Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Sehat Saat Puasa Agar Tetap Bugar Beraktivitas

Pastikan tubuh kamu tetap bugar dengan tip sehat saat puasa berikut ini!

Tips sehat saat puasa berikut ini bisa menjadi panduan bagi kamu untuk dapat berpuasa dengan kondisi ubuh yang prima. Saat berpuasa seringkali banyak orang mengeluhkan tubuhnya yang lemas. Tak jarang juga banyak orang mengalami berbagai gangguan kesehatan mulai dari dehidrasi, sakit perut, maag, sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi.

Padahal dengan menjaga pola makan dan juga tetap menjaga aktivitas fisik dapat membantu tubuh agar tetap sehat dan bugar. Oleh karena itu Bob telah merangkum sejumlah tips sehat saat puasa berikut ini agar kamu bisa menjalkan ibadah puasa dengan maksimal. Yuk simak informasinya seperti berikut ini! 

1. Tips Sehat Saat Puasa: Jangan Lupakan Air Putih

Tips Sehat Saat Puasa

Tips yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kebutuhan cairan tubuh kamu terpenuhi dengan baik. Pastikan untuk minum 2 liter air putih saat jam buka puasa, sahur, atau di malam hari setelah tarawih. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa maka tubuh kamu akan terhindar dari rasa lemas sehingga tubuh akan menjadi lebih bugar.

2. Tips Sehat Saat Puasa: Jangan Malas-Malasan

Saat menjalani ibadah puasa seringkali kamu menjadi merasa malas karena tubuhyang lemas. Beristirahat itu penting namun pastikan untuk tidak bermalas-malasan! Sebaiknya kamu gunakan waktu berpuasa kamu untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan kaki di sekitar rumah, bermeditasi, maupun memperbanyak beribadah.

Beberapa kegiatan tersebut faktanya akan membantu kamu untuk melupakan rasa lapar, lho. Meskipun demikian ngat untuk tidak gunakan terlalu banyak energi selama beraktivitas fisik agar kuat puasa hingga Magrib tiba.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Buka Puasa Bersama Bandung

3. Tips Sehat Saat Puasa: Jangan Kalap Saat Berbuka Puasa

Nikmat berpuasa salah satunya terasa saat kamu akan berbuka. Rasanya berbagai jenis makanan dan minuman ingin semuanya kamu lahap saat berbua puasa. Eits, hati-hati jangan sampai kalap! Hindari makan berlebih saat berbuka puasa karena faktanya kebiasaan ini bisa membuat perut merasa kembung dan kamu pun akan mudah kelelahan.

Perut yang kekenyakan pun sangat rentan membuat kamu mudah merasa kantuk setelah makan. Lalu bagaimana cara terbaik berbuka puasa? Kamu bisa coba untuk melahap makanan secukupnya agar tubuh kamu tidak ‘kaget’.

4. Tips Sehat Saat Puasa: Mengonsumsi Protein

Saat berpuasa kamu mungkin makan seadanya agar lebih simpel. Penting bagi kamu untuk memerhatikan bahwa hidangan yang kamu santap saat sahur dan berbuka puasa mengandung protein. Faktanya saat kamu berpuasa maka asupan kalori tubuh akan berkurang. Kondisi ini kemudian bisa menyebabkan otot-otot tubuh kamu menyusut. Oleh karena itu jangan lupa untuk A mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai tips berpuasa.

5. Tips Sehat Saat Puasa: Jangan Lupakan Makanan Alami

Tips Sehat Saat Puasa
Unsplash/

Selain makanan yang mengandung protein tinggi jangan lupa juga untuk mengonsumsi berbagai asupakan alami selama sahur dan buka puasa. Dengan mengonsumsi makanan alami tubuh kamu akan menjadi sehat, bugar, sekaligus mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

6. Tips Sehat Saat Puasa: Melakukan Olahraga Ringan

Berpuasa bukan berarti berhenti berolahraga, Kamu bisa melakukan berbagai gerakan olahraga yang ingan saat berpuasa. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba diantaranya adalah jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, menyiram kebun). 

7. Tips Sehat Saat Puasa: Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Selain berolahraga penting juga bagi kamu untuk menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang perlu kamu hindari tersebut diantaranya adalah makanan dan minuman yang bersifat manis.. Faktanya gula memang dapat memberikan energi bagi kamu saat berpuasa maupun saat berbuka.

Namun energi yang kamu dapatkan dari gula ini hanya  bersifat sementara. Jika kamu merasa gula darah kamu sedan turun, merasa lapar, dan lesu kamu bisa coba mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, atau pasta, untuk mengatasi lemas saat puasa.

8. Tips Sehat Saat Puasa: Hindari Makanan Minyak Berlebihan

Ayo siapa diantara kalian yang sering berbuka ataupun sahur dengan mengonsumsi makanan dengan mnyak berlebih? Makanan yang berminyak memang terasa nikmat di lidah, namun makanan berminyak ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Mengingat kamu sedang berpuasa maka cobalah untuk membatasi makanan yang diolah dengan cara digoreng.

9. Tips Sehat Saat Puasa: Tidur yang Cukup

Banyak orang yang cenderung mengantuk saat menjalani puasa. Hal ini sebenarnya bukan disebabkan oleh kurangnya asupan makanan selama seharian. Rasa kantuk yang muncul ini lantaran Anda kurang mendapatkan istirahat yang cukup.Pola tidur orang yang menjalankan puasa akan sedikit berubah. Anda akan bangun lebih awal untuk sahur.

Karena itu, waktu tidur malam pun akan menjadi sangat sedikit.Nah, cobalah untuk beristirahat pada waktu-waktu tertentu. Buatlah tidur malam berkualitas untuk menjaga tubuh tetap bugar. Jika memang ada waktu untuk tidur siang, jangan disia-siakan juga, ya.

10. Tips Sehat Saat Puasa: Berkonsultasi dengan Dokter

Tips yang terakhir adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih jika kamu memiliki kondisi kesehatan atau gangguan medis tertentu. Jika kamu memiliki masalah kesehatan kamu mungkin perlu menjalani pengobatan sehingga ada baiknya bagi kamu untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memulai untuk berpuasa. Saat kamu sedang menjalani pengobatan kamu mungkin memerlukan pengobatan seperti mengonsumsi obat-obatan.

Baca Juga: Jangan Sampai Lengah. Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Setelah Puasa Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like