Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Tips Agar Smartphonemu Tidak Mudah Kebobolan

Agar data pribadimu terjaga dengan aman

Bobobox.co.id — Smartphone sekarang ini bisa dibilang menjadi barang yang wajib untuk dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, peran smartphone di aktivitas sehari-hari tidak bisa terelakkan lagi.

Mulai dari bangun hingga sebelum tidur, barang yang satu ini sepertinya sulit lepas dari genggamanmu. Hal ini menandakan bahwa perannya yang amat penting bagi kehidupan khususnya dengan teknologi yang tertanam di smartphone.

Namun, dengan semakin pesatnya teknologi di smartphone, semakin tinggi pula kemungkinan data yang ada di smartphone teretas atau kebobolan oleh pihak tertentu.

Sehingga, kamu membutuhkan tips guna membuat agar smartphonemu tidak mudah kebobolan oleh hacker atau kriminal yang pastinya tidak diharapkan terjadi padamu.

Kunci Perangkat

Tips yang pertama adalah dengan mengunci smartphonemu dengan beragam fitur keamanan yang disediakan. Sekarang ini, sudah banyak smartphone yang memiliki fitur-fitur keamanan yang mutakhir seperti passcode, fitur sidik jari hingga pengenalan wajah.

Nah, agar tidak mudah kebobolan, aturlah fitur keamanan tersebut sedemikian rupa. Misalkan saja, untuk passcode, janganlah menggunakan kombinasi umum seperti 123456 atau tanggal lahir.

Hal ini justru mempermudah pihak yang ingin mengambil data dari smartphonemu karena fitur keamanan yang kamu atur untuk smartphonemu terlalu mudah diretas dalam waktu singkat.

Sehingga, tips yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur keamanan dengan mengaktitfkan dua kali verifikasi saat akan membuka layar kunci smartphonemu.

Misalkan saja, kamu bisa mengombinasikan passcode dengan fitur sidik jari. Atau jika kamu ingin yang lebih aman lagi, gunakan fitur sidik jari dan pengenalan wajah untuk memberi proteksi lebih pada smartphonemu.

Tips terakhir soal mengunci perangkat adalah dengan mengaktifkan fitur penguncian layar otomatis. Dengan fitur ini, layar smartphone akan terkunci secara otomatis apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan.

tips kunci perangkat

Hindari Link Berbahaya

Tips selanjutnya adalah untuk tidak mudah memercayai link atau tautan yang kamu terima baik itu di email atau media sosial lainnya. Jika pengirimnya terkesan mencurigakan, sebaiknya jangan pernah membuka tautan tersebut.

Ataupun jika tidak ada di kotak masuk email atau direct message media sosial, berhati-hatilah terhadap situs yang memintamu untuk mengklik link yang mencurigakan.

Pasalnya, kedua hal tersebut bisa saja merupakan alat yang dikirim oleh kriminal atau hacker di ranah siber untuk mengambil data pribadimu. Hal ini seringkali dikenal dengan sebutan phishing.

Hal yang bisa terjadi jika kamu tidak sengaja membuka tautan mencurigakan tersebut di antaranya adalah terpasangnya malware atau aplikasi berbahaya yang nantinya merusak smartphonemu.

Selain itu, data-data sensifit seperti password media sosial hingga gambar-gambar yang ada di gallerymu bisa saja menjadi santapan empuk guna menerormu dengan cara membajak akun media sosialmu.

via wabetainfo.com

Perbarui Software

Memperbarui software smartphonemu menjadi tips selanjutnya. Developer baik dari sistem operasi maupun aplikasi seringkali memberikan update di tiap minggunya yang harus kamu unduh.

Nah, selain hanya membenahi tampilan agar terlebih lebih ciamik, update yang digulirkan biasanya dimaksudkan untuk membenahi bug dan keamanan di aplikasi dan sistem operasinya.

Setiap update yang digulirkan kepada para pemilik smartphone sendiri ditujukan untuk memberi rasa aman. Hal ini tentunya agar aplikasi dan sistem operasi tersebut sulit untuk dibajak atau dibobol oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Jadi, cobalah untuk melakukan tips ini secara berkala. Misalkan saja, cek bagian software update atau toko aplikasi seperti Play Store dan App Store setiap seminggu sekali.

Sehingga, diharapkan kamu akan terbiasa untuk mengecek dan mengunduh update aplikasi dan sistem operasi secara berkala. Dengan begitu, tips ini pun akan sangat berguna bagi keseharianmu menggunakan smartphone.

via cpjsolutions.com

Unduh Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Tips selanjutnya masih seputar aplikasi untuk smartphonemu. Tips yang dimaksud adalah untuk selalu mengunduh aplikasi di toko aplikasi resmi dari smartphone yang kamu miliki.

Jika kamu menggunakan Android, unduhlah aplikasi di Play Store. Sedangkan jika kamu pengguna iOS, App Store menjadi toko aplikasi resmi untuk sistem operasi ini.

Kedua toko aplikasi resmi tersebut pastinya sudah melakukan verifikasi dan pemindaian terhadap aplikasi yang ada di toko aplikasinya. Berbeda halnya dengan APK yang belum teruji keamanannya.

Biasanya, dari aplikasi yang dipasang melalui APK yang tidak teruji keamanannya, ada banyak yang sudah dipasang spyware yang ditujukan untuk mengobrak abrik data pribadi di smartphonemu.

Selain mengunduh melalui toko aplikasi resmi, tips selanjutnya adalah jangan menggunakan jaringan WiFi yang tidak diketahui sumber asal jaringan tersebut.

Hal ini tentu untuk meminimalisir terjadi hal yang tidak diinginkan seperti data-data dan informasi pribadimu diambil oleh pihak yang dengan sengaja menyediakan jaringan WiFi retasan tersebut.

via 9to5google.com

Memasang Aplikasi Antivirus

Tips terakhir agar smartphonemu tidak mudah kebobolan adalah dengan memasang aplikasi antivirus di smartphonemu. Sebenarnya, tiap pabrikan smartphone sudah memberikan aplikasi tersebut bersamaan dengan sistem operasi yang mereka kembangkan dari Google.

Namun, untuk mendapatkan proteksi lebih, ada baiknya tips satu ini kamu coba langsung di smartphonemu. Di toko aplikasi resmi seperti Play Store dan App Store, ada banyak aplikasi yang recommended untuk dipasang.

Baik yang gratis seperti AVG Free dan Avast ataupun yang berbayar seperti Norton atau Kapersky bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Jika memang kamu ingin yang bebas dari iklan, aplikasi antivirus berbayar jadi solusinya.

Selain memasang aplikasi antivirus, ada baiknya juga kamu memasang aplikasi Find My Device jika di smartphonemu belum terpasang aplikasi tersebut.

Aplikasi ini akan sangat berguna jika smartphone hilang di suatu tempat. Tak hanya itu saja, aplikasi ini pun bisa menghapus data pribadi jika ada oknum yang mencuri smartphonemu ini.

via techlog360.com

Menginap Tanpa Takut Kemalingan? Ya di Bobobox

Sama sepertinya smartphone, saat sedang menginap di akomodasi penginapan, terkadang kamu merasa was-was jika kamu meninggalkan kamar yang kamu inapi.

Pasalnya, banyak barang-barang berharga seperti paspor, tiket untuk pulang, dan visa yang akan merepotkanmu jika barang-barang tersebut hilang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan akomodasi penginapan yang memberikan rasa aman. Salah satunya adalah Bobobox. Hotel kapsul berlogo Koala ini menawarkan fasilitas yang mampu menjaga barangmu saat ditinggal di dalam kamarnya.

Fasilitas tersebut adalah QR Code untuk membuka tiap podnya. Jadi, pod yang kamu inapi hanya bisa dibuka dengan QR Code yang ada di smartphonemu.

Sehingga, tidak ada yang bisa membuka podnya selain dirimu seorang kecuali jika kamu memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan QR Code tersebut.

Untuk pemesanan podnya, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.