Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Supaya Bisa Berqurban Setiap Tahun

Berqurban setiap tahun bukan sekedar impian. Kamu bisa mewujudkannya!

Berqurban setiap tahun menjadi salah satu impian banyak umat muslim menjelang hari raya Idul Adha. Pada hari besar idul adha umat muslim yang mampu disarankan untuk menyisihkan sebagian hartanya agar dapat berqurban setiap tahun. Umat muslim dapat membeli dan menyembelih beberapa pilihan hewan ternak seperti sapi dan kambing. Dalam prakteknya masih banyak umat muslim yang tidak dapat berqurban setiap tahun karena tingginya harga hewan qurban tersebut.

Tentunya impian berqurban setiap tahun ini dapat diwujudkan oleh siapapun asalkan disiplin menabung. Banyak orang yang nyatanya mampu menyisihkan sebagian uangnya dan disiplin menabung sehingga dapat berqurban setiap tahun meskipun penghasilannya pas-pasan. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan selain disiplin menabung adalah niat dan tekad yang kuat untuk berqurban setiap tahun hanya untuk beribadah kepada Allah semata.

Tak hanya orang yang berpenghasilan rendah yang sulit untuk berqurban setiap tahun, faktanya banyak pula mereka yang memiliki harta yang tidak tergerak hatinya untuk melakukan ibadah ini. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan sampai niat berqurban setiap tahun diselimuti tujuan lain selain beribadah kepada Allah. Tak jarang sebagian umat muslim berqurban setiap tahun sebagai ajang pamer dan menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa ia memiliki harta yang melimpah. .

Oleh karena itu siapkanlah niat yang ikhlas dan tekad yang kuat untuk berqurban setiap tahun. Dengan niat yang ikhlas, komitmen yang kuat, dan disiplin menabung kamu bisa mewujudkan mimpi berqurban setiap tahun. Seperti apa cara agar dapat mencapai impian tersebut? Yuk simak informasi berikut ini!

Berqurban setiap tahun

Menabung Tiap Bulan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar dapat berqurban setiap tahun adalah menabung. Dengan menabung kamu dapat mencicil sebagian uang kamu sehingga kamu tidak merasa terbebani jikaharus membeli hewan qurban kamu sekaligus. Kamu bisa menabung secara rutin setiap bulannya terutama setelah kamu menerima uang gaji kamu. Hitung berapa banyak uang yang perlu kamu tabung setiap bulannya sebelum hari idul adha tiba.

Penting bagi kamu untuk menentukan nominal uang yang perlu kamu tabung secara rutin tiap bulannya dibandingkan menabung uang sisa bulanan kamu. Agar uang tabungan lebih cepat terkumpul pastikan jika kamu memiliki rezeki lebih kamu pun menambahkannya pada tabungan qurban kamu. Jangan sampai rezeki lebih yang kamu dapatkan malah habis kamu belanjakan untuk hal-hal yang tidak penting atau bukan prioritas kamu.

Tentukan terlebih dahulu hewan ternak apa yang akan kamu beli untuk idul adha karena setiap hewan qurban memiliki harga yang berbeda. Dengan mengetahui harga hewan ternak yang akan kamu beli maka kamu bisa memprediksi kenaikan harga hewan ternak tersebut di tahun berikutnya. Sebagai contoh jika kamu akan membeli sapi maka kamu dapat memprediksi bahwa kenaikan harganya mencapai sekitar 12% pada tahun berikutnya.

Dengan mengetahui nominal uang yang harus kamu kumpulkan maka kamu dapat fokus menabung setiap bulannya. Kamu pun dapat mengalokasikan uang di luar tabungan qurban kamu untuk hal lain. Jangan sampai nominal uang yang harus kamu tabung terlalu besar karena waktu menabung yang terlalu berdekatan dengan waktu idul adha. Hal ini tentu akan memberatkan kamu karena nominal uang yang harus kamu tabung untuk berqurban setiap tahun akan semakin besar. Oleh karena itu menabunglah setidaknya setahun sebelum idul adha tiba.

@finansialku.com

Menabung Emas

Selain menabung secara konvensional untuk berqurban setiap tahun melalui celengan atau melalui rekening bank kamu pun bisa mencoba tabungan emas. Menabung emas untuk berqurban setiap tahun memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan menabung secara konvensional. Hal ini dikarenakan emas memiliki kecenderungan mempertahankan nilainya bahkan seringkali meningkatkan nilai sebelumnya.

Selain dapat kamu gunakan untuk menabung agar dapat berqurban setiap tahun kamu pun bisa memanfaatkan tabungan emas ini sebagai kesempatan investasi. Jika kamu memiliki uang yang belum akan kamu gunakan dalam waktu dekat kamu dapat menyimpan uang tersebut di tabungan emas agar nilainya tidak turun sehingga dapat berkembang seiring berjalannya waktu. Jangan lupa juga untuk memilih secara cermat tabungan emas apa yang akan kamu gunakan. Sebagai contoh kamu bisa mulai menabung emas di pihak terpercaya seperti Pegadaian.

Mendanai di P2P Lending

Cara menabung agar dapat berqurban setiap tahun yang bisa kamu pilih lainnya adalah mendanai di P2P Lending (peer to peer lending) atau bisa kita sebut dengan obligasi. Obligasi merupakan surat pemberian hutang kepada pihak perusahaan swasta, individu, maupun perusahaan milik pemerintah. Dalam obligasi kamu adalah seorang pemberi dana. Pihak yang berhutang kemudian akan memberikan bunga atau bagi hasil kepada kamu dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Biasanya, jangka waktu pengembalian hutang adalah satu tahun. Beberapa P2P lending ada yang memberikan tempo pengembelian dana lebih dari satu tahun atau bahkan kurang dari satu tahun. Jika kamu berniat menabung untuk berqurpan pada tahun depan maka pastikan untuk memilih obligasi dengan tempo maksimal satu tahun dengan waktu pencairan dana seblum idul adha. Oleh karena itu pastikan untuk tidak menunda waktu menginvestasikan dana kamu melalui surat obligasi.

Ikut Arisan Berqurban Setiap Tahun

Opsi terakhir yang bisa kamu pilih untuk dapat berqurban tiap tahun adalah dengan mengikuti kelompok arisan. Cara ini merupakan cara menabung melalui jasa pihak ketiga untuk mencapai impian kamu berqurban setiap tahun. Opsi ini dapat kamu pilih jika memang kamu merasa kesulitan untuk menabung secara pribadi dan secara rutin. Kamu bisa mengajak teman-teman atau keluarga kamu untuk membuat kelompok arisan untuk membeli hewan qurban.

Jika kamu kesulitan mengumpulkan teman arisan maka kamu tak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak lembaga khusus hewan qurban yang dapat membantu kamu berqurban setiap tahun dengan metode arisan. Lembaga-lembaga ini biasanya akan menawarkan kamu beberapa paket pilihan arisan berdasarkan dengan lamanya simpanan tersebut. Cara menabung hewan qurban setiap tahun dengan arisan ini cukup populer dan sering digunakan oleh masyarakat, lho.

Sebelum mulai arisan jagan lupa untuk mengetahui peraturan dan kesepakatannya terlebih dahulu. Pastikan untuk memperlajari terlebih dahulu bagaimana cara pembayaran arisan, jumlah uang arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan, dan masih banyak lagi hal lainnya. Hal ini terntu untuk menghindari kemungkinan arisan bodong atau potensi penipuan dari arisan kurban tersebut.

Liburan Hemat dengan Bobobox

Butuh liburan tapi ingin tetap bisa menabung? Menginap di Bobobox aja! Dengan menginap di Bobobox kamu bisa tetap menikmati liburanmu dengan nyaman tanpa khawatir kantong kamu bolong. Dapatkan pods dengan fasilitas menarik dan teknologi canggih dengan harga yang terjangkau. Tiap pods di Bobobox dilengkapi oleh tempat tidur yang nyaman, speaker dengan bluetooth, dan lampu LED yang bisa kamu ubah warnanya sesuai keinginan kamu. Yuk pesan pods pilihan kamusekarang melalui aplikasi bobobox!