Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Resolusi Sering Tak Terealisasi? Simak 7 Tips Resolusi Tahun Baru Agar Terwujud Ini

Coba langsung aplikasikan, ya!

Bobobox.co.id — Bergantinya tahun kerap dijadikan sebagai awal perubahan. Resolusi pun dibuat untuk menjalani tahun baru. Namun, banyak yang gagal karena tidak mengetahui tips resolusi tahun baru.

Kegagalan yang banyak dialami orang tersebut biasanya terjadi karena berbagai hal. Salah satu faktor yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah hilangnya motivasi di tengah jalan.

Untuk itu, agar resolusi di tahun 2022 ini terwujud, ada baiknya jika kamu simak 7 tips resolusi tahun baru dari Bob berikut ini.

Tips Resolusi Tahun Baru Agar Terwujud

1. Harus Jelas dan Spesifik

Tips resolusi tahun baru pertama adalah resolusinya sendiri haruslah jelas dan spesifik. Kerap kali banyak orang yang hanya memiliki resolusi yang terlalu umum seperti ingin sukses atau bisa turunkan berat badan.

Untuk itu, mulailah membuat parameter yang jelas dan spesifik. Misalkan saja, dari resolusi turun berat badan tadi, kamu bisa mengubah mindsetmu menjadi ingin menurunkan berat badan pada angka tertentu.

Tips resolusi tahun baru ini bisa diaplikasikan sesuai dengan apa yang kamu inginkan di tahun baru ini. Dengan parameter jelas tersebut, kamu pun tak akan tersesat dan lupa soal apa yang ingin kamu capai.

Satu lagi yang perlu kamu lakukan adalah menuliskan resolusimu. Kamu bisa menuliskannya pada buku atau jika mau, tuliskan pada post it dan templekan di cermin kamar atau tempat yang biasa kamu lihat.

Jelas dan spesifik tips resolusi tahun baru
Jelas dan spesifik via pexels.com/@lilartsy

2. Mulai dari Hal Kecil

Setelah menuliskan resolusimu secara jelas dan spesifik, tips resolusi tahun baru lainnya adalah dengan memulai dari hal kecil. Cara tersebut ditujukan demi menghindarkanmu dari berhenti di tengah jalan.

Terkadang, langsung mengambil langkah besar bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, dengan mengambil langkah yang terlalu besar, kamu pun bisa saja dibuat kewalahan atau bahkan frustasi.

Untuk itu, ada baiknya mulai dari hal kecil. Cobalah untuk membagi target di tahun menjadi target kecil. Lakukan secara bertahap hingga akhirnya untuk mencapainya, hal tersebut pun menjadi sebuah kebiasaan.

Setelah menjadi sebuah kebiasaan, kamu pun bisa lebih mudah untuk mencapai apa yang diinginkan. Kemungkinan tercapainya satu tujuan yang difokuskan bisa semakin besar dari tips resolusi tahun baru ini.

Langkah kecil tips resolusi tahun baru
Langkah kecil via pexels.com/@atomlaborblog

Baca Juga: Ingin Mulai Nge-Gym? Simak Tips Gym Untuk Pemula Berikut Ini!


3. Pasang Target Realistis

Seperti yang disebut sebelumnya, banyak orang yang kerap berhenti di tengah jalan dalam mencapai target mereka di tahun baru. Untuk itu, tips resolusi tahun baru lainnya adalah memasang target realistis.

Di samping memulainya dari hal kecil, ada baiknya untuk memasang target realistis. Kamu tak perlu menetapkan target muluk-muluk yang justru sulit tercapai dan malah membebanimu di sepanjang tahun.

Tips resolusi tahun baru ini pun disarankan oleh ahli saraf kognitif. Beberapa ahli menyatakan bahwa dengan memasang target yang realistis, kecemasan, stres, dan pikiran toxic pun akan berkurang juga.

Untuk itu, ada baiknya jangan terlalu muluk-muluk untuk memasang target. Tulislah target yang memang bisa kamu capai dan kamu bisa menaikkan ke yang lebih tinggi jika target dicapai sebelum yang kamu tetapkan.

Harus realistis tips resolusi tahun baru
Harus realistis via pexels.com/@brettjordan

4. Beritahu Teman atau Keluarga

Dukungan dan semangat bisa membuat semangat semakin membara apalagi dari teman terdekat dan keluarga terkasih. Hal tersebut pun berlaku saat kamu memiliki resolusi yang ingin dicapai di tahun 2022.

Tips resolusi tahun baru lainnya adalah dengan memberitahu teman dan keluarga terdekatmu. Dukungan dari mereka rasanya bakal membuatmu lebih berkomitmen dalam mewujudkan resolusi.

Bahkan, jika memungkinkan, kamu bisa menjalankan resolusi bersama teman atau keluarga yang mempunyai resolusi sama. Dengan begitu, kamu bisa saling mengingatkan dan saling mendukung satu sama lain.

Support system yang solid ini tentu dapat membantu agar kamu tetap termotivasi. Tak hanya itu, tips resolusi tahun baru ini pun bakal membuatmu lebih bertanggung jawab lagi dalam menjalankan sesuatu.

Beritahu teman atau keluarga tips resolusi tahun baru
Beritahu teman atau keluarga via pexels.com/@linkedin

Baca Juga: Alami Stres Berat? Lakukan Tips Menurunkan Stres dari Bob Berikut Ini


5. Periksa Resolusi Secara Berkala

Agar motivasi serta tanggung jawab terhadap resolusi tetap terjaga, ada baiknya mulailah mengaplikasikan tips resolusi tahun baru ini. Tips yang dimaksud adalah mengecek resolusi secara berkala.

Pastikan kembali resolusi yang sudah ditetapkan misalkan setiap minggu, dua minggu sekali, atau sebulan sekali. Saat inilah, kamu bisa mulai mengukur sejauh mana progres yang sudah kamu jalani.

Jika dirasa terlalu berat untuk dicapai, bisa jadi resolusi awalmu terkesan kurang realistis. Dibanding tetap bertahan dengan resolusi tersebut, ada baiknya jika kamu mengevaluasi resolusi tersebut.

Berbeda halnya jika sesuai dengan yang kamu rencanakan. Jika progresmu masih on track, kamu bisa melakukan tips resolusi tahun baru ini tanpa harus mengubah apa yang sudah kamu lakukan.

Cek secara berkala tips resolusi tahun baru
Cek secara berkala via pexels.com/@tara-winstead

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Kulkas. Jamur dan Karat Dijamin Hilang!


6. Rayakan Kesuksesan Kecil

Fokus pada hasil akhir bisa membuatmu merasa malas untuk melanjutkan dalam mencapai resolusi. Oleh karena itu, penting untuk menyadari bahwa menghadiahi diri sendiri adalah hal yang baik dilakukan.

Sekecil apapun kesuksesan dalam proses mencapai resolusi harus diapresiasi. Tips resolusi tahun baru ini dapat memberi pengaruh yang baik dalam perkembangan resolusi yang sudah kamu tuliskan.

Pengaruh baik dalam merayakan kesuksesan kecil ini dapat menjadi penyemangat dan membuatmu tetap fokus mewujudkan resolusi. Walaupun, ada hal yang perlu diperhatikan baik-baik.

Hal yang perlu diperhatikan dari tips resolusi tahun baru ini adalah untuk tidak terlalu sering merayakan kesuksesan. Hal yang mungkin saja terjadi justru membuatmu tak fokus dalam mencapai yang kamu inginkan.

Rayakan kesuksesan kecil tips resolusi tahun baru
Rayakan kesuksesan kecil via pexels.com/@sebastian

7. Tak Takut Gagal

Tips resolusi tahun baru terakhir adalah untuk jangan langsung patah semangat dan takut gagal. Pasalnya, meraih apa yang kamu inginkan selama ini tentu membutuhkan perjuangan yang tak kenal lelah.

Terlalu takut gagal sendiri bisa menyebabkan resolusi yang sudah kamu canangkan tidak tercapai. Adanya beban yang mungkin seharusnya tidak ada yang bisa saja menjadi penyebab dari terlalu takut gagal.

Mulailah untuk berpikir bahwa semua yang ingin kamu capai perlu proses panjang. Pasti ada kendala yang kamu hadapi saat mencoba untuk mencapai apa yang kamu inginkan seperti mimpi dan resolusi.

Untuk itu, jangan menyalahkan dirimu jika kamu melakukan kesalahan dan meratapinya terlalu dalam. Jangan sampai satu kesalahan kecil justru merusak apa yang telah kamu lakukan selama ini.

Tak takut gagal tips resolusi tahun baru
Tak takut gagal via pexels.com/@olly

***

Itulah tadi 7 tips resolusi tahun baru agar resolusimu tidak berakhir sia-sia seperti halnya tahun-tahun sebelumnya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Jadikan Staycation di Bobobox sebagai Salah Satu Resolusimu!

Belum pernah staycation? Bingung untuk pilih tempat menginapnya? Tak usah ragu untuk memilih Bobobox. Malahan, kamu bisa menjadikan staycation di Bobobox ini sebagai salah satu resolusimu tahun ini!

Fasilitas futuristik bakal memanjakan dan membuat momen tahun baru rasanya bakal semakin mengasyikkan.

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

promo bobobox

You might also like