit pada ikan lele.

Tips Ternak Lele: Perhatikan Kedalaman Kolam

Selain ukuran kolam faktanya kedalaman air kolam pun aan mempengaruhi pertumbuhan lele. Umumnya air pada kolam akan berkurang seiring berjalannya waktu karena adanya proses penguapan sehingga kamu harus rutin menambahkan air kolam ke posisi normal. Tingkat kolam lele di bulan pertama adalah 20 cm, bulan kedua 40 cm, dan bulan ketiga 80 cm. Pastikan air di kolam lele kamu tidak terlalu dangkal karena hal ini akan membuat kondisi air menjadi panas dan dapat menyebabkan kematian pada lele.

Tips Ternak Lele: Perhatikan Pakan Lele

Kapan waktu memberi makan lele? Kamu bisa memberi makan lele sehari tiga kai pada pagi, sore, dan malam hari. Jika lele yang kamu miliki di kolam tengah bergerak aktif kamu bisa memberikan waktu makan tambahan agar lele tidak lemas. Kamu bisa memberikan pakan lele berjenis sentrat 781-1 karena didalamnya mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Tips Ternak Lele: Pencegahan Hama & Penyakit

Lele yang kamu rawat bisa saja terjangkit penyakit dana hama. Jika sudah demikian maka jumlah produksi lele akan menurun dan berisiko gagal panen. Oleh karena itu lakukan pencegahan hama dengan menggunakan penghalang agar tidak ada hewan liar yang masuk ke dalam kolam.

Tips Ternak Lele
@Investasi Untung

Tips Ternak Lele: Proses Panen

Lele yang kamu rawat umumnya dapat dipanen setelah 3 bulan semenjak bibit lele disebar. Tips ternak lele dalam sesi panen adalah dengan menyortir ikan yang layak dikonsumsi atau layak panen yang berukuran 4-7 ekor per kilogram atau sesuai dengan keinginan pembeli.

Tips Ternak Lele: Pasca Produksi

Setelah lele dipanen kamu pasti akan menebar bibit baru di kolam. Tips ternak lele selanjutnya adalah mematikan kolam dalam keadaan bersih dari kotoran dan sisa makanan ikan lele sebelumnya sebelum menebar bibit baru. Pastikan tidak ada lele yang tertinggal sebelum menebar bibit baru karena bibit lele yang baru akan habis di makan lele yang siap panen tersebut.

Tips Ternak Lele: Pemasaran dan Promosi Ikan Lele

Tips ternak lele yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pemasaran dan promosi ikan lele dari ke orang-orang terdekat dan tinggal di sekitar kamu. Kamu juga bisa menjual lele dengan harga per kilogram ke warung-warung maupun tempat makan yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.

Jika kamu mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas lele kamu dengan baik maka kamu bisa memasok lele ke warung-warung makan besar. Jangan lupa untuk manfaatkan promosi dan digital marketing agar bisnis kamu semakin berkembang ya!

Bobobox, Pilihan Tepat untuk Tidur yang Nyaman!

Jangan ragu lagi untuk mulai bisnis kamu sekarang juga dengan mengikuti tips ternak lele di atas! Butuh tempat untuk mengolah ide-ide bisnismu sampai semalam suntuk? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap dan stay di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama stay di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

bobobox

You might also like