self isolation

Tips Agar Self Isolation Tetap Nyaman dan Menyenangkan

Virus corona atau COVID-19 ternyata tidak hanya berdampak pada kesehatan. Gaya hidup manusia pun turut menyesuaikan, terutama dengan adanya self isolation.

Berdiam di rumah dan tidak ke mana-mana dalam waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan kebosanan. Maka dari itu, kamu butuh banyak kegiatan supaya self isolation bisa tetap nyaman dan menyenangkan. Yuk, simak tips berikut ini!

Apa itu self isolation?

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, World Health Organization menghimbau untuk melakukan pembatasan fisik (physical distancing) selama kurang lebih 14 hari.

Jangka waktu tersebut adalah masa di mana virus corona berinkubasi dalam tubuh seseorang. Pembatasan fisik dinilai bisa mengurangi menyebarnya virus corona yang mudah ditularkan dari orang ke orang.

Waktu ini juga digunakan untuk memonitor diri sendiri apakah dalam rentang waktu 14 hari kamu menunjukkan gejala terkena virus corona atau tidak. Gejala-gejala tersebut diantaranya adalah batuk, demam, dan kesulitan bernapas. Jika kamu menunjukkan gejala-gejala tersebut, ada baiknya kamu segera melakukan self isolation.

Self isolation adalah cara efektif untuk menjaga orang-orang di sekitarmu, terutama keluarga karena mereka paling rentan untuk tertular.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan satu ruangan untuk meminimalisir kontak dengan anggota keluarga. Usahakan ruangan tersebut memiliki ventilasi dan jendela yang bisa dibuka. Di samping itu, gunakan masker agar virusnya tidak menyebar melalui batuk atau bersin.

Kamu juga harus mengurangi atau tidak kontak sama sekali dengan anggota keluarga di rumah. Memang terdengar sulit namun inilah yang kamu harus lakukan saat self isolation.

Jika kamu berada dalam self isolation, kamu juga harus menggunakan kamar mandi yang terpisah dan tidak berbagi alat makan dengan anggota keluarga kamu. Setelah menggunakan alat makan, mengenakan baju, atau mengganti seprai, kamu harus mencucinya dengan sangat bersih.

Apa yang bisa dilakukan saat self isolation?

Di saat self isolation, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah beristirahat. Tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk melawan penyakit sehingga kamu harus benar-benar membiarkannya bekerja dan demam adalah salah satu bentuk responsnya.

Akan tetapi, orang yang sedang berada dalam self isolation cenderung merasa bosan. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kegiatan yang bisa dilakukan sambil beristirahat namun juga nyaman dan menyenangkan.

Virus Corona Dan Dampaknya Pada Orang Tua Dan Penderita Penyakit

Tetap tenang
isolation

Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Supaya self isolation bisa nyaman dan menyenangkan, kamu harus bisa menenangkan diri kamu sendiri. Jangan panik. Self isolation dilakukan untuk diri kamu sendiri dan keluarga kamu. Jalani prosesnya dan ikuti prosedurnya. Rasa cemas yang berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan, baik tubuh maupun mental.

Telepon keluarga dan teman
self isolation

Photo by Jon Ly on Unsplash

Di tengah-tengah self isolation, kamu pasti akan merasa kesepian meskipun kamu berada satu atap dengan keluargamu. Kamu merasa seperti di penjara dan tidak bisa melakukan apapun.

Menurut Dr. Stephanie Cacioppo, direktur Brain Dynamics Laboratory di University of Chicago’s Pritzker School of Medicine, rasa kesepian bisa disamakan dengan rasa lapar atau haus.

Jika tidak dituntaskan bisa menimbulkan dampak yang serius. Dr. Cacioppo mengatakan bahwa kesepian tidak hanya berbahaya bagi pikiran namun juga kesehatan tubuh. Bahkan saat tidak ada wabah sekalipun, rasa kesepian yang sangat bisa meningkatkan resiko kematian sebesar 26 persen.

Oleh karena itu, melakukan video call dengan teman dan keluarga saat self isolation bisa membantu mengurangi rasa kesepian tersebut.

Dr. Cacioppo juga menambahkan bahwa yang membuat kebutuhan bersosialisasi kita terpenuhi tidak semata-mata terletak pada mediumnya. Kunci dari interaksi sosial yang baik adalah waktu yang berkualitas baik itu secara fisik ataupun melalui video call.

Membaca buku
self isolation

Photo by Joel Muniz on Unsplash

Pecinta buku pasti akrab dengan istilah so many books so little time. Koleksi bukumu menumpuk namun banyak yang belum dibaca. Self isolation bisa menjadi kesempatan kamu untuk menyelesaikan tumpukan buku tersebut.

Beberapa penulis terkenal juga bahkan berbagi daftar bacaan mereka seperti Sarah Perry, Howard Jacobson, dan Will Self. Baik itu novel atau non fiksi, tidak ada yang tidak berguna.

10 Public Figure Yang Terkena Virus Corona

Menonton film
self isolation

Photo by Grant on Unsplash

Film juga bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk mengisi waktu selama self isolation. Ada banyak penyedia layanan streaming seperti Netflix dan Hulu. Televisi nasional pun menayangkan film-film yang seru setiap malamnya. Menonton film bisa membantu kamu untuk setidaknya melepaskan kekhawatiran akibat isolasi mandiri.

Belajar hal-hal baru
self isolation

Photo by Lucrezia Carnelos on Unsplash

Beberapa penyedia layanan belajar menggratiskan jasa mereka selama wabah virus corona. Hanya karena kamu berada dalam self isolation bukan berarti kamu tidak bisa belajar lho. Justru saat-saat seperti ini adalah kesempatan yang baik untuk berefleksi diri dan memperkaya ilmu pengetahuan.

Zenius Education adalah salah satunya. Salah satu pionir pendidikan berbasis teknologi di Indonesia tersebut menggratiskan akses ke 80,000 video pembelajaran mereka. Hal ini dilakukan agar para siswa yang belajar di rumah bisa belajar mandiri tanpa hambatan.

Berbagi dengan sesama
self isolation

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Tak ada yang lebih melegakan hati dibandingkan dengan berbagi. Self isolation bisa menjadi kesempatan kamu untuk mengingatkan dan mengedukasi mereka yang masih acuh terhadap bahaya virus corona. Jadikan dirimu sendiri sebagai contoh dan ajak orang-orang agar terus menjaga diri dan keluarga mereka.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan seperti membuat vlog atau membuat tulisan. Bagikan melalui media sosial seperti Instagram atau YouTube. Dengan berbagi beban dengan sesama, semoga hari-hari kamu saat self isolation bisa menjadi lebih ringan.

Perbanyak ibadah
isolation

Photo by Utsman Media on Unsplash

Meningkatkan keimanan dan spiritualitas dipercaya bisa memberikan ketenangan. Self isolation adalah waktu yang tepat untuk lebih banyak meluangkan waktu dengan yang maha kuasa. Merenung dan berdoa akan membuat kamu lebih bijak dalam menyikapi keadaan yang menimpa saat ini.

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

7 Event Musik Di Seluruh Dunia Yang Dibatalkan Karena Wabah Virus Corona

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Kamu akan merasa seperti berada di film-film masa depan.

Tak hanya itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Mudah kan?

Di kamarnya juga kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Modenya pun ada banyak. Mau untuk tidur? Ada. Mau untuk meditasi? Tinggal pakai mode zen. Pokoknya pas banget untuk melepas stres dan menjaga kesehatan mental.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles