Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Punya Kulit Gampang Bermasalah? Ikuti 7 Tips Perawatan Kulit Sensitif Ini!

Tips perawatan kulit sensitif supays kulitmu nggak terlalu sensian!

Kalian para pemilik kulit sensitif pasti nggak asing dengan struggle yang harus dialami sehari-hari. Jenis kulit yang satu ini memang membutuhkan TLC yang lebih spesial. Kena udara dingin sedikit, bermasalah. Kena panas sedikit, merah-merah. Kena polusi sedikit, gatal-gatal dan jerawatan. Salah pakai produk, kena iritasi. Aduh! Bikin stres deh pokoknya!

Mungkin beberapa dari kalian belum tahu beberapa ciri kulit sensitif. Dilansir dari Hello Sehat, ciri-ciri kulit sensitif mencakup mudahnya terkena iritasi atau jerawat, serta reaksi yang cepat terhadap beragam produk. Kamu yang punya kulit sensitif juga lebih rentan mengalami luka bakar akibat paparan sinar matahari. Kulitmu juga mudah terasa gatal, kering, atau bahkan terkelupas. Kalau kamu banyak check ciri-ciri di atas, kemungkinan kamu punya kulit sensitif.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Andrea Piacquadio via Pexels

Baca Juga: Skincare Baru Malah Bikin Jerawatan? Kenali Perbedaan Breakout dan Purging Demi Kulit yang Selalu Glowing!


Merawat kulit sensitif mungkin terkesan rumit. Memang sih perawatannya gampang-gampang sulit. Tapi jangan khawatir! Bob punya 7 tips perawatan kulit sensitif yang kamu bisa coba untuk memanjakan kulitmu. Namun, sebelum Bob bahas tips perawatan kulit sensitif, ada baiknya kamu kenali dulu beberapa pemicu masalah pada kulit sensitif!

Penyebab Kulit Sensitif

Setiap orang punya sensitivitas kulit yang berbeda. Selain itu, reaksi kulit terhadap faktor pemicu masalah pun beragam. Nah, Alodokter menyebutkan beberapa faktor yang berpotensi memicu masalah atau reaksi negatif pada kulit sensitif. Faktor eksternal seperti polusi, debu, serta cahaya matahari bisa menyebabkan reaksi pada kulitmu. Paparan terhadap suhu panas atau dingin pun bisa bikin kulit sensitifmu “ngambek”.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Ekaterina Bolovtsova via Pexels

Faktor kebiasaan atau gaya hidup juga memegang peran penting. Terlalu sering gonta-ganti produk skincare atau make-up bisa membuat kulitmu makin sensitif. Tingkat stres yang tinggi pun dapat memicu masalah pada kulit. Selain itu, kulit sensitif juga bisa disebabkan oleh masalah kulit yang sudah ada, seperti dermatitis kontak atau eksim. Kalau orang tua atau kakek nenekmu ada yang punya kulit sensitif, kamu pun berisiko punya kulit sensitif.

Cara termudah mencegah reaksi atau masalah pada kulit sensitif adalah menghindari pemicu masalah. Kamu bisa mengurangi paparan terhadap polusi, debu, dan sinar matahari. Yang jelas, selalu pakai sunscreen, ya! Jangan terlalu sering gonta-ganti produk skincare atau make-up. Kendalikan juga tingkat stres agar tubuh dan pikiranmu lebih segar dan sehat.


Baca Juga: 8 Starter Pack Anti Stress Berikut Ini Bantu Pikiranmu Lebih Tenang


Tips Perawatan Kulit Sensitif

Buat membantu kamu, Bob akan bagikan beberapa tips merawat dan memanjakan kulit sensitif. Dengan perawatan yang tepat, kulit kamu jadi nggak gampang sensian deh! Yuk simak apa aja tipsnya!

1. Selalu Gunakan Sunscreen

Tips perawatan kulit sensitif yang satu ini sebetulnya berlaku untuk semua jenis kulit. Mau pria atau wanita, jangan lupa gunakan sunscreen atau tabir surya untuk melindungi kulitmu. Bahaya paparan cahaya ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet (B) terhadap kulit nggak perlu dipertanyakan lagi. Nggak hanya membakar kulit, paparan kedua cahaya tersebut juga bisa memicu kanker kulit!

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Armin Rimoldi via Pexels

Selalu pakai sunscreen, bahkan saat kamu berada di dalam ruangan. Dilansir dari SehatQ, ada baiknya kamu memilih sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk mendapatkan perlindungan yang lebih baik. Pilih juga sunscreen yang menawarkan proteksi spektrum luas (UVA dan UVB). Untuk kulit sensitif, hindari sunscreen yang mengandung parfum, oxybenzone, dan paraben.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Asam lemak omega-3 biasanya berkaitan dengan minyak ikan dan produk-produk pertumbuhan anak. Namun, zat ini juga bagus untuk kulitmu, lho! Sebagai tips perawatan kulit sensitif yang berikutnya, coba konsumsi bahan makanan yang mengandung omega-3. Selain minyak ikan, kacang kenari, makarel, salmon, dan kacang-kacangan merupakan sumber omega-3 yang baik.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Ruslan Khmelevsky via Pexels

Ada banyak manfaat asam lemak omega-3 yang kamu perlu ketahui. Dilansir dari Aveeno, zat ini dapat mengatur produksi minyak pada kulit dan menyeimbangkan hidrasi kulit. Omega-3 juga bisa mengurangi kemunculan jerawat dan mencegah tanda-tanda penuaan. Bahkan, zat ini bisa meningkatkan imunitas kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV dan kanker kulit!


Baca Juga: Hati-hati Memilih Makanan! Ini Dia Jenis-Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Kulitmu


3. Kurangi Frekuensi Mencuci Wajah

Membersihkan kulit wajah tentunya penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Namun, semua yang berlebihan itu nggak baik, termasuk mencuci muka. Terutama untuk kulit sensitif, mencuci muka terlalu sering justru bisa memicu beragam masalah kulit. Oleh karena itu, tips perawatan kulit sensitif yang berikutnya adalah mengurangi frekuensi mencuci wajah.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Ron Lach via Pexels

Menurut Healthline, kulit sensitif atau kering bisa mengalami iritasi jika kamu mencuci wajah dua kali sehari. Jadi, kalian para pemilik kulit sensitif disarankan mencuci wajah satu kali sehari di malam hari. Gunakan sabun pencuci wajah yang gentle. Pilih juga produk yang menghidrasi kulit. Di pagi hari, cukup bilas wajahmu dengan air hangat. Ingat! Air hangat, ya, bukan panas!

4. Hindari Produk yang Mengandung Iritan

Tips perawatan kulit sensitif yang satu ini sering kali terabaikan. Untuk merawat dan memanjakan kulit, kita tentunya akan menggunakan produk skincare. Namun, produk yang salah justru bisa jadi bumerang buat kulitmu. Pasalnya, beberapa produk mengandung bahan yang justru memicu iritasi pada kulit sensitif. Ingin kulit cerah, jadinya malah merah-merah.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Ron Lach via Pexels

Kalian para pemilik kulit sensitif harus waspada terhadap beberapa bahan. Dilansir dari Epiphany Dermatology, ada beberapa iritan yang perlu dihindari seperti sulfat, AHA, asam glikolat, dan alkohol. Produk yang mengandung asam laktat, benzoil peroksida, dan parfum juga harus dihapus dari wishlist kamu. Jadi, pastikan kamu membaca daftar bahan produk dengan saksama, ya!


Baca Juga: Wajah Iritasi Karena Skincare Yang Salah? Ini Dia 5 Cara Menanganinya


5. Jauhkan Tangan dari Wajah

Siapa yang tangannya masih sering pegang-pegang wajah? Tips perawatan kulit sensitif yang satu ini harus kamu ingat. Pasalnya, kebiasaan memegang atau menggaruk kulit bisa memicu iritasi. Apalagi kalau kamu belum cuci tangan. Duh! Bakteri dan kotoran dari tangan bisa berpindah ke wajah dan memicu iritasi atau masalah kulit lainnya!

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Ekaterina Bolovtsova via Pexels

Di masa pandemi seperti sekarang, kebiasaan ini juga bisa membahayakan kesehatanmu. Kalau kamu sering memegang wajah, apalagi di daerah mulut atau mata, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan itu, deh. Kamu nggak pernah tahu bakteri, kuman, atau virus yang menempel di tanganmu. Jangan sampai deh virus atau kuman masuk ke tubuh lewat mulut atau mata kamu!

6. Batasi Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas memang nikmat! Tubuh yang pegal bisa terasa lebih rileks, apalagi kalau kamu berendam di air panas. Ditambah essential oil atau garam aromaterapi kesukaanmu. Duh! Badan akan makin rileks dan segar! Sayangnya, kebiasaan mandi atau berendam dengan air panas perlu kamu hindari. Pasalnya, air panas ternyata salah satu musuh terbesar kulit sensitif!

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Monstera via Pexels

Dilansir dari WebMD, air panas dapat mengangkat minyak alami dan kelembapan dari kulit. Kalau kamu ingin mandi atau berendam dengan air panas, pastikan suhunya tidak terlalu panas. Kamu juga perlu mengontrol durasi mandimu karena makin lama kulit terkena air, makin banyak minyak alami yang terangkat. Jangan lupa gunakan moisturizer setelah mandi, ya!


Baca Juga: WFH Jadi Bikin Malas Mandi? Hati-Hati, Ini Dia 5 Efek Jarang Mandi!


7. Hindari Terlalu Sering Mengganti Produk Skincare atau Make-Up

Produk skincare dan make-up baru bermunculan dan saling bersaing di pasaran. Kemunculan produk-produk ini bisa bikin kamu penasaran dan geregetan ingin coba, terutama kalau kamu senang me-review produk. Apalagi, banyak tersedia produk untuk kulit sensitif. Namun, kalau kulitmu sensitif, kebiasaan gonta-ganti produk skincare dan make-up ternyata berakibat buruk.

tips perawatan kulit sensitif
Credit: Sarah Chai via Pexels

Tips perawatan kulit sensitif yang terakhir adalah tidak terlalu sering mengganti produk skincare dan make-up. Tahan diri untuk nggak langsung checkout produk skincare dan make-up terbaru! Dilansir dari The Body Shop, kebiasaan berganti-ganti produk berisiko merusak perlindungan kulit, dan bukan meningkatkannya. Jadi, usahakan kamu nggak sering ganti-ganti produk, ya!

Itulah tips perawatan kulit sensitif untuk merawat dan memanjakan kulitmu! Gimana? Sudah siap kasih TLC spesial untuk tubuhmu? Dengan perawatan yang tepat, kulitmu nggak akan mudah rewel. Selain itu, kulit juga bisa jadi lebih glowing, sehat, dan awet muda! Nah, merawat kulit sudah. Sekarang tinggal memanjakan pikiran kamu. Segarkan lagi pikiran yang penat dengan staycation di Bobobox!

Staycation di Bobobox Bikin Pikiran Fresh!

Di Bobobox, step up your staycation game dengan menginap di pod berdesain futuristik dengan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi ponsel! Fasilitas penunjang seperti pantry, communal space, shared bathroom, dan musala pun tersedia untuk mendukung kebutuhanmu. Apalagi, Bobobox juga menyediakan koneksi WiFi yang mumpuni, baik untuk kerja maupun streaming film kesukaanmu!

Download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu sekarang. Dapatkan beragam promosi menarik yang tentunya sayang kalau terlewatkan. Metode pembayaran yang variatif juga akan memudahkan transaksi kamu! Aplikasi ini tersedia gratis untuk platform iOS dan Android. Ayo download aplikasinya sekarang!

You might also like