Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Biar Hubungan Semakin Erat, Coba 7 Tips Quality Time Keluarga Ini

Seru dan juga menyenangkan!

Bobobox.co.id — Kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat waktu bersama semakin terbatas. Ada kalanya, kamu ingin menghabiskan satu waktu tertentu bersama dengan semua anggota keluarga.

Namun, banyak keluarga yang mungkin belum mengetahui kegiatan apa saja yang menarik untuk dilakukan. Nah, Bob sendiri di sini sudah memiliki tujuh tips quality time keluarga yang tak salah untuk kamu coba.

Apa sajakah kegiatan yang masuk tips quality time keluarga dari Bob kali ini? Simak ketujuh tipsnya di bawah ini, ya!

Berikut adalah Tips Quality Time Keluarga

1. Memasak dan Makan Bersama

Tips quality time keluarga pertama adalah memasak dan juga makan bersama. Memasak bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga khususnya di akhir pekan.

Kamu bisa merencanakan terlebih dahulu menu apa yang akan kalian masak bersama. Menu yang dipilih pun tak perlu makanan yang sulit dibuat. Cukup menu makanan sederhana namun dengan gizi yang seimbang.

Setelah memasak, tips quality time keluarga ini tak hanya berhenti sampa di situ saja. Alangkah baiknya jika kamu melanjutkan kembali momen menyenangkan bersama keluarga dengan makan bersama menu yang dimasak.

Setelah berada di meja makan, kamu bisa menikmati momen makan bersamanya. Bahkan, tak hanya itu, kamu pun bisa saling berbagi pikiran dan perasaan serta juga menghabiskan waktu berkualitas dengan orang tersayang.

Memasak dan makan bersama tips quality time keluarga
Memasak dan makan bersama via Getty Images/iStockphoto

2. Olahraga Bersama

Tips quality time keluarga selanjutnya adalah melakukan olahraga bersama. Sering kali, melakukan olahraga sendirian amat membosankan. Nah, dengan melakukannya bersama keluarga, kesenangan bisa kamu dapat.

Dengan melakukan tips quality time keluarga ini, kamu bisa mengajarkan sang buah hati untuk mulai berolahraga. Sebab, olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan agar tubuh anggota keluarga tetap bugar.

Soal olahraga yang dilakukan, banyak pilihan olahraga yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih olahraga yang tak membutuhkan peralatan tambahan seperti lari, renang, jogging, senam, ataupun yoga.

Permainan olahraga pun bisa memberikan kesenangan yang serupa. Bahkan, dengan melakukan olahraga macam bulutangkis, basket, sepak bola, dan lainnya, mungkin saja bakat sang anak bisa terlihat.

Olahraga bersama tips quality time keluarga
Olahraga bersama via kzenon/123rf

Baca Juga: 7 Tanda Pertemanan Sehat Versi Bob


3. Berkebun Bersama

Memiliki lahan di rumah yang belum terurus dengan baik? Mungkin hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Caranya adalah dengan mengajak anggota keluarga berkebun bersama.

Tips quality time keluarga ini sendiri terbilang sedang naik daun sekarang ini. Pandemi covid-19 yang membuat banyak orang berdiam diri di rumah. Berkebun adalah aktivitas yang mudah dilakukan selama di rumah.

Untuk tips quality time keluarga ini, kamu bisa memulainya dengan menyiapkan lahan atau pot untuk tanaman. Setelah itu, pilihlah tanaman hias maupun bibit sayur atau buah yang memang ingin kamu tanam di lahan kosong.

Tak lupa juga untuk menyiapkan peralatan pendukung untuk sang buah hati. Setelah itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan seperti dengan mencuci tangan atau mandi untuk membersihkan tanah yang menempel.

Berkebun bersama tips quality time keluarga
Berkebun bersama via Getty / Halfpoint Images

4. Melakukan Permainan

Jika kamu tak terlalu suka untuk berkotor-kotoran, memainan permainan bersama adalah tips quality time keluarga yang asyik dilakukan. Banyak sekali opsi permainan yang bisa dimainkan selama berada di rumah.

Board game macam monopoli bisa memberikan pelajaran untuk menganalisis dengan cermat. Tak hanya monopoli, scrabble merupakan permainan yang asyik dan menyenangkan sekaligus mencerdaskan.

Bermain video game di konsol atau PC pun tidak akan jadi masalah kok. Pasalnya, untuk saat ini, kamu mengawasi game apa yang akan dimainkan dan apakah kontennya sesuai dengan anak seusia mereka.

Kegiatan-kegiatan tersebut tak hanya mengundang tawa dan rasa senang saat memainkannya bersama. Tips quality time keluarga ini memungkinkan hubungan antar anggota keluarga semakin dekat dan cair.

Melakukan permainan tips quality time keluarga
Melakukan permainan via Monkey Business/Adobe Stock

Baca Juga: 7 Sikap Baik Dalam Hidup Yang Dianggap Remeh Tetapi Akan Sangat Membantumu Di Perjalanan Hidupmu!


5. Bikin Video Hiburan

Popularitas Tiktok sudah tak perlu diragukan lagi. Salah satu media sosial ini melejit dengan berbagai video yang tak hanya edukatif tetapi juga video-video yang mampu membuatmu tertawa terbahak-bahak dibuatnya.

Nah, kepopuleran Tiktok bisa kamu manfaat sebagai salah satu tips quality time keluarga yang bakal mempererat hubunganmu dengan sang buah hati. Caranya adalah dengan membuat video di Tiktok.

Kamu bisa memulainya dengan video-video tantangan yang biasanya jadi trending. Di samping itu, masih banyak lagi video-video menarik yang bisa kamu tiru dan lakukan bersama semua anggota keluarga.

Misalkan saja, kamu bisa membuat video joget. Selain nantinya dapat melatihan kekompakan dari antar anggota keluarga, tips quality time keluarga ini bisa mengembangkan bakat menari ataupun video editing anak.

Bikin video hiburan tips quality time keluarga
Bikin video hiburan via rame Stock Footage/Shutterstock

6. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan ruangan dan alat makan mungkin terdengar tidak menyenangkan. Namun, hal tersebut bakal terjadi jika kamu melakukannya seorang diri tanpa adanya bantuan.

Membersihkan rumah bakal terasa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Cara memulai tips quality time keluarga ini adalah dengan menentukan satu hari di mana tidak ada yang boleh untuk keluar rumah dulu.

Setelah itu, mulailah untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Selingi momen tips quality time keluarga ini dengan bercengkrama. Jika tidak, kamu bisa menyetel musik dengan playlist bergantian tiap anggota keluarga.

Pada awalnya, kegiatan ini mungkin terkesan seperti paksaan. Namun, setelah kegiatannya jadi menyenangkan, mood mengerjakan pekerjaan rumah bakal jauh lebih menyenangkan lagi.

Mengerjakan pkerjaan rumah tips quality time keluarga
Mengerjakan pkerjaan rumah via Iakov Filimonov / Alamy Stock Photo

Baca Juga: Cara Mengendalikan Emosi A La Filosofi Teras Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri


7. Menonton Film Tema Keluarga

Tips quality time keluarga terakhir adalah menonton film bersama. Untuk saat ini, tips quality time ini hanya bisa dilakukan di rumah mengingat hampir sebagian bioskop belum beroperasi seperti sedia kala akibat PPKM.

Namun, hal tersebut tak mengurangi keseruan yang didapat dari aktivitas bersama keluarga ini. Banyak pilihan film bertema keluarga yang bisa menjadi pilihan tontonan karena cocok untuk segala usia.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, alangkah baiknya kamu dan pasanganmu untuk menyortir pilihan film. Khususnya film baru rilis, kamu tak mengetahui isi dari film tersebut secara keseluruhan.

Bisa saja, konten yang disajikan tak sesuai untuk anak. Setelah pmendapatkan film yang cocok, siapkan tempat nonton yang nyaman dan siapkan juga popcorn agar momen menonton bersama keluarga jadi lebih sempurna.

Nonton film bersama tips quality time keluarga
Nonton film bersama via Monkey Business/Envato

Menginap dengan Nyaman Bersama Anak di Bobobox

Mencari penginapan yang child-friendly bisa dibilang gampang-gampang susah. Masih jarang penginapan yang tak hanya cocok untuk sang orang tua tetapi juga nyaman dan aman untuk istirahat sang buah hati.

Jika kamu masih kebingungan, kamu bisa menginap di Bobobox sebagai tempat menginap. Fasilitas mumpuni yang ditawarkan bakal memberikan rasa nyaman bagi kamu dan juga si kecil untuk beristirahat.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

hotel kapsul untuk keluarga

You might also like