Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Persiapan New Normal: 7 Tips Naik Kendaraan Umum di Tengah Wabah Pandemi COVID-19

Semoga tipsnya berguna, ya!

Bobobox.co.id — Selama pandemi COVID-19 di tahun 2020, bekerja dari rumah atau biasa dikenal dengan istilah work from home menjadi salah satu cara yang banyak dipilih oleh perusahaan agar roda bisnis tetap berjalan.

Work from home sendiri pun cukup membantu dalam menurunkan kurva penyebaran COVID-19 dan diadopsi di berbagai negara di dunia. Di Indonesia pun, hal tersebut sudah banyak diterapkan oleh banyak perusahaan.

Walaupun begitu, tidak semua orang mendapatkan keistimewaan tersebut. Banyak orang lainnya yang mau tidak harus berpergian untuk bekerja. Salah satunya menggunakan kendaraan umum atau transportasi publik.

Oleh karena itu, Bob sendiri akan membagikan 7 tips yang akan sangat berguna bagi kamu yang dalam kesehariannya menggunakan kendaraan umum untuk berpergian seperti bekerja di tengah wabah pandemi COVID-19 ini.

Jangan Lupa Menjaga Jarak

Tips pertama adalah jangan lupa untuk menjaga jarak atau physical distancing dengan penumpang lainnya. Hal ini mungkin relatif sulit dilakukan secara kolektif karena membutuhkan kesadaran banyak orang.

Namun, tidak ada salahnya jika tips di tengah wabah pandemi COVID-19 ini kamu lakukan saat menaiki kendaraan umum. Pasalnya, menjaga jarak pun akan memberikan manfaat bagi kamu nantinya lho.

Saat kamu melakukan physical distancing atau menjaga jarak, risiko kamu tertular COVID-19 tentunya akan lebih berkurang dibandingkan jika kamu tidak melakukan physical distancing di kendaraan umum.

Risikomu tertular COVID-19 pun akan semakin berkurang apabila kamu mematuhi beberapa tips lainnya seperti menggunakan masker dan masih banyak lainnya yang Bob akan sampaikan.

jaga jarak untuk covid-19

Gunakan Masker

Guna mengurangi menekan penyebaran COVID-19, salah satu yang ditekankan untuk dilakukan adalah menggunakan masker saat kamu akan berpergian ke luar rumah seperti menaiki kendaraan umum.

Secara umum, masker sendiri ada beberapa jenis yang bisa dipilih. Mulai dari masker kain tiga lapis, masker bedah, hingga masker N95. Untuk penggunaan sehari-hari, kamu bisa menggunakan masker kain.

Masker kain sendiri sekarang ini sudah bisa kamu temukan dengan mudah di toko online di e-commerce yang kamu gunakan. Kamu tinggal memilihnya sesuai dengan desain yang menarik hatimu.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah ceklah terlebih dahulu lapisan masker kain yang dijadikan sebagai masker sehari-hari. Pilihlah yang memilih lapisan lebih dari dua untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Upayakan Tidak Menyentuh Fasilitas Umum

Ukuran virus seperti COVID-19 yang begitu kecil membuatnya tidak akan kasat mata. Virus tersebut kemungkinan akan menempel di tempat atau fasilitas yang digunakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah kendaraan umum.

Dengan banyaknya yang menggunakan kendaraan umum, hal tersebut memungkinkan banyaknya bakteri dan virus yang menempel di fasilitas yang ada seperti kursi, gantungan tangan bus, dan lainnya.

Untuk menghindarkanmu dari terbawanya COVID-19 ke tanganmu, ada baiknya untuk mengupayakan tidak menyentuh fasilitas-fasilitas umum yang sudah Bob sebutkan sebelumnya.

Pasalnya, kamu tidak pernah tahu siapa saja yang sudah memegang fasilitas-fasilitas tersebut sebelumnya. Untuk itu, tidak menyentuh fasilitas tersebut menjadi cara terbaik untuk menghindarkanmu dari COVID-19 di kendaraan umum.

Bawalah Perlengkapan Penunjang

Tips selanjutnya adalah bawalah perlengkapan penunjang yang sudah disarankan oleh pemerintah dan WHO. Beberapa barang penunjang saat menaiki kendaraan umum adalah tisu, hand sanitizer, dan sarung tangan.

Beberapa barang penunjang tersebut diperlukan ika kamu memang terpaksa atau tidak sengaja menyentuh fasilitas umum. Kamu nantinya bisa membersihkan tanganmu dengan hand sanitizer tersebut.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, pilihlah hand sanitizer dengan tingkat alkohol yang relatif tinggi. Pasalnya, COVID-19 memiliki kelemahan yakni akan cepat lenyap saat berhadapan dengan sabun dengan alkohol minimal 60 persen.

Oleh karenanya, kamu bisa membeli hand sanitizer yang lebih dari 60 persen. Beberapa perlangkapan ini sendiri dianjurkan untuk dibawa karena tidak semua kendaraan umum menyediakan barang-barang tersebut.

Tidak Mengucek Mata atau Wajah dengan Tangan

Penyebaran COVID-19 sendiri sudah diketahui yakni berasal dari droplet yang masuk melalui mulut, hidung, dan mata. Wajar saja jika banyak yang menyarankan untuk tidak menyentuh bagian wajah tersebut saat berada di luar rumah.

Hal tersebut didasari dengan ketidaktahuan kita akan apa saja yang menempel di tangan kita. Bisa saja saat kita menyentuh barang atau tangan seseorang, COVID-19 sudah berpindah ke tangan kita.

Untuk itu, cobalah untuk menahan diri untuk menyentuh mulut, hidung, dan mata saat menaiki kendaraan umum di tengah wabah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Paling tidak sampai kamu sampai di rumah.

Setelah kamu tiba di rumah, kamu bisa mencuci tanganmu menggunakan sabun untuk memberikan rasa aman bahwa tanganmu sudah bersih dari bakteri dan khususnya virus seperti COVID-19.

Miliki Pikiran Positif dan Jaga Daya Tahan Tubuh

Dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan tersebut rasanya sangat pas untuk benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama seperti sekarang ini yakni berada di tengah pandemi COVID-19.

Pasalnya, dengan banyaknya berita buruk soal penyebaran COVID-19 yang tidak ada habisnya bisa jadi berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Rasa takut berlebihan pun bisa jadi menyelimutimu saat berpergian ke luar rumah.

Namun, janganlah untuk benar-benar terbawa perasaan tersebut secara berlebihan. Usahakan untuk tetap berpikir positif di tengah ketidakpastian penyebaran COVID-19 yang belum ada tanda penurunan secara signifikan.

Hal tersebut demi menjaga tubuhmu dari penyakit yang tidak diinginkan. Dengan banyaknya rumah sakit yang masih berfokus pada penyakit dari COVID-19, menjaga daya tahan tubuh dan memiliki pikiran positif adalah hal yang harus kamu punya.

Langsung Bersihkan Tubuh setelah Pulang

Tips terakhir dari Bob ini mungkin tidak berkaitan langsung saat kamu menaiki kendaraan umum. Walaupun begitu, tips ini pastinya tetap memiliki peranan penting dalam menjagamu di tengah pandemi COVID-19.

Tips yang Bob maksud adalah menyegerakan untuk membersihkan tubuh atau mandi setelah pulang dari berpergian menggunakan kendaraan umum. Usahakanlah untuk tidak menyentuh barang-barang yang ada di rumah sebelumnya.

Hal tersebut guna menghindarkan dari kemungkinan kamu membawa COVID-19 tanpa kamu ketahui sebelumnya. Dengan tidak menyentuh barang di rumah terlebih dahulu, kamu pun menghindarkan keluargamu dari terkena COVID-19.

Sama seperti mandi pada umumnya, pastikan bahwa seluruh anggota tubuhmu terbasuh dengan air dan menggunakan sabun. Khususnya bagian tangan, sebisa mungkin cucilah beberapa kali untuk lebih amannya.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja saat berdiam di rumah saat COVID-19 menyebar? Kamu bisa menemukan hal menarik yang mungkin bisa membuatmu bersemangat lagi.

Hal yang Bob maksud adalah menginap dengan nyaman di Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas mumpuni yang siap memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan saat menginap.

Informasi lebih lanjut bisa didapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.