Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Peminjaman Online Aman yang Perlu Kamu Ketahui

Tips peminjaman online ini wajib kamu ketahui agar tidak rugi!

Tips peminjaman online aman berikut ini akan mengupas tuntas hal-hal penting yang perlu kamu pertimbangkan saat memutuskan akan meminjam uang secara online. Seperti yang kamu ketahui, di era serba digital ini berbagi aspek dalam hidup kita mengalami banyak perubahan. Semua aktivitas sehari-hari terasa menjad lebih mudah dan cepat tak terkecuali urusan peminjaman uang.

Meskipun kini meminjam uang terasa lebih mudah dengan adanya fitur transaksi lewat online, kamu tetap harus waspada dan berhati-hati. Pasalnya saat ini sangat mudah ditemukan aplikasi pinjaman uang online ilegal yang banyak merugikan nasabah. Agar tidak salah mengambil langkah saat akan meminjam online, simak beberapa tips peminjaman online aman yang wajib kamu ketahu berikut ini.

1. Tips Peminjaman Online Aman: Pilih Aplikasi Pinjaman Online yang Sudah Terdaftar OJK

Tips peminjaman online aman yang pertama adalah melakukan proses seleksi dengan memilih aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar oleh OJK. OJK adalah Otoritas Jasa Keuangan yang biasanya mengawasi berbagai pelayanan jasa keuangan tak terkecuali aplikasi peminjaman online. Pastikan bahwa aplikasi peminjaman online yang kamu pilih resmi terdaftar di OJK dan taat menjalankan peraturan yang berlaku.

2. Tips Peminjaman Online Aman: Pastikan Bunga Pinjaman Transparan

Tips peminjaman online aman selanjutnya adalah memastikan bahwa bunga pinjaman online yang ditawarkan oleh aplikasi pilihan kamu transparan. Saat kamu akan meminjam uang secara online kamu wajib untuk memeriksa besaran bunga yang ditetapkan.

Jika aplikasi online yang kamu pilih menetapkan bunga sebesar 1% per hari atau 30% per bulan maka sangat disaranan untuk kamu tidak memilih pinjaman online tersebut. Merujuk dengan ketentuan yang ditetapkan oleh OJK, perusahaan fintech tidak boleh menetapkan bunga lebih dari 0.8% per hari.

3. Tips Peminjaman Online Aman: Pahami Biaya Pinjaman Lain

Tips peminjaman online aman berikutnya adalah mematikan bahwa kamu memahami semua hal mengenai pinjaman online. Cobalah lakukan perbandingan dengan pinjaman online lainnya sebelum kamu memilih salah satu aplikasi peminjaman online. Selain harus membayar bunga pinjaman, nasabah biasanya juga harus membayar biaya lainnya.

Kebijakan penetapan biaya ini biasanya berbeda-beda untuk setiap fintech sehingga kamu dituntut untuk melakukan analisa yang cermat. Biaya diluar biaya bunga pinjaman ini di antaranya adalah biaya administrasi dan biaya denda keterlambatan. Tips peminjaman online aman ini penting untuk kamu ketahui sebelum mengajukan pinjaman.

4. Tips Peminjaman Online Aman: Baca Kebijakan Privasi

Tak kalah penting dengan tips peminjaman online di atas, tips peminjaman online yang satu ini juga penting untuk kamu perhatikan. Saat kamu mengajukan pinjaman jangan sampai kamu melewatkan bagian dokumen kebijakan privasi. Biasanya banyak orang malas membaca dokumen ini padahal data privasi kamu sangatlah penting. Dengan membaca dan memahami kebijakan privasi aplikasi peminjaman online pilihan kamu, kamu bisa menghindari risiko penyalahggunaan data.

5. Tips Peminjaman Online Aman: Memiliki Layanan Konsumen

Saat akan melakukan peminjaman online, tips peminjaman online aman yang perlu kamu lakukan adalah memastikan adanya fitur layanan konsumen. Saat sebuah perusahaan pinjaman online menyediakan fitur layanan konsumen maka kamu dan nasabah lainnya dapat dengan mudah melakukan pengaduan ataupun komplen saat kamu menemukan masalah. Hindari memilih aplikasi peminjaman online yang tidak memberikan informasi terkait nomor telepon, alamat kantor, email, ataupun sosial media untuk nasabah menyampaikan pengaduan.

6. Tips Peminjaman Online Aman: Catat dan Ingat Tanggal Jatuh Tempo

Selain mengetahui jumlah bunga yang harus kamu bayar, kamu juga harus mengetahu tanggal jatuh tempo dan mencatatnya agar tidak lupa. Dengan mengetahui tanggal jatu tempo dan mencatatnya dengan baik maka kamu bisa terhindari dari risiko pembayaran denda atau penalti keterlambatan pembayaran bunga. Pastikan agar kamu tidak membayar lewat dari jatuh tempo yang hanya akan membuat kamu rugi.

7. Tips Peminjaman Online Aman: Pahami Risiko Menunggak Pinjaman Online

Saat kamu akan berhutang tentu kamu tahu bahwa kamu harus membayar cicilan hutang kamu beserta dengan bunganya setiap periode yang telah ditentukan. Saat kamu tidak membayar tunggakan pinjaman online sesuai dengan perjanjian tentunya kamu akan dibebani dengan risiko yang juga telah ditetapkan. Risiko gagal membayar tunggakan pinjaman online ini bisa berbeda-beda tergantung aplikasi pinjaman online yang kamu pilih.

Pastikan untuk memperhatikan bagaimana cara dan proses penagihan yang dilakukan oleh aplikasi peminjaman online pilihan kamu. Usahakan untuk hanya memilih aplikasi peminjaman online yang menerapkan proses penagihan sesuai dengan aturan OJK. Kamu perlu pahami jika kamu gagal membayar tunggakan peminjaman online maka kamu sudah memiliki catatan buruk menunggak hutang.

8. Tips Peminjaman Online Aman: Cari Tahu Rekam Jejak Fintech Pinjaman Online

Penting bagi kamu untuk mengetahui rekam jejak aplikasi peminjaman online pilihan kamu terlebih dahulu. Tips peminjaman online aman ini bisa kamu lakukan dengan melihat review atau ulasan yang tersebar di media sosial maupun forum digital yang independen. Dengan mencari ulasan di internet kamu bisa mengetahui bagaimana masyarakat pengalaman orang lain setelah menggunakan layanan pinjaman online tersebut.

9. Tips Peminjaman Online Aman: Pastikan Banyak Nasabah Aktif

Selain mengetahui tips peminjaman online aman di atas kamu juga perlu mengetahui seberapa besar nasabah aktif yang menggunakan layanan peminjaman online pilihan kamu. Saat jumlah pengguna aktif peminjaman online pilihan kamu terhitung banyak hal ini menunjukkan bahwa operasional pinjaman online dalam kondisi yang kondusif dan meyakinkan.

10. Tips Peminjaman Online Aman: Pahami Kontrak Pinjaman

Tips peminjaman online aman yang terakhir adalah dengan mengetahui dan memahami setiap kontrak pinjaman yang ditawarkan. Jangan sampai kamu memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab sebelum mulai melakukan peminjaman secara online agar terhindar dari risiko yang tidak kamu inginkan.

Perbedaan Pinjaman Online dan Pinjaman Perseorangan di Bank

Tips Peminjaman Online Aman

Saat akan melakukan peminjaman online kamu biasanya hanya diminta mengirim foto diri dengan KTP dan alamat email sehingga prosesnya praktis. Di sisi lain bank memiliki cukup banyak persyaratan dan proses yang perlu kamu lalui sebelum melakukan pinjaman. Meski merepotkan, pinjaman di bank dapat menjamin kerahasiaan data dan melindungi kamu dari praktik-praktik penagihan utang yang tidak sesuai hukum. Semoga tips keuangan ini membantu kamu ya!

Me Time Sambil Menginap di Bobobox

Cobain menginap di Bobobox, yuk! Hotel kapsul ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang menarik. Salah satunya adalah QR code yang kamu dapatkan setelah berhasil melakukan pembayaran untuk kamar yang kamu pesan. QR code tersebut nantinya dapat kamu gunakan untuk mengakses kamar kamu.

Di Bobobox kamu bisa mengatur pencahayaannya melalui panel yang terdapat di dekat jendela pod kamu. Selain menggunakan panel tersebut, kamu pun bisa mengatur cahayanya dengan menggunakan aplikasi Bobobox yang ada di ponsel pintar kamu. Kamu bisa memilih warna yang kamu suka biar kamu tidak bosan. Kamu juga dapat menggunakan cahaya lampu tersebut untuk latar foto kamu, biar makin instragammable.

You might also like