Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Rumah; 10 Cara Menata Rumah Minimalis agar Tampak Luas

Bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bobobox.co.id — Bagi sebagian orang, berdiam diri tanpa diperbolehkan untuk berjalan-jalan ke luar rumah memang cukup menyebalkan. Pasalnya, selama di rumah, kegiatan yang dilakukan terbilang monoton dan membosankan.

Padahal, ada beberapa kegiatan lainnya yang mungkin bisa dipertimbangkan untuk dilakukan saat berdiam diri di rumah seperti sekarang ini. Salah satunya adalah menata rumah apalagi yang merasa rumah minimalisnya terasa sempit.

Menata rumah memiliki seninya tersendiri. Kamu harus mengetahui beberapa tips rumah untuk bisa mendapatkan tatanan rumah minimalis yang tampak luas dibandingkan kelihatannya sekarang ini.

Nah, di sini, Bob akan berbagi tips rumah mengenai 10 cara menata rumah minimalis yang bisa kamu lakukan agar rumahmu tampak lebih luas dibanding sebelumnya.

Gunakan Warna Cerah

Tips rumah yang pertama adalah gunakanlah warna cerah pada rumah minimalismu. Mau diakui atau tidak, warna memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap sebuah ruangan.

Warna gelap untuk dinding ataupun lantai memberikan kesan yang justru membuat ruangan di rumahmu nampak lebih sempit dibandingkan yang seharusnya.

Oleh karena itu, pemilihan warna cerah menjadi tips rumah yang bisa diaplikasikan. Beberapa warna yang memberi kesan luas di antaranya adalah biru, abu-abu, putih, pastel, dan krem.

https://elements.envato.com/minimalist-white-room-PTGV2MW

Tempatkan Cermin di Tempat Strategis

Tips rumah berikutnya adalah menempatkan cermin di tempat yang strategis. Pemasangan cermin sudah sering diaplikasikan oleh banyak desainer untuk memberikan kesan luas.

Kamu pun bisa melakukan hal tersebut pada rumah minimalismu. Kamu bisa memaksimalkan efek yang diberikan oleh cermin ini. Misalkan saja dengan memasang cermin berlawanan dengan sofa yang kamu miliki.

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, kamu bisa memasang cermin tersebut di dekat jendela. Cermin tersebut nantinya akan merefleksikan cahaya dari luar yang melewati jendela tersebut.

https://elements.envato.com/round-hanging-mirror-on-the-white-wall-above-a-cab-VPHW8QF

Simpanlah Barang yang Tidak Diperlukan

Banyak orang yang memiliki berbagai macam barang di rumahnya. Barang-barang tersebut akhirnya ditempatkan sembarangan karena tidak tahu harus disimpan di mana.

Untuk mendapatkan kesan rumah yang lebih luas, sebaiknya mulailah dari sekarang untuk menyortir barang-barang yang dirasa tidak terlalu kamu butuhkan untuk berada di beberapa ruangan seperti ruang tamu, ruang makan, dan lainnya.

Pilihlah barang-barang berdasarkan fungsi barang tersebut baik secara kegunaan maupun visual. Kamu bisa beberapa majalah sebagai penunjang estetika. Sementara barang sisanya bisa kamu simpan di ruang penyimpanan atau gudang.

https://elements.envato.com/packed-furniture-PSPJ7QD

Manfaatkan Area Dinding

Jika furnitur yang kamu miliki sudah memakan banyak tempat dan dirasa tidak ada ruang yang cukup, tips rumah selanjutnya adalah manfaatkan area dinding untuk menambah kesan luas pada rumahmu.

Salah satu caranya adalah dengan memasang rak layang. Rak layang sendiri bisa kamu dapatkan di berbagai toko perabotan rumah tangga dan toko online di e-commerce yang biasa kamu gunakan.

Dengan memasang rak layang, kamu bisa memindahkan beberapa barang yang kamu simpan di meja untuk disimpan di rak layang tersebut. Akhirnya, kamu bisa menata ulang beberapa barang dan furnitur yang ada dengan situasi yang baru.

https://elements.envato.com/modern-master-bedroom-with-brown-bedroom-and-shelv-BQGNU7K

Menggunakan Furnitur Multifungsi

Menggunakan furnitur multifungsi menjadi salah satu tips rumah yang Bob rekomendasikan. Hal ini akan benar-benar terasa manfaatnya apabila rumah minimalismu memiliki banyak ruangan yang relatif kecil.

Furnitur multifungsi membuatmu untuk tidak menyimpan dua barang sekaligus dalam satu ruangan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ruang lebih untuk barang dan furnitur lainnya.

Furnitur multifungsi yang dipilih sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan pada ruangan di rumah minimalismu. Beberapa furnitur multifungsi sudah banyak tersedia di pasaran.

tips rumah furnitur multifungsi
via desmon.sandy-projekt.org

Gunakan juga Furnitur Besar

Selain menggunakan furnitur multifungsi, tips rumah lainnya adalah menggunakan furnitur dengan ukuran yang relatif besar. Pasalnya, seringkali ada salah kaprah menyoal ukuran furnitur ini.

Beberapa orang cenderung memilih furnitur berukuran kecil namun dengan jumlah yang banyak. Padahal, menggunakan furnitur berukuran besar namun jumlahnya sedikit jauh lebih baik.

Pasalnya, furnitur kecil berjumlah banyak justru akan membuat rumah minimalismu nampak lebih sempit. Berbeda halnya dengan furnitur besar yang memberikan efek yang lega pada rumahmu.

https://elements.envato.com/minimalist-interior-of-modern-living-room-3d-rende-72EHRWG

Meminimalisir Sekat

Menyekat ruangan mungkin akan memberikan fungsi yang jelas pada ruangan di rumah minimalismu. Walaupun begitu, nyatanya sekat menjadikan ruangan justru terasa lebih sempit.

Oleh karena itu, tips rumah berikutnya adalah meminimalisir sekat untuk tiap ruangannya. Ketika kamu menata rumah, biarkanlah ruangan-ruangan yang ada di rumah apa adanya sehingga tampak lebih lapang.

Jika kamu menginginkan untuk adanya pembeda antar ruangannya, kamu bisa menggunakan warna lantai ataupun karpet yang berbeda. Anggap saja kedua hal tersebut menjadi batas tiap ruangannya.

https://elements.envato.com/luxury-living-room-PV64C86

Gunakan Jendela dan Tirai Besar

Penggunaan barang-barang yang besar termasuk salah satu tips rumah agar tampak lebih luas. Selain furnitur, beberapa barang yang perlu dipilih dengan ukurannya yang besar adalah tirai.

Kamu bisa memasang tirai pada jendela untuk memberikan kesan dari yang sebelumnya sempit menjadi luas dan terang. Pasanglah tirai tersebut di area yang tinggi hingga hampir menyentuh langit-langit.

Ruanganmu pun akan terkesan jauh lebih luas karena hal tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jika memungkinkan, buatlah jendelamu dengan ukuran yang besar pula untuk memastikan banyaknya intensitas cahaya matahari.

https://elements.envato.com/3d-rendering-classic-bed-in-classic-bedroom-with-c-WLPDXBJ

Jangan Menempatkan Furnitur Mepet Dinding

Mengeser furnitur ke dinding menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian orang saat menata furnitur. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan ruang yang lebih lapang pada sebuah ruangan.

Namun, siapa sangka jika kebiasaan tersebut tidak sepenuhnya benar. Untuk bisa mendapatkan efek luas, berilah sedikit celah pada furniturnya. Jangan biarkan menempel atau mepet pada dinding.

Geserlah sedikit dari dinding untuk memberi celah antara furnitur dan dinding. Jika nantinya ada bayangan dari sofa, bayangan tersebutlah yang menciptakan ilusi ruangan menjadi lebih luas.

https://elements.envato.com/pastel-curtains-in-living-room-PJVH42X

Gunakan Lantai Berpola Strip

Tips rumah terakhir dari Bob untuk menata rumah minimalis agar tampak lebih luas adalah menggunakan lantai berpola strip. Hal ini memang terinspirasi dari saat kamu mengunakan pakaian berpola strip.

Saat seseorang menggenakan pakaian berpola strip atau garis vertikal, orang tersebut akan terlebih lebih tinggi dan cenderung kurus. Berbeda halnya saat menggunakan pola horizontal yang memberi kesan lebar.

Ilusi mata tersebut pun bisa diterapkan pada rumah minimalismu. Kamu tinggal mengaplikasikan ilusi mata tersebut sesuai dengan kondisi rumahmu apakah lebar atau memanjang untuk mendapatkan efek luas.

via lifewood.com.au

Menginap di Penginapan Minimalis? Datang saja Langsung ke Bobobox

Sedang mencari akomadasi penginapan dengan gaya minimalis? Kamu tidak perlu risau karena Bobobox merupakan akomodasi penginapan yang mengusung konsep futuristik nan minimalis.

Konsepnya yang futuristik dan minimalis membuatmu bisa memanfaatkan berbagai spot di Bobobox untuk berfoto-foto. Bahkan, banyak spot di Bobobox yang instagramable.

Informasi pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.