Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Olahraga yg Dapat Kamu Lakukan Saat Liburan

Praktekkan beberapa olahraga ringan berikut agar tubuh tetap bugar saat liburan!

Olahraga menjadi sebuah kebutuhan agar tubuh kamu tetap prima, bugar, dan sehat. Tidak terkecuali saat kamu sedang berlubur. Saat berlibur daya tahan tubuh akan cenderung melemah karena perubahan cuaca yang tiba-tiba dari tempat asalmu, suhu udara yang berbeda, dan kegiatan yang membuat kamu lelah. Jangan sampai momen liburan kamu yang berharga menjadi berantakkan karena kamu jatuh sakit.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk menjaga tubuh kamu tetap prima sekalipun saat kamu liburan dengan olahraga. Tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini Bob akan jelaskan beberapa pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Olahraga ini cukup ringan dan bisa kamu lakukan sendiri di kamar hotel sebelum kamu mulai mengeksplor tempat wisata di sekitar penginapan. Yuk langsung saja kita bahas beberapa tips olahraga saat liburan seperti berikut!

Bersepeda

olahraga

Liburan adalah saat untuk kamu bersantai dan melepas stres dari keseharian kamu yang melelahkan pikiran dan tubuh. Siapa bilang jika olahraga hanya membuat kamu lelah saja? Olahraga terbukti mampu membuat kamu lebih bahagia lho! Saat tubuh kamu melakukan beberapa gerakkan fisik maka tubuh akan melepaskan sebuah hormon bernama endorfin atau disebut dengan hormon kebahagiaan. Hormohn ini akan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik.

Salah satu olahraga yang bisa kamu pilih sambil berlibur adalah dengan bersepeda. Kamu bisa bersepeda dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Selain lebih sehat kamu pun bisa jadi lebih menghemat bujet liburan kamu yang seharusnya digunakan untuk membayar transportasi umum lain yang cenderung lebuh mahal. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sekitar destinasi wisata kamu dan menghirup udara segar.

Berperahu

Jika kamu pergi berlibur ke sebuah destinasi seperti laut dan danau coba perhatikan apakah disana terdapat jasa penyewaan perahu? Jika iya kamu bisa manfaatkan waktu berlibur kamu bertamasya menggunakan perahu sekaligus berolahraga dengan mendayung perahu. Kamu bisa menggunakan perahu kayak, perahu bebek, perahu karet, dan perahu lainnya. Kamu juga bisa manfaatkan perahu layar untuk melatih kekuatan lengan.

Bob sarankan kamu untuk meilih perahu yang berukuran kecil agar terhindar dari resiko perahu terbalik. Jangan lupa untuk meminta dampingan agar kamu bisa mendayung sesuai prosedur yang benar. Sambil olahraga mendayung kamu sekaligus bisa menikmati pemandangan sekitar dan menghirup udara segar. Tak terasa kegiatan menyenangkan ini ternyata membantu kamu melatih otot tubuh dan membakar beberapa kalori.

Tarian

olahraga

Menari juga meruapakan salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan untuk kamu lakukan saat liburan lho! Kamu bebas memilih jenis tarian apa yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa dengan mudah melakukan beberapa jenis tarian yang kamu bisa cari di internet dan menirunya seperti tarian beberapa grup boyband atau girlband asal Korea. Kamu bisa berlatih menari di dalam kamar penginapan kamu.

Jika kamu lebih senang tantangan dan ingin mendapatkan pengalaman baru kamu bisa bergabung dengan pusat kebugaran yang memiliki kumpulan anggota penari. Kamu bisa mengikuti kelas zumba, belly dance, atau kelompok seni tari tradisional sekitar. Pasti menyenangkan jika kamu bisa mempelajari setiap tarian daerah di setiap destinasi yang kamu kunjungi. Liburan akan menjadi jauh lebih mengasyikan karena kamu turut mempelajari budaya lokal sekitar dengan memahami tariannya.

Push Up

Push up adalah olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di mana saja termasuk di dalam kamar hotel. Kamu bisa lakukan push up di lantai atau memanfaatkan perabotan yang ada di sekitar kamar seperti kursi. Jika dilakukan secara rutin selama 20 sampai 30 kali, push up akan membantu kamu membentuk otot tubuh, memperkuat otot perut, membantu kekuatan tulang, melatih otot jantung, dan lain-lain.

Side Plank Crunch

Side plank crunch adalah olahraga yang bisa kamu lakukan dengan berbaring miring di sisi kanan, dengan posisi lutut lurus, kaki ditumpuk, dan ditahan dengan satu tangan. Angkat tubuh secara perlahan dimulai dengan mengangkat pinggul. Setelahnya, kamu bisa mengangkat kaki secara bergantian. Lakukan gerakan side plank crunch ini selama 10 menit sebelum mulai beraktivitas.

Squat Jump

olahraga

Olahraga yang mudah dilakukan saat berlibur adalah squat jump. Kamu tidak memerlukan alat apa pun untuk melakukan latihan ini. Kamu cukup meletakkan kedua tangan di belakang kepala, kemudian jongkok, dan ayunkan tubuh sambil melompat lalu kembali berjongkok.

Dengan melakukan squat jump secara rutin kamu dapat memperkuat otot kaki dan paha serta menambah dan memperkuat energi dalam tubuh. Kamu hanya perlu melakukan squat jump paling lama 5-10 menit saja, agar kamu tidak mengalami cidera.

Berolagraga di Tangga Hotel

Jika tempat menginap kamu memiliki tangga kamu bisa manfaatkan tangga hotel sebagai tempat kamu berolahraga. Kamu bisa gunakan tangga darurat hotel ayng cenderung sepi dan berlari santai menaiki dan menuruni tangga. Latihan ini baik untuk tubuh karena akan membuat otot bagian kaki kamu menjadi lebih kuat. Selain itu olahraga ini masuk ke dalam kategori olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung.

Lakukan Olahraga Ringan

Saat berlibur, kamu pasti sudah menyusun berbagai kegiatan menyenangkan yang kamu lakukan sejak pagi menjelang siang. Agara kamu bisa berolahraga secara leluasa tanpa menggangu rencana belibur, kamu bisa manfaatkan waktu di pagi hari untuk berolahraga.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga berintensitas tinggi. Cukup lakukan beberapa gerakan ringan yang membantu ubuh kamu untuk rileks dan tidak tegang seperti yoga, berenang di kolam renang penginapan, atau melakukan jogging ringan agar tubuh terasa bugar.

olahraga

Bawa Peralatan Olahraga

Ketika kamu berlibur dan menginap di hotel terkadang fasilitas olahraga yang disediakan digunakan oleh orang lain. Hal inilah yang sering dijadikan alasa banyak orang untuk tidak berolahrga saat waktu liburan. Untuk menyiasatinya kamu bisa siapkan beberapa alat olahraga ringan yang bisa kamu siapkan dari rumah. Cukup bawa alat yang berukuran kecil dan ringan seperti skipping untuk membuat kamu bisa berolahraga kapanpun di mana pun. Alat ini pun tidak akan banyak memakan tempat di dalam koper.

Kamu bisa gunakan skipping untuk latihan lompat tali. Mungki terlihat sederhana namun latihan lompat tali ini memberikan banyak manfaat terhadap tubuh lho. Kamu juga bisa siapkan resistance band yang juga praktis untuk kau bawa traelling dan menggunakannya sebagai latihan otot tubuh.

Kamu cukup mengaitkan resistance band ke kaitan yang kuat dan kokoh. Jangan sampai saat liburan tubuh kamu lemas dan tidak bertenaga. Kamu bisa lakukan latihan ini di dalam penginapan seperti di hotel Bobobox. Bobobox memiliki beberapa ruangan yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan beberapa peregangan ringan sambil bersosialisasi dengan pengunjung lainnya. Unduh aplikasi Bobobox untuk booking kamar kamu di Bobobox!

Bobobox Bandung Konsep Unit dan Fasilitas Nyaman

You might also like