Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sayang Kucing Liar? Ini 10 Tips Street Feeding yang Kamu Harus Ketahui

Bukti kepedulianmu terhadap kucing liar!

Bobobox.co.id — Saat kamu melihat kucing liar di jalanan, seringkali hatimu terbesit untuk menolong kucing tersebut. Nah, kamu bisa menolong kucing tersebut dengan cara melakukan street feeding.

Street feeding merupakan kegiatan memberi makan hewan liar di jalanan. Beberapa komunitas pencinta hewan secara rutin melakukan hal tersebut. Kamu pun bisa berpartisipasi juga lho!

Jika kamu belum tahu hal apa saja yang harus kamu lakukan, berikut ini 10 tips street feeding yang kamu harus ketahui.

Bawa Makanan Kucing saat Keluar Rumah

Tips street feeding yang pertama adalah bawalah makanan kucing saat kamu berencana untuk keluar rumah. Makanan kucing yang dibawa sendiri bisa berbentuk dry food atau wet food.

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan ada tidak persediaan makanan kucing di rumah. Makanan kucing yang dibawa pun sebenarnya tak perlu mahal kok.

tips street feeding makanan kucing
via pocketpets101.com

Sisakan dari Makanan yang Kamu Makan

Nah, jika kamu termasuk orang yang tidak memelihara kucing namun ingin ikut serta dalam street feeding, kamu bisa tetap berpartisipasi kok. Caranya adalah dengan menyisihkan makanan yang telah dimakan.

Sisihkan makanan layak konsumsi seperti ayam, daging, ataupun ikan. Namun, hal yang perlu kamu ketahui dari tips street feeding ini adalah jangan menyisihkan tulang untuk dimakan kucing.

@harry-dona via pexels.com

Jangan Lupa Membawa Wadah untuk Makan Kucing

Tips street feeding selanjutnya adalah tak lupa untuk membawa wadah makan kucing. Wadah makan yang digunakan ini bisa sebatas kertas bekas yang sudah tak terpakai di rumah.

Kertas bekas ini pun relatif simpel karena bisa langsung dibuang setelah digunakan untuk wadah makan kucing. Namun, membawa wadah makan seperti tempat makan kucing malah jauh lebih baik.

via businessinsider.com

Perhatikan Kebersihan Lingkungan Sekitar Kucing

Sebelum kamu menaruh wadah makan kucing beserta makanannya, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar. Cek terlebih dahulu apakah sudah bersih atau tidak area sekitarnya.

Jika dirasa tidak bersih, kamu bisa membawa kucing tersebut ke area yang lebih bersih. Soal area yang tepat, coba untuk hindari area yang ramai dilalui orang atau kendaraan saat memberi makan kucing liar ini.

@aleksandr-nadyojin-2954845 via pexels.com

Siapkan Lahan yang Cukup

Kamu pun harus bisa memilih lahan yang cukup untuk street feeding ini. Hal ini bergantung dari seberapa banyak kucing liar yang sedang ada di momen street feeding ini.

Jika kucing liarnya dalam jumlah yang relatif banyak, kamu bisa memanfaatkan area taman yang relatif kosong. Namun, seperti yang disinggung sebelumnya, tetap jaga kebersihan area sekitar.

via israel21c.org

Jaga juga Kebersihan Diri Sendiri

Selain memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat makan kucing, alangkah baiknya jika kamu pun memerhatikan kebersihan dirimu sendiri.

Gunakanlah hand sanitizer, sabun cair, atau minimal tisu basah untuk membersihkan tanganmu setelah memberi makan kucing liar.

@shvetsa via pexels.com

Pisahkan Wadah Makanan Kucing Dewasa dan Kecil

Saat melakukan street feeding, kamu tentu tidak bisa memilih untuk memberi makanan untuk kucing kecil saja misalkan. Terkadang, situasi di lapangan membuatmu harus menyikapinya secara bijak.

Oleh karenanya, kamu harus memisahkan wadah makanan antara kucing dewasa dan kucing kecil agar mereka tidak berebut makanan dan tak ada yang kebagian sedikit makanan.

via bbc.com

Beli Obat Jika Ada Kucing yang Sakit

Nah, jika kamu melihat ada indikasi kucing liarnya sakit, kamu pun bisa mencoba untuk pergi ke klinik atau petshop terdekat untuk memberikan obat bagi kucing yang sakit tersebut.

via figopetinsurance.com

Lakukan Sterilisasi Jika Diperlukan

Nah, terkadang kucing dewasa membutuhkan sterilisasi. Sterilisasi biasanya dilakukan agar menghindari overpopulasi kucing di area tertentu.

Bagi kamu yang mempunyai uang lebih, kamu pun bisa berkontribusi dengan membawa kucing ke klinik hewan untuk disterilisasi.

via animalwised.com

Bekerja Sama dengan Orang Lain

Tips street feeding terakhir adalah coba untuk bekerja sama dengan orang lain. Cara ini dilakukan untuk bisa mengedukasi orang lain juga agar sama-sama peduli terhadap hewan liar.

Dengan orang lain yang teredukasi, tentu yang diharapkan adalah orang lain semakin aware dengan hewan-hewan liar di jalanan juga bisa jadi meniru kegiatan street feeding yang kamu lakukan ini.

@ekaterina-bolovtsova via pexels.com

Itulah tips street feeding yang harus kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Sedang mencari akomodasi penginapan? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

You might also like