Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ikuti 7 Tips Terbaik Merawat Rambut Berwarna Ini agar Tetap Lembut dan Sehat!

Rambut nggak kering dan rusak dengan tips terbaik merawat rambut berwarna ini!

Wah! Ada tren warna rambut baru yang lagi nge-hype nih! Setelah mengumpulkan dana, kamu pun memutuskan untuk pergi ke salon dan mewarnai rambut. Proses pewarnaan yang memakan waktu lama pun akhirnya membuahkan hasil. Kamu punya warna rambut impianmu! Tentunya menyenangkan saat kita bisa punya warna rambut yang kita dambakan. Platinum blonde, dark blue, ash grey, sampai pink pastel. Duh! Bawaannya ingin foto terus saking senangnya sama tampilan rambut baru!

tips terbaik merawat rambut berwarna
Credit: ARHUN via Wisgoon

Namun, setelah beberapa minggu, rambut mulai terasa kering dan kasar. Sudah pakai sampo khusus rambut berwarna, tapi rambut tidak kunjung membaik. Warnanya juga mulai pudar. Yang lebih parah lagi, rambutmu mulai rontok dan ujung-ujungnya jadi bercabang! Ugh! Sebenarnya, dilansir dari Mane Objective, pewarnaan rambut memang punya beberapa kekurangan. Salah satunya adalah rambut menjadi rusak dan tidak berkilau. Duh! Jadi begini toh risikonya.

Namun, di luar konsekuensi tersebut, kamu nggak perlu menyerah begitu saja. Mungkin saja kerusakan atau keringnya rambut disebabkan oleh perawatan rambut berwarna yang salah. Nah, Bob punya 7 tips terbaik merawat rambut berwarna yang kamu perlu simak. Dengan perawatan yang tepat, rambut berwarna kamu tetap bisa terlihat shining shimmering splendid kok! Kita mulai dari nomor satu, ya!

1. Jangan Langsung Berkeramas Setelah Pewarnaan

Tips terbaik merawat rambut berwarna yang satu ini sering kali terlupakan. Bau zat kimia dari bleach dan cat rambut, serta rasa gatal di kulit kepala memang bikin gerah. Namun, ada baiknya kamu nggak langsung berkeramas setelah mewarnai rambut. Dilansir dari Matrix, ada baiknya kamu tidak berkeramas selama 48 jam setelah pewarnaan. Akan lebih baik lagi kalau kamu menunggu lebih lama, yaitu sekitar 3-4 hari.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Credit: Erick Larregui via Unsplash

Proses pewarnaan dan pemutihan membuat rambut jadi kering. Walhasil, rambut malah makin kering kalau kamu langsung berkeramas. Selain itu, dengan menunggu, kamu memberi banyak waktu supaya cat rambut makin terserap dan menempel kuat pada rambut. Jadi, warnanya nggak cepat pudar!

2. Kurangi Frekuensi Berwarna

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, tips terbaik merawat rambut berwarna yang kedua adalah mengurangi frekuensi berkeramas. Mungkin kamu sudah beralih ke sampo khusus rambut yang diwarnai. Namun, kalau kamu masih berkeramas setiap hari atau setiap kali mandi, rambut akan tetap kering. Dilansir dari Healthline, berkeramas terlalu sering akan mengangkat minyak alami dari kulit kepala. Rambut pun akan kering dan kekurangan kelembapan.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Credit: jcomp via Freepik

Supaya rambut tidak mudah kering, kurangi frekuensi berkeramas. Menurut The Every Girl, kamu bisa berkeramas 2-3 kali seminggu. Frekuensi berkeramas yang lebih jarang juga membantu mempertahankan warna pada rambut. Setiap kali berkeramas, warna akan ikut terangkat dari rambut. Jadi, dengan lebih jarang berkeramas, warna pun bisa bertahan lebih lama.

3. Co-Washing

Mungkin ada dari kalian yang masih asing dengan istilah ini. Tips terbaik merawat rambut berwarna yang berikutnya juga masih berhubungan dengan keramas-keramasan. Istilah co-washing sendiri merupakan singkatan dari conditioner washing. Alih-alih menggunakan sampo, kamu berkeramas dengan kondisioner. Kamu bisa mencoba co-washing saat sedang tidak menggunakan sampo.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Credit: lookstudio via Freepik

Teknik ini ternyata punya beberapa manfaat. Dilansir dari One Hair Salon, co-washing mengembalikan kelembapan yang hilang pada rambut. Untuk kamu berambut ikal atau keriting, co-washing juga bisa menegaskan pola atau bentuk ikalmu yang cantik. Namun, perlu diingat bahwa teknik ini kurang efektif mengangkat sisa produk rambut. Selain itu, jangan lupa menggunakan kondisioner yang tepat, ya!

4. Kurangi Penggunaan Alat Penata Bersumber Panas

Kamu mungkin senang menata rambut dalam gaya tertentu. Untuk mendapatkan tatanan yang diinginkan, biasanya kamu perlu menggunakan alat penata bersumber panas. Sayangnya, alat-alat seperti ini bisa merusak rambut berwarnamu. Dilansir dari L’Oreal Paris, alat bersumber panas tidak hanya merusak rambut, tetapi juga mengangkat kelembapan dan memudarkan warna rambut.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Sumber: The Straits Times

Oleh karena itu, jika memungkinakn kurangi penggunaan alat-alat tersebut. Kalau memang perlu meluruskan, mengeriting, atau mengeringkan rambut dengan alat bersumber panas, pakai serum pelindung terlebih dahulu. Jadi, kerusakan rambut akibat paparan terhadap panas bisa dikurangi. Oh, ya! Tips terbaik merawat rambut berwarna yang satu ini juga berlaku untuk rambut berwarna alami, lho!

5. Gunakan Masker dan Serum

Saat pesona warna rambutmu terkalahkan oleh tekstur rambut yang kering dan kasar, inilah waktunya menggunakan masker. Penggunaan masker merupakan tips terbaik merawat rambut berwarna yang nggak perlu diragukan lagi. Ingin coba bahan alami? Sebuah artikel di Urban Company menyebutkan beberapa kombinasi bahan masker untuk rambut berwarna. Kamu bisa mencampurkan avokad dengan minyak almon, atau minyak zaitun dan madu.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Sumber: Knot9

Selain masker, kamu juga bisa menggunakan serum. Ada beragam jenis serum yang kamu bisa pilih sesuai kebutuhan rambut. Beberapa serum juga dapat melindungi rambut dari paparan cahaya ultraviolet yang berbahaya. Jadi, rambut nggak hanya halus dan lembap, tetapi juga terlindungi dari polutan sehari-hari. Jangan lupa pakai serum atau leave-on conditioner sebelum meninggalkan rumah, ya!

6. Siapkan Perlindungan Ekstra Sebelum Berenang

Bukan hanya panas dan sinar ultraviolet yang bisa merusak rambutmu. Air juga bisa lho! Pesona rambut blonde kamu bisa rusak hanya karena berenang. Pasalnya, kandungan klorin yang ada pada air di kolam renang bisa mengubah warna rambut kamu. Apalagi kalau rambutmu berwarna pirang. Duh! Bisa jadi kehijauan, deh! Selain itu, air kolam renang juga bisa memudarkan warna rambut dan membuat rambutmu makin kering. Oh, no! Oh, no!

tips terbaik merawat rambut berwarna
Sumber: idol001.com

Ada beberapa langkah ekstra yang kamu perlu ambil untuk melindungi rambutmu. Dilansir dari Glamour, kamu bisa mengoleskan minyak kelapa atau tabir surya khusus rambut. Ikat atau gelung rambut untuk mengurangi helai rambut yang terpapar air. Kamu juga bisa mengenakan swimming cap untuk melindungi rambut. Terakhir, segera berkeramas setelah kamu selesai berenang. Tips terbaik merawat rambut berwarna ini dijamin bikin pirang atau warna rambutmu tetap terjaga!

7. Tingkatkan Asupan Makanan Bergizi

Dan… tips terbaik merawat rambut berwarna yang terakhir adalah meningkatkan asupan makanan bergizi. Produk-produk perawatan rambut yang kamu gunakan nggak bisa bekerja secara efektif kalau asupan gizimu kurang. Hal yang satu ini sering kali terabaikan. Padahal, makanan yang bergizi nggak hanya membuat rambutmu halus dan kuat, tetapi juga organ-organ tubuh lainnya tetap sehat.

tips terbaik merawat rambut berwarna
Sumber: Min.news

Dilansir dari Times of India, ada beberapa bahan makanan yang baik untuk kesehatan rambut. Ikan salmon dan daging sapi ternyata menjadi sumber protein yang bagus untuk rambutmu, lho! Teh hijau, wortel, dan sayuran berdaun hijau juga bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, beras merah, ubi, dan blueberry juga bermanfaat untuk rambutmu.

Itulah 7 tips terbaik merawat rambut berwarna dari Bob. Sekarang, nggak perlu lagi takut buat mewarnai rambut, deh! Dengan perawatan yang tepat, kesehatan rambutmu bisa tetap terjaga. Kamu pun bisa seru-seruan mengekspresikan diri dengan warna rambutmu! Nah, selain seru-seruan dengan warna rambut, kamu juga bisa seru-seruan liburan di Bobobox. Mau liburan seru, nggak perlu keluar dana besar atau pergi jauh! Di Bobobox juga bisa!

Liburan Seru di Bobobox!

Di Bobobox, kamu akan menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul yang berkesan. Setiap pod sudah dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler, serta individual air conditioning system. Interior pod bergaya futuristik yang cantik dan tempat tidur yang besar bikin kamu makin nyaman deh! Apalagi, setiap pod juga punya pencahayaan yang kamu bisa atur sesuai keinginan. Seru banget!

Bobobox juga dilengkapi fasilitas umum seperti pantry, shared bathroom, musala, communal space, dan vending machine. Nggak akan mati gaya deh pokoknya! Sebelum datang ke Bobobox, jangan lupa download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan reservasi pod secara langsung. Aplikasi Bobobox tersedia di Google Play Store dan App Store, dan bisa kamu unduh secara gratis!

You might also like