Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Agar Tetap Terlihat Menarik Ketika sedang Online Conferencing/Video Call

Yuk simak bagaimana cara tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call!

Wabah Covid-19 yang tengah melanda dunia mengakibatkan pemerintah membuat kebijakan dan imbauan untuk menerapkan social distancing, Work From Home, dan di rumah aja demi memutus rantai penyebaran virus ini. Adanya anjuran bekerja dari rumah mengharuskan kamu untuk terbiasa melakukan kegiatan rapat daring atau online conferencing dan video call, sehingga kamu tetap dapat bertatap muka langsung walau terpaut oleh jarak.

Beragam aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan online conferencing atau video call di antaranya adalah aplikasi Zoom, Skype, dan Google Hangouts. Meskipun kegiatan rapat atau presentasi yang kamu lakukan hanya dengan video call dan di rumah saja, tetapi kamu nggak mau dong tampil berantakan dan apa adanya.

Berikut tips yang sudah Bob rangkum buat kamu agar tetap terlihat menarik saat online conferencing atau video call selama Work From Home.

1. Pakai baju yang sesuai

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

Pertama-tama, kamu harus menentukan akan pakai baju apa saat online conferencing atau video call nanti. Ini semua ditentukan oleh dengan siapa kamu akan melakukan video call. Kalau kamu akan melakukan video call dengan teman-temanmu, tidak jadi masalah untuk menggunakan baju yang santai dan nyaman. Kamu bisa pakai T-shirt atau bahkan piyama jika kamu mau.

Lain halnya jika kamu akan melakukan online conferencing atau video call dengan kolegamu dan yang berhubungan dengan kantor. Maka, penting buat kamu untuk menggunakan pakaian yang rapi dan tetap memerhatikan penampilan. Apalagi jika akan berhadapan dengan boss saat video call nanti. Sebaiknya kamu memakai kemeja, blus, atau bahkan blazer agar kamu tetap terlihat profesional walau tidak bertatap langsung di dunia nyata.

Sebisa mungkin hindari untuk memakai baju dengan motif atau warna yang mencolok agar perhatian orang-orang tidak teralihkan karena baju yang kamu pakai.

2. Jangan lupa dandan

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

(Sumber: Pexels.com)

Buat kamu para wanita, meski hanya Work From Home atau bekerja dari rumah, jangan sampai kamu jadi malas untuk memerhatikan penampilan, ya. Biar penampilanmu tetap menarik dan kece saat sedang online conferencing atau video call dengan rekan-rekan kantormu, sebaiknya kamu nggak skip rutinitas make up kamu yang biasa kamu lakukan sebelum berangkat kerja.

Kamu nggak perlu pakai make up yang terlalu tebal. Cukup dandan sedikit saja biar kamu tetap terlihat fresh.  Tidak perlu menggunakan bedak terlalu tebal, cukup sapukan tipis-tipis saja agar wajahmu tidak terlihat berminyak dan mengkilap.

Selain itu, kamu juga bisa memakai lipstik atau lip tint biar bibirmu nggak kelihatan pucat. Biar wajahmu pun kelihatan lebih segar, kamu bisa menyapukan sedikit blush yang berwarna kalem seperti warna soft pink, coral, atau peach ke pipimu.

Jika kamu punya kantung mata yang bisa mengganggu penampilanmu selama online conferencing atau video call, kamu juga bisa memakai concealer di area kantung mata yang gelap. Terakhir, jangan lupa untuk menyisir dan merapikan rambutmu. Jika penampilanmu oke, dijamin deh kamu akan tambah semangat untuk melakukan aktivitas WFH-mu.

3. Pakai filter

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

(Sumber: Pexels.com)

Terkadang kamu mungkin tidak punya waktu untuk berdandan sebelum melakukan online conferencing atau video call bersama rekan-rekan kerjamu. Nggak perlu panik, kamu bisa memakai “make up instan” yaitu filter wajah yang tersedia di aplikasi yang kamu gunakan.

Banyak opsi filter yang bisa kamu pakai. Kamu tinggal pilih aja. Ada yang berfungsi untuk membuat tampilan kulit wajah menjadi lebih halus, membuat jerawat dan noda-noda di wajah jadi tidak kelihatan, bahkan ada filter yang bisa membuat wajahmu terlihat lebih tirus.

Namun, hindari menggunakan filter yang aneh-aneh saat melakukan online conferencing atau video call yang berhubungan dengan kantor dan pekerjaan. Alih-alih terlihat kece, kamu malah akan tampak konyol menggunakan filter aneh-aneh tersebut.

4. Perhatikan pencahayaan

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

(Sumber: Pexels.com)

Kamu sudah pakai baju yang kece dan sudah dandan oke, tapi semuanya nggak kelihatan jelas dan sia-sia karena pencahayaan yang buruk? Hmm, sayang banget, dong. Pencahayaan merupakan salah satu faktor paling penting saat melakukan online conferencing atau video call selama WFH.

Hal nomor satu yang harus kamu perhatikan agar pencahayaanmu bagus adalah pastikan bahwa ruangan tempat kamu melakukan online conferencing atau video call nanti mendapat pencahayaan yang cukup atau terang. Beruntung jika rumahmu memiliki kaca jendela yang lebar-lebar. Maka kamu bisa mendapatkan sumber pencahayaan alami dari sinar matahari, yang tentunya lebih bagus daripada sinar lampu.

Tapi, jangan sampai salah posisi juga, ya. Sebaiknya jangan membelakangi sumber cahaya karena akan membuat wajahmu terlihat gelap sementara background-nya menjadi terlihat terlalu terang. Sebelum memulai online conferencing atau video call, pastikan kamu sudah mendapatkan posisi yang tepat dan nyaman, ya.

5. Memosisikan kamera sejajar dengan wajah

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

(Sumber: Pexels.com)

Memposisikan kamera gadget-mu sejajar dengan wajah atau setinggi mata (eye level) merupakan cara paling pas agar orang lain dapat melihat gambar wajahmu dengan sudut pandang paling baik saat online conferencing atau video call.

Hindari posisi kamera yang lebih tinggi atau lebih rendah dari mata. Posisi kamera yang terlalu tinggi bisa membuat wajahmu terlihat kendur. Sedangkan posisi kamera yang terlalu rendah bisa membuat ilusi double chin pada wajahmu.

Yang sebaiknya kamu perhatikan bukan hanya posisi kamera yang sebisa mungkin sejajar dengan wajah. Namun jarak antara kamera dan wajah pun sebaiknya jangan terlalu dekat. Kamu pasti nggak mau dong memenuhi layar orang lain dengan wajahmu.

6. Perhatikan posisi duduk

tips agar tetap terlihat menarik saat online conferencing/video call

(Sumber: Pexels.com)

Hindari melakukan online conferencing atau video call di sofa atau kasur rumahmu. Dua tempat tersebut bisa membuatmu jadi mudah mengantuk dan kurang fokus saat melakukan online conferencing atau video call.

Duduk di sofa atau kasur biasanya juga bikin kamu cenderung duduk membungkuk atau bahkan duduk bersandar terlalu santai saking nyamannya. Sikap duduk seperti ini bisa membuatmu tampak kurang bersemangat atau malas-malasan. Gesture seperti ini pastinya kurang sopan dan kurang enak dilihat.

Satu hal lagi yang perlu diingat, meskipun kita terpaksa harus Work From Home, namun kita harus tetap semangat serta yakin bahwa keadaan ini tidak akan berlangsung selamanya, dan pasti akan segera berakhir.

WFH nyaman? Di Bobobox aja!

Butuh tempat yang nyaman dengan koneksi internet super cepat? Bobobox jawabannya! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Ngga akan nyesel deh menginap di Bobobox!

You might also like