Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips dan Panduan Menukar Uang Asing Saat Akan ke Luar Negeri

Biar tidak bingung lagi saat menukarkan uangmu

Bobobox.co.id — Saat kamu ke luar negeri, tentu kamu mempersiapkan segala macam keperluan yang kamu butuhkan saat liburan nantinya. Mulai dari membawa barang yang wajib dibawa, tiket pesawat, dan menukar uang asing. Menukar uang asing ini akan berguna karena kamu tentu tidak menggunakan Rupiah sebagai mata uang saat bertransaksi di negara yang kamu kunjungi.

Sehingga, saat kamu berlibur nantinya, kamu akan menggunakan uang yang sudah kamu tukar tadi. Mata uang asing yang kamu pilih tentu menyesuaikan dengan negera tujuanmu. Kalaupun tidak, kamu bisa memilih di antara Dolar, Euro, ataupun Poundsterling sebagai mata uang asing yang dipilih saat menukar uang asing.

Jika kamu masih bingung soal tips dan panduan dalam menukar uang asing di tempat penukarannya, jangan khawatir karena Bob punya tips dan panduannya. Tak perlu berlama-lama lagi, simak saja tips dan panduannya berikut ini.

Tentukan Jumlah yang Akan Ditukar

Tips menukar uang asing pertama adalah dengan menentukan jumlah tertentu yang akan kamu tukarkan. Pada momen inii, persiapkanlah dengan matang jumlah yang memang kamu butuhkan selama di luar negeri.

Jangan sampai terlalu kurang ataupun terlalu berlebih. Bila terlalu kurang, untuk orang tidak cakap dengan bahasa di negara tujuan, akan kesulitan dalam menukar uang asing. Sedangkan bila terlalu berlebih, bisa saja harga saat kamu menukar uang asing tadi malah harganya turun sehingga kamu agak rugi sedikit.

via okezone.com

Perhatikan Waktu Penukaran

Jika kamu sering melihat berita, kamu sering mendengar kata ‘anjlok’, ‘stabil’, ‘menguat’ untuk kurs Rupiah terhadap mata uang lainnya. Nah, tips menukar asing selanjutnya adalah pilihlah momen saat nilai tukar Rupiah sedang stabil. Jadi, kamu bisa memanfaatkan media sosial atau berita di televisi untuk mendapatkan fakta di lapangannya.

Jika memang dirasa mendesak dan tidak sempat untuk melihat langsung nilai tukarnya, kamu bisa menukar uang asing di awal pekan. Khususnya di pagi hari, hal ini bisa menambah kemungkinanmu untuk mendapat harga jual yang relatif lebih baik.

Perhatikan Juga Tempat Penukarannya

Selain memerhatikan waktu yang tepat untuk menukar uang asing, tempatnya menjadi elemen penting yang harus kamu perhatikan. Menukar uang asing di Money Changer menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu pilih. Beberapa keuntungannya adalah money changer menawarkan nilai tukar lebih tinggi dan juga meminimalisir risiko penipuan serta risko mendapat uang palsu.

Adapun pilihan tempat lain yang bisa kamu pilih adalah uang di bandara atau bank yang ada di dekat rumahmu. Hanya saja, di tempat-tempat ini, nilai tukarnya biasanya lebih rendah dibandingkan money changer. Usahakan juga untuk menghindari menukar uang di bank saat berada di negara tujuan karena nilai tukarnya justru bisa membuatmu rugi.

Bandingkan ‘Faktor X’ di Masing-Masing Money Changer

Setelah mengetahui bahwa nilai tukar di money changer termasuk yang menguntungkan, saatnya untuk membandingkan faktor lainnya yang akan mempengaruhi seberapa besar kamu harus membayar saat akan menukar uang asing yang kamu inginkan.

Faktor yang harus kamu pertimbangkan adalah komisi penukaran uang di money changer. Tidak sedikit di banyak money changer yang menetapkan biaya komisi mulai dari 3% hingga 7%. Sehingga, untuk menghindari membengkaknya biaya yang harus kamu bayar, tanyakan terlebih dahulu apakah money changer yang kamu kunjungi menetapkan komisi atau tidak.

Mending Tukar di Indonesia Dibanding Luar Negeri

Tips terakhir yang bisa kamu aplikasikan saat menukar uang asing adalah untuk menukar uangmu di Indonesia saja dibandingkan di luar negeri. Untuk tips satu ini, sebenarnya tidak akan jadi masalah jika kamu memang sudah relatif fasih dengan bahasa dari negara tujuan liburanmu.

Namun, untuk kamu yang belum terlalu fasih, menukar uang di Indonesia jadi hal yang pas untuk dilakukan. Tidak adanya language barrier menjadikanmu lebih mudah dalam berkomunikasi jika ada hal yang tidak sesuai saat menukar uang asing. Beda jika kamu yang belum terlalu fasih harus menukar di negara tujuan, bisa-bisa ada miscommunication yang terjadi di antara teller dan kamu sebagai konsumennya.

menukar uang asing di indonesia
via uangindonesia.com

Panduan Singkat Menukar Uang Asing

Setelah mengintip soal tips yang bisa kamu aplikasikan, sekarang saatnya untuk ke bagian panduan singkat dalam menukar uang asing. Hal yang pertama yang harus kamu tahu adalah membedakan soal harga beli dan harga jual. Pada kasus ini, yang kamu harus lihat di display money changernya adalah harga jual dari Rupiah ke mata uang negara tujuan.

Nah, untuk panduannya sendiri, kamu bisa mengikuti tahapan-tahapan di bawah ini:

  1. Siapkan uang yang ingin kamu tukar.
  2. Pastikanlah untuk mengetahui kurs mata uang yang akan kamu tukar.
  3. Datang ke money changer tujuanmu dan isi formulir isian yang memuat jumlah uang yang ingin kamu tukar dari teller.
  4. Teller tersebut akan memberikan jumlah yang harus kamu bayarkan untuk mendapatkan mata uang yang diinginkan.
  5. Jika kamu setuju dengan yang ditawarkan oleh teller, kamu bisa membayarnya langsung sesuai dengan nilai yang sudah disetujui.
  6. Tunggulah antrean untuk dipanggil kembali ke teller tadi selagi teller tersebut menghitung uang yang akan ditukar.
  7. Kemudian, teller akan memanggilmu sesuai dengan nomor antrean untuk mengambil uang yang berhasil kamu tukar.
  8. Teller akan memberikan uang tadi dengan nota pembelian.
  9. Hitunglah kembali di depan teller untuk berjaga-jaga jika ada kekurangan dalam penukaran tadi.
  10. Simpanlah nota pembelian yang tadi diberikan jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan semisal ada uang cacat atau tidak diterima di negara tujuan liburanmu sebagai bukti komplain di money changer yang kamu pilih.

Cukup mudah bukan tahapan-tahapan yang harus kamu lalui saat menukar uang asing. Jadi, sekarang kamu tidak perlu takut lagi untuk menukar uang asing sendirian.

Menginap yang Menyenangkan Selama di Bobobox

Tak hanya soal menukar uangmu dengan mata uang negara tujuan liburanmu, hal wajib yang kamu perhatikan saat liburan nantinya adalah soal akomodasi penginapan yang kamu inapi selama liburan. Memilih akomodasi penginapan yang tepat memang termasuk gampang-gampang-susah.

Gampang karena banyak akomodasi penginapan di kota tujuanmu dan sulitnya adalah tidak semua akomodasi penginapan yang ada worth it dan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Nah, salah satu akomodasi penginapan yang worth it untuk kamu coba adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung tema futuristik. Fasilitas di dalam hotelnya pun terbilang keren dan ciamik sehingga akan cocok untuk kamu yang senang dengan hal yang berbau masa depan. Dengan menawarkan fasilitas keren, bukan berarti kamu harus membayar inap semalamnya relatif mahal.

Justru, harga yang ditawarkan ramah di kantong dan akan sangat pas bagi kamu yang sedang liburan bujet. Mau memesan tiap podnya pun mudah dan bisa langsung lewat jarimu. Cukup unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini dan dari aplikasi inilah, kamu bisa memesan pod dengan sangat mudah.

You might also like