Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Pacaran Beda Agama

Kalau kata lagu sih "Tuhan memang satu, kita yang tak sama".

Cinta memang tidak memandang usia, ras, suku, maupun agama. Namun, menjalin pacaran beda agama bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Ada banyak hal yang harus kamu ketahui sebelum pacaran beda agama. Untuk itu, Bob sudah merangkum 7 tips pacaran beda agama untuk kamu. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Kamu Harus Memiliki Rasa Toleransi yang Tinggi

tips pacaran beda agama

(Photo by @JackSparrow from Pexels)

Tips pacaran beda agama yang pertama yang harus kamu ingat adalah bahwa rasa toleransi itu sangat penting dalam hubunganmu dengan si dia. Sebab jika tidak, niscaya hubunganmu tak akan berjalan mulus.

Kamu harus mengerti bahwa apa yang diyakini oleh si dia akan sangat berbeda dengan keyakinanmu. Oleh karena itu, jangan pernah sekalipun mengomentari apalagi melecehkan agama yang dia anut dan yakini, sebab agama dan keyakinan adalah hal yang sangat sensitif.

Tak hanya itu, membiarkan si dia kelak tetap bebas dan nyaman dalam menjalankan ibadah sesuai kepercayaannya juga merupakan tips pacaran beda agama yang harus kamu ketahui. Jangan sampai kamu membuatnya sungkan apalagi menghalanginya untuk tetap dekat dengan yang ia yakini.

2. Sulit untuk Mendapat Restu dari Orang Tua dan Keluarga

tips pacaran beda agama

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Sebelum memulai suatu hubungan, keluarga dan orang tua pasti akan menyuruhmu untuk mencari yang bibit, bobot, dan bebet-nya sesuai dengan harapan mereka. Begitu pun perkara keyakinan, para orang tua tentu saja mengharapkan pasangan yang seiman untuk anak-anak mereka.

Oleh karenanya, hal ini juga merupakan salah satu tips pacaran beda agama yang harus kamu ketahui. Yakni, kemungkinan besar kamu dan si dia akan sulit mendapat restu dari orang tua serta keluarga, dan ini kamu harus siap akan hal itu.

Sebenarnya, ini merupakan hal yang sangat wajar. Sebab, para orang tua tentunya ingin semua hal yang akan dijalani anaknya di masa depan senantiasa berjalan mulus tanpa masalah. Mereka pasti berpikir bahwa perbedaan agama pasti akan menyulitkan hubungan asmara anak-anaknya kelak.

Belum lagi komentar-komentar miring yang akan datang dari lingkungan sekitar, seperti keluarga besar atau tetangga. Maka dari itu, tips pacaran beda agama yang satu ini harus sudah kamu pikirkan baik-baik sejak awal, ya.

3. Kamu Harus Segera Memikirkan Bagaimana Kelanjutan Hubunganmu di Masa Depan

tips pacaran beda agama

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Tak hanya tentang restu orang tua saja yang harus kamu pikirkan sejak awal, namun tips pacaran beda agama yang satu ini juga sebaiknya kamu pikirkan baik-baik sejak dini. Yakni bahwa kamu dan si dia sebaiknya segera memikirkan dan mendiskusikan tentang kelanjutan hubungan yang akan kalian jalani di masa depan kelak.

Sebab, tujuan berpacaran adalah untuk menikah dan membina hubungan yang serius di masa depan. Tak dapat dipungkiri bahwa pasangan beda agama akan menghadapi jalan yang lebih berkerikil daripada pasangan lainnya.

Hal seperti bagaimana nanti kamu dan si dia akan melangsungkan pernikahan tentunya merupakan salah satu hal yang harus kamu ketahui sebelum pacaran beda agama. Kamu dan si dia juga sebaiknya memikirkan apakah kalian bisa menghadapi segala tantangan serta masalah yang akan datang kelak ini sebagai salah satu tips pacaran beda agama. Jangan sampai terbuai dengan “kita jalani dulu aja” tanpa ada tujuan yang jelas.

4. Saling Memahami Agama dan Kepercayaan Masing-Masing

tips pacaran beda agama

(Photo by @AnastasiyaLobanovskaya from Pexels)

Tips pacaran beda agama selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah bahwa kamu dan si dia harus bisa saling memahami agama dan kepercayaan masing-masing. Namun, ini bukan berarti kamu dan si dia harus mempelajari agama satu sama lain.

Kamu dan si dia hanya perlu memahami bahwa dengan perbedaan keyakinan tersebut, maka akan ada banyak hal seperti kebiasaan, rutinitas, atau ritual yang dilakukan berbeda dengan yang biasa kamu lakukan. Tips pacaran beda agama satu ini tentu juga akan melatih dan meningkatkan toleransimu terhadap sesama umat beragama.

5. Tidak Saling Memaksakan untuk Pindah Agama

tips pacaran beda agama

(Photo by @BudgeronBach from Pexels)

Saat menjalani pacaran beda agama, kamu dan si dia akan berusaha sekuat mungkin untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah perbedaan yang ada dalam hubungan kalian tersebut. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa kamu atau si dia akan rela berkorban dan berpikir untuk pindah agama sebagai solusinya.

Masalah ini tentunya merupakan salah satu hal yang harus kamu ketahui sebelum pacaran beda agama. Meskipun keputusan untuk memeluk agama apapun atau bahkan pindah agama merupakan hak setiap orang, namun kamu dan si dia harus memikirkan konsekuensinya.

Pindah agama mungkin akan mempermudah kalian untuk melangsungkan pernikahan, namun hal tersebut juga bisa saja akan memicu masalah baru, misalnya konflik dalam keluarga. Maka, berpikir matang-matang sebelum pindah keyakinan merupakan salah satu tips pacaran beda agama yang harus kamu ketahui.

Selain itu, ada satu lagi tips pacaran beda agama yang harus senantiasa kamu ingat, yakni pastikan bahwa kamu dan si dia tidak saling memaksa pasangan masing-masing untuk pindah agama.

6. Pacaran Beda Agama Juga Dapat Memberikan Pengetahuan, Pelajaran, dan Pengalaman Baru dalam Hidupmu

tips pacaran beda agama

(Photo by @cottonbro from Pexels)

Rasa toleransi tinggi dan saling menghormati kepercayaan masing-masing memang merupakan modal utama dan tips pacaran beda agama yang harus kamu ketahui. Namun, di balik semua masalah dan tantangan yang dihadapi, sebenarnya ada banyak keuntungan serta manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menjalani pacaran beda agama ini.

Kamu tentu saja akan mendapatkan banyak pengalaman, pengetahuan dan pelajaran baru tentang agama atau budaya yang dianut oleh si dia. Selain itu, tips pacaran beda agama yang satu ini juga akan membuatmu lebih dan semakin open minded.

7. Siap dengan Segala Konsekuensi

tips pacaran beda agama

(Photo by @УлакаУлака from Pexels)

Tips pacaran beda agama yang terakhir yang harus kamu ketahui adalah bahwa akan ada banyak konsekuensi yang harus dihadapi dalam hubungan satu ini. Mulai dari contoh terkecil seperti tidak bisa melakukan ibadah atau merayakan hari raya bersama, hingga kemungkinan untuk putus yang lebih besar daripada pasangan lainnya.

Selain itu, jika kamu dan si dia beruntung dapat maju ke komitmen yang lebih besar yakni ikatan pernikahan, maka konsekuensi yang harus dihadapi selanjutnya adalah tentang agama apa yang akan dianut oleh anak. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkanlah tips pacaran beda agama ini matang-matang.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Menjalani pacaran beda agama sedikit banyak bisa membuat pikiranmu terbebani. Sebaiknya, lakukanlah beberapa hal yang bisa membuat pikiran dan hatimu rileks, contohnya seperti staycation. Kalau gitu, cobain deh staycation di Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like