Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Produktif WFH Berikut ini Dijamin Bikin Kamu Semangat Terus!

Bekerja fokus kini mudah dilakukan dengan mengikuti tips produktif WFH berikut!

Tips produktif WFH ala Bob ini dijamin akan membantu kamu lebih semangat bekerja sekaligus lebih fokus. Seperti yang kita ketahui bersama beberapa perusahaan, instansi, dan juga sekolah menerapkan kebijakan WFH (work from home) atau bekerja dari rumah. Kebijakan ini diterapkan sehubungan dengan merebaknya wabah infeksi virus corona di hampir semua wilayah di Indonesia termasuk juga dunia.

Presiden Joko Widodo menganjurkan kebijakan work from home diterapkan oleh perusaahaan juga instansi untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona. Banyak orang yang menanggapi kabar baik dengan senang hai karena mereka tidak perlu khawatir terpapar virus coron saat berada di ruang publik. Namun tidak sedikit juga orang yang khawatir dapat bekerja dengan fokus dan produktif saat melakukan WFH. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Bob akan memberikan beberapa tips produktif WFH seperti berikut ini!

WFH Jadi Seru dengan Dekorasi Meja Kerja yang Aesthetic Banget
Ilustrasi Meja Kerja Aesthetic / Foto oleh Arnel Hasanovic dari Unsplash

Tips Produktif WFH: Siapkan Alat Kerja yang Dibutuhkan

Tips prouktif WFH yang pertama adalah dengan mempersiapkan segala kebutuhan penunjang pekerjaan kamu sebelum mulai bekerja. Dengan menyiapkan semua hal yang kamu perlukan untuk berkerja dengan baik maka kamu akan lebih mudah fokus dan lebih produktif bekerja. Pastikan segala hal yang kamu perlukan untuk bekerja berada dekat dengan kamu sehingga kamu dapat bekerja dengan efisien dan efektif.

Bberapa alat kerja yang perlu kamu persiapkan diantaranya seperti laptop ata komputer pribadi, mouse, keyboard, modem atau akses internet, meja kerja, kursi meja, alat tulis, dan lain sebagainya. Beberapa alat tersebut mungkin tidak kamu miliki di rumah karena biasanya kamu hanya memanfaatkan fasilitas kantor untuk bekerja. Oleh karena itu kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli beberapa alat yang kamu butuhkan.

Kamu juga bisa mencoba meminjam beberapa alat kerja yang tidak kamu miliki kepada keluarga atau kerbat lainnya. Jika memungkinan kamu bisa mencoba untuk meminta izin kepada pihak tempat kamu bekerja untuk meminjam beberapa alat kerja di kantor. Pastikan kamu mengunakan alat kerja yang kamu pinjam dengan bijaksana dan dirawat dengan baik. Dengan melakukan tips produktif WFH ini kamu pasti akan lebih mudah bekerja dengan fokus!

Tips Produktif WFH: Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Selain menyiapkan semua alat-alat penunjang pekerjaan kamu pun harus mengikuti tips produktif WFH yang satu ini. Menyiapkan ruang bekerja yang nyaman menjadi salah satu tips produktif WFH agar kamu mudah fokus tanpa merasa stres saat bekerja. Kenali karakteristik dan kenyamanan kamu saat bekerja, apakah kamu lebih menyukai bekerja di atas meja dengan kursi atau bekerja lesehan?

Kamu juga bisa coba mengeksplor beberapa tempat bekerja di rumah mulai dari ruang keluarga, ruang tamu, taman, kamar, atau bahkan dapur jika memang dirasa nyaman. Ruang kerja yang nyaman menjadi tips produktif WFH dan salah satu faktor penunjang kelancaran work from home.

Tips Produktif WFH: Tentukan Jam Kerja

Tips produktif WFH selanjutnya adalah dengan menentukan jam kerja kamu dengan baik. Beberapa perusahaan atau instansi masih tetap menerapkan jam kerja kantor seperti biasanya meskipun karyawannya bekerja dengan rumah. Jika benar demikian maka kamu harus mempersiapkan diri untuk siap bekerja setidaknya satu jam sebelum kamu mulai bekerja. Tentukan jadwal bekerja kamu dan jadwal kegiatan diluar bekerja kamu dengan baik agar tidak ada yang keteteran.

Tips produktif WFH ini pun berlaku bagi kamu yang memiliki jadwal bekerja yang fleksibel. Kamu harus benar-benar membuat jadwal kerja kamu dengan baik agar target harian pekerjaan kamu daoat tecapai. Dengan memiliki jam kerja yang fleksibel kamu memang lebih mudah untuk dapat melakukan aktivitas lain di luar pekerjaan saat bekerja. Namun hal ini akan membuat kamu mudah terdistraksi sehingga sulit untuk fokus.

Pastikan kamu pun istirahat dengan cukup. Jangan sampai kamu harus bekerja seharian hingga begadang karena jadwal kamu bekerja yang berantakan. Bagi kamu yang fleksibel menentukan waktu bekerja, pilihlah waktu bekerja yang membuat kamu lebih mudah fokus dan hindari bekerja di waktu yang membuat kamu cenderung mengantuk juga tidak fokus saat bekerja.

Tips Produktif WFH: Komunikasi dengan Penghuni Rumah

Tips produktif WFH berikut ini akan sangat membantu terutama bagi kamu yang tinggal bersama keluarga atau kerabat lainnya di tempat yang sama. Tinggal bersama keluarga atau kerabat memang menyenangkan, namun terkadang membuat kamu sulit untuk fokus bekerja terlebih jika ada anak kecil ataupun bayi. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa seiring bertambahnya usia maka rentang perhatian manusia semakin menipis.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk memberi pengertian kepada keluarga atau kerabat kamu bahwa kamu membutuhkan waktu dan ruang sendiri untuk dapat fokus bekerja. Tips produktif WFH ini hanya memerlukan komunikasi yang baik kepada sekitar kamu dengan sabar dan penuh empati. Hal ini akan membuat orang-orang disekeliling kamu dapat memahami sudut pandang kamu.

tips produktif wfh

Tips Produktif WFH: Hindari Distraksi

Selain menyiapkan ruang kerja yang nyaman penting juga bagi kamu menerapkan tips produktif WFH yang satu ini. Buatlah ruang kerja senyaman mungkin dan hindari meletakan benda-benda yang bisa membuat kamu mudah terdistraksi saat bekerja seperti TV atau bahkan tempat tidur. Distraksi menjadi salah satu kesulitan para pekerja saat melakukan work from home. Saat kamu bekerja di rumah bisa saja kamu terdistraksi untuk malah membuka social media seingga fokus kamu teralihkan.

Jika sudah begini, cukup sulit bagi kamu untuk mengembalikan fokus untuk bekerja. Tips produktif WFH tanpa terdistraksi adalah dengan mencoba membatasi akses ke situs-situs yang seringkali kamu buka seperti Facebook, Instagram, atau Youtube. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu kamu menentukan situs apa saja yang ingin kamu blokir sementara serta durasi blokirnya.

Tips Produktif WFH: Kerja Sambil Staycation di Bobobox!

Bagi kamu yang ingin bekerja dengan suasana baru untuk mengubah mood kamu menjadi lebih semangat kamu bisa coba tips produktif WFH dengan bekerja di Bobobox! Hotel kapsul Bobobox menyediakan berbagai fasilitas yang bisa membuatmu nyaman bekerja sambil staycation.

Jaringan internet yang stabil dengan suasana kamar yang bersih dan nyaman bisa membuatmu betah di pod Bobobox. Selain itu, kamu bisa menghubungkan audio di smartphone-mu dengan audio di dalam pod menggunakan Bluetooth. Kamu juga bisa mengatur lampu LED sesuai dengan warna yang kamu mau.

Pesan kamar sekarang lewat aplikasi atau website Bobobox, kemudian lakukan pembayaran otomatis, dan dapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Sistem conctactless ini juga sangat aman, terutama saat adaptasi kebiasaan baru. Jadi, tunggu apa lagi, yuk, coba work from Bobobox! Semoga tips produktif WFH ini membantu kamu ya!

You might also like