Penyebab Sleepwalking

Simak Tips Sehat Pekerja Shift Malam Berikut Agar Kesehatanmu Terjaga!

Tips sehat pekerja shift malam berikut ini dapat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh meskipun harus bekerja semalaman. Beberapa profesi seperti dokter, petugas rumah sakit, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya menuntut mereka untuk dapat bekerja di shift malam. Bagi kamu yang seringkali bekerja shift malam kamu bisa simak tips menjaga kesehatan dan pola tidur di bawah ini!

1. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Konsumsi Makanan yang Sehat

Banyak orang yang bekerja di shift malam memiliki kondisi kesehatan yang buruk salah satunya karena pola makan yang tidak sehat. Usahakan memenuhi kebutuhan tubuh akan gii dan nutrisi dengan menghindari makanan cepat saji. Konsumsilah sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin.

Tips Sehat Pekerja Shift Malam

Unsplash/

Sebaiknya kamu juga mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi, seperti sup ayam, krim sup, dan makanan berkuah lainnya. Makanan lainnya yang harus kamu konsumsi adalah makanan dengan lemak dan protein yang sehat, seperti buah alpukat, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan telur.

2. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Batasi Konsumsi Kopi

Punya kebiasaan mengonsumsi kopi di malam hari saat bekerja shift malam? Mengkonsumsi kafein atau kopi memang dapat membantu kamu tetap terjaga saat malam hari. Meskipun demikian sebaiknya batasi konsumsi kopi terutama setelah jam 2 pagi dan menggantinya dengan minum air putih atau jus.

Baca Juga: Suka Tidur Larut Malam? Hati-Hati! Ini Dia 5 Efek Samping Begadang | Jangan Terlalu Sering ya!

3. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Hindari Minum Alkohol

Sulit tidur siang? Alkohol diyakini oleh sebagian besar orang dalam membantu untuk tidur lebih cepat. Namun perlu diketahui bahwa alkohol sangat mempengaruhi keadaan kamu setelah bangun tidur. Oleh karena itu sebaiknya hindari untuk minum alkohol untuk membantu tidur agar tubuh tetap fit setelah bangun tidur dan siap untuk bekerja.

4. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Jangan Makan Terlalu Banyak

Merasa lapar saat bekerja shift malam? Ini umum terjadi karena di malam hari mungkin kamu merasa kedinginan dan merasa sedikit mengantuk sehingga makan menjadi salah satu solusinya. Namun saat kamu terlalu kekenyangan pun hal ini hanya akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu kamu bisa coba menyiapkan camilan besar dan kecil untuk menyeimbangkan kegiatan kamu saat bekerja. Siapkan juga camilan sehat sehingga kamu tidak merasa bersalah saat mengonsumsinya.

5. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Tidur Siang

Tips Sehat Pekerja Shift Malam

Cara Unik Tidur Berkualitas (pixabay.com)

Pastikan setelah pulang bekerja di pagi hari untuk segera mengistirahatkan tubuh. Seringkali cahaya terang dari matahari mengganggu pola tidur kamu yang membuat tubuh sulit untuk terlelap. Berdasarkan informasi dari Medical News Today, untuk menyiasati hal ini kamu bisa coba membuat kamar tidur kamu gelap seperti malam hari. Kondisi kamar tidur yang gelap ini dapat membantu tubuh kamu merasa bahwa kamu sedang tidur di malam hari.

6. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Jauhi TV dan Ponsel

Kerja di shift malam membuat kamu harus tetap terjaga di sepanjang malam. Agar tubuh bugar dan terjauh dari rasa kantuk di malam hari kamu harus memenuhi kebutuhan tidur kamu di siang hari. Jauhkan diri kamu dari bebragai distraksi saat akan tidur siang seperti dengan mematikan TV dan jauhkan ponsel kamu saat ingin tidur. Faktanya, blue screen yang dipancarkan dari TV dan ponsel karena dapat merusak ritme sirkadian atau perputaran waktu 24 jam kamu.

7. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Olahraga

Bekerja shift malam bukan jadi alasan bagi kamu untuk melewatkan waktu untuk berolahraga. Justru karena kamu harus bekerja di malam hari hal ini menuntut kamu untuk membiasakan berolahraga secara rutin membantu tubuh tetap sehat dan fit. Berolahraga tidak selalu harus dilakukan di pagi hari atau setelah kamu bangun tidur. Faktanya kamu bisa melakukannya kapan pun.

8. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Tidur Sebelum Berangkat Kerja

Agar performa kerja kamu maksimal cobalah untuk memenuhi kebutuhan tidur kamu dengan maksimal. Agar mendapatkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup kamu bisa coba tidur 1-2 jam sebelum kamu bekerja sehingga tubuh kamu lebih bugar!

9. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Jangan Takut Untuk Mengatakan Tidak Pada Undangan

@katemangostar via Freepik

Saat bekerja shift malam kamu mungkin cukup sering mendapatkan undangan untuk bertemu dengan keluarga maupun dengan teman-teman. Bekerja shift malam membuat kamu mungkin harus merelakan waktu siang kamu untuk tidur dan memanfaatkan waktu malam untuk bekerja. Hal ini tenunya akan menganggu waktu bersosialisasi kamu pula.

Langsung menyetujui untuk datang ke sebuah acara hanya hanya akan berdampak buruk pada kesehatan kamu. Jangan ragu untuk mengatakan tidak kepada undangan yang mereka berikan kepada kamu agar tubuh kamu tidak mudah terasa lelah.

10. Tips Sehat Pekerja Shift Malam: Berikan Informasi Mengenai Jadwal Kerja

Tips sehat pekerja shift malam yang terakhir adalah dengan memberikan informasi mengenai jadwal kerja kepada keluarga dan teman. Dengan begitu mereka akan mengerti kenapa kamu tidak bisa hadir saat mereka mengadakan acara dan sebagainya. Selain itu mereka jadi bisa mengetahui kapan kamu dapat dihubungi dan tidak. Akhirnya kamu bisa mematikan ponsel kamu saat tidur agar terhindar dari berbagai gangguan yang dapat menurunkan beban stres kamu.

Baca Juga: Coba Cara Menikmati Kopi Berikut Ini, Bikin Panjang Umur!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox kebayoran baru

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles