Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Olahraga Di Rumah Agar Tetap Sehat

Simak tips-tips olahraga di rumah, yuk. Dijamin seru dan menyehatkan.

Sejak merebaknya wabah COVID-19, beberapa kegiatan di luar rumah pun kini sudah mulai dibatasi. Masyarakat diminta sebisa mungkin meminimalisir berbagai aktivitas di luar rumah. Bahkan bekerja dan bersekolah pun kini sudah dilakukan dari rumah.

Salah satu kegiatan yang juga dibatasi karena wabah virus corona ini adalah olahraga. Kegiatan olahraga identik dengan kegiatan outdoor. Hal ini membuat teman-teman pecinta olahraga outdoor harus ekstra bersabar.

Olahraga outdoor memiliki peminat yang tidak sedikit. Alasannya, olahraga outdoor bisa menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari sambil menghirup udara yang segar. .

Namun, anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan sosial berskala besar membuat kegiatan olahraga di rumah menjadi opsi yang lebih baik dibandingkan olahraga outdoor. Nah, kali ini Bob akan membahas tips-tips olahraga di rumah yang tidak kalah seru dan tetap menyehatkan.

Tanpa ke Gym, Olahraga di Rumah pun Bisa

Olahraga di rumah sebagai alternatif pengganti gym selama pandemi juga bisa menjadi sangat seru dan menyenangkan.Namun, sama seperti olahraga outdoor maupun olahraga di gym, olahraga dari rumah pun memiiki tantangannya tersendiri.

Distraksi dari berbagai pekerjaan rumah tidak bisa terhindarkan ketika kamu berolahraga dari rumah. Kurangnya pendampingan dari ahli pun menjadi alasan kenapa olahraga di rumah sering kali kurang efektif.

Maka dari itu, olahraga di rumah pun sebaiknya tetap mengikuti aturan berolahraga yang benar. Jadi, jika ingin sehat dan tetap bugar, olahraga di rumah tidak bisa dilakukan sembarangan.

Tahap-tahap Olahraga di Rumah

Pada intinya, dasar-dasar berolahraga tetaplah sama, baik outdoor, gym, maupun olahraga di rumah. Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika memulai berolahraga adalah pemanasan. Pemanasan sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh terlewatkan kapan pun kamu berolahraga.

Pemanasan berarti mempersiapkan badanmu untuk berolahraga. Dengan pemanasan, cedera yang rentan dialami saat olahraga akan berkurang. Pemanasan juga bisa melancarkan peredaran darah. Sel-sel darah yang membawa oksigen akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan asupan oksigen di tubuh akan terpenuhi dengan baik.

Jadi, meskipun kamu hanya berolahraga di rumah, jangan pernah lupa untuk memulai dengan pemanasan. Kamu bisa melakukan pemanasan ringan seperti berjalan kaki di halaman rumah, atau bagi yang memiliki treadmill, bisa mencoba berjalan santai dulu sebelum olahraga.

Latihan Kardiovaskular

Salah satu elemen dari berolahraga adalah olahraga kardiovaskular. Sesuai dengan namanya, olahraga ini memiliki manfaat lebih untuk jantung, seperti mengurangi resiko gagal jantung, menurunkan tekanan darah, hingga menghilangkan stres.

Latihan kardiovaskular juga bisa dilakukan dari rumah, lho. Banyak sekali jenis olahraga kardiovaskular yang memang sangat simpel sehingga bisa dilakukan dimana saja. Bagi kamu yang memiliki sepeda statis di rumah, latihan kardiovaskular bisa dilakukan dengan mengayuh sepeda statis.

Salah satu latihan kardiovaskular lain yang tidak kalah menyenangkan adalah senam, menari, atau aerobik. Selain menyehatkan jantung dan mengurangi stres, aerobik juga bisa dilakukan dengan mudah dari rumah, apalagi saat ini video senam dan aerobik sudah sangat banyak di internet.

Penguatan Otot dan Fisik

Salah satu jenis olahraga yang sangat populer dan juga tidak memakan tempat adalah olahraga yang bertujuan untuk pembentukan otot dan penguatan fisik. Karena tidak memakan tempat, olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah.

Jenis-jenis olahraga penguatan otot adalah sit up, back up, push up, pull up, dan masih banyak lagi. Untuk mendukung tujuan dari olahraga jenis ini, kamu pun bisa menggunakan alat bantu seperti dumbel untuk melatih otot tanganmu.

Jangan khawatir, dumbel dan alat-alat pembentuk otot lainnya harganya cukup terjangkau dan tidak memenuhi ruangan di rumah. Kamu pun bisa olahraga di rumah dengan simpel namun tetap kuat dan bugar.

Latihan Kelenturan Badan

Jenis olahraga yang satu ini memang baru populer akhir-akhir ini. Latihan kelenturan badan seperti yoga, pilates, dan senam lantai ternyata memiliki banyak manfaat juga, lho. Salah satu manfaat dari olahraga kelenturan tubuh yaitu bisa menghilangkan stres dan mengurangi rasa pegal pada otot.

Saat ini, latihan kelenturan tubuh bisa dilakukan dari rumah. Sama seperti aerobik, berbagai video di internet akan membantumu untuk memulai olahraga ini dari rumah. Kamu pun bisa memilih kelas-kelas yoga atau pilates bagi pemula.

Nah, sekarang sudah tidak ragu lagi untuk memilih olahraga di rumah, kan.

Pendinginan

Sama seperti pemanasan, melakukan pendinginan saat olahraga di rumah wajib hukumnya dan tidak boleh terlewatkan. Ketika kamu berhenti berolahraga secara tiba-tiba, ototmu yang masih panas dan aliran darahmu yang mengalir sangat cepat akan mengalami hambatan.

Selain itu, pendinginan juga memiliki manfaat lain untuk ototmu. Pendinginan akan mencegah otot mengalami kelelahan yang berlebihan. Pendinginan juga akan membuat otot menjadi lebih fleksibel. Setelah olahraga di rumah, kamu juga bisa melakukan pendinginan sederhana seperti peregangan kaki dan paha.

Memulai Olahraga di Rumah

Sekarang kamu sudah tahu jenis-jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan di rumah. Namun, Bob mengerti bahwa tantangan terbesar dari olahraga di rumah adalah memulai. Supaya kamu bisa olahraga di rumah dengan rutin dan efektif, kamu harus tahu trik-triknya terlebih dahulu.

Pertama-tama, persiapkan langkah-langkah untuk olahraga di rumah dengan cermat. Buat jadwal kapan kamu berolahraga dan kamu harus disiplin mengikuti jadwal tersebut.

Jangan lupa persiapkan keperluan untuk berolahraga di rumah. Jika kamu mau mencoba yoga atau aerobik, siapkan video yang bisa membantu berolahraga di rumah serta matras untuk yoga. Buatlah olahraga di rumah menjadi semenyenangkan mungkin.

Jika kamu terbiasa berolahraga di gym yang dikelilingi banyak orang dan merasa kesepian olahraga di rumah sendiri, kamu bisa mengajak partner olahraga yang asik. Ajaklan temanmu, pacarmu, atau adikmu untuk berolahraga bersama. Memiliki partner yang seru juga akan menambah semangatmu untuk olahraga di rumah.

Yang terakhir, jangan lupa untuk menulis tujuanmu berolahraga. Apakah kamu ingin lebih sehat, cepat kurus, atau mengecangkan otot, tulislah di jurnal olahragamu supaya kamu bisa selalu tetap fokus olahraga di rumah.

Jika kamu terpaksa untuk melewatkan jadwal olahragamu, sebaiknya tidak lebih dari dua hari karena biasanya rasa malas akan datang menghampiri jika kamu melewatkan waktu berolahraga terlalu lama atau terlalu sering.

Olahraga di Saat Staycation? Bisa Banget

Dimana pun dan kapan pun, tidak ada alasan lagi saat ini untuk tidak berolahraga. Olahraga tidaklah hanya sekedar hobi melainkan kebutuhan setiap orang untuk tetap bugar dan sehat. Bahkan, saat liburan pun, kamu sebaiknya tetap berolahraga.

Dengan menginap di Bobobox, kamu tetap bisa berolahraga, lho. Bobobox adalah hotel kapsul dengan fasilitas yang super lengkap serta keamanan dan kenyamanan yang setara dengan hotel bintang lima. Bobobox juga memiliki halaman dan ruang bersama dimana kamu bisa beraktivitas layaknya di rumah sendiri.

Olahraga di Bobobox selama staycation atau liburan juga layak dicoba, lho. Selepas berolahraga, kamu akan menikmati istirahat di pods Bobobox yang super nyaman dan unik. Bob yakin kegiatan olahragamu akan sangat menyenangkan.

Tunggu apalagi, selalu coba keseruan-keseruan staycation di Bobobox dan cek terus info tentang Bobobox di sini.