Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 5 Tips Mudah Mengatasi Perut Kembung! Nggak Perlu Obat

Tips mudah mengatasi perut kembung nomor empat kayaknya berat deh. Tapi, wajib kamu coba!

Sakit perut memang bikin nggak nyaman, apalagi perut kembung. Aktivitas jadi tidak bisa semaksimal biasanya. Rasanya jadi ingin cepat-cepat disembuhkan. Di samping obat, ada cara lain untuk mengatasi perut kembung. Ini dia 5 tips mudah mengatasi perut kembung yang aman dan alami.

Konsumsi kunyit sebagai tips mudah mengatasi perut kembung

tips mudah mengatasi perut kembung
Photo by Osha Key on Unsplash

Kunyit adalah rempah yang mudah ditemukan di Indonesia. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai bagian dari tips mudah mengatasi perut kembung. Hal ini dikarenakan salah satu kandungan utama yang ada pad kunyit, kurkumin.

Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat.

Sebagai tips mudah mengatasi perut kembung, kamu bisa mengolah kunyit dengan banyak cara. Salah satu yang paling populer adalah membuatnya menjadi turmeric latte atau susu kunyit. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dengan rempah-rempah lain seperti jahe, kayu manis, dan lada hitam.

Soalnya, kurkumin sulit diserap ke dalam aliran darah sehingga lada hitam bisa meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2.000%. Di sisi lain, kurkumin juga larut dalam lemak. Jadi, jangan lupa campurkan kunyit ke makanan kamu sehari-hari.

Tips mudah mengatasi perut kembung, makan pisang

tips mudah mengatasi perut kembung
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Salah satu penyebab masalah pencernaan adalah kekurangan kalium atau potasium. Kalium adalah senyawa yang membantu menyalurkan sinyal dari otak ke otot yang ada pada sistem pencernaan. Sinyal tersebut merangsang kontraksi yang bisa membantu perut mencerna makanan.

Nah, pisang adalah makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai tips mudah mengatasi perut kembung karena dikemas dengan potasium dan serat larut yang banyak.

Kedua senyawa tersebut membantu tubuh membuang kelebihan natrium dan mengurangi peradangan. Selain itu, serat larut juga membantu meredakan sembelit yang bisa menjadi penyebab lain dari kembung. Kalau kamu suka pisang, tips mudah mengatasi perut kembung ini pasti cocok buat kamu.

Minum air perasan jeruk lemon, tips mudah mengatasi perut kembung

tips mudah mengatasi perut kembung
Photo by Alicja Gancarz on Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu penyebab perut kembung adalah kekurangan kalium. Nah, tips mudah mengatasi perut kembung alami lain yang bisa kamu konsumsi adalah air perasan jeruk lemon. Hal ini dikarenakan air lemon mengandung kalium yang cukup banyak.

Menambahkan perasan atau irisan lemon ke dalam minuman juga bisa membuat kamu ingin minum lebih banyak yang bisa membantu meredakan ketegangan di perut sebagai tips mudah mengatasi perut kembung.

Meskipun lemon merupakan buah yang sangat asam dan bisa menyebabkan kram perut atau maag, lemon mampu meningkatkan pH basa dalam tubuh. Hal ini membuat air lemon dapat membantu tubuh kamu menyerap aluminium hidroksida yang membantu mengurangi risiko sembelit.

Asam yang ada dalam jus lemon juga bisa membantu memecah makanan dengan lebih efisien sehingga menjadi tips mudah mengatasi perut kembung yang baik.

Oleh sebab itu, tubuh kamu akan lebih mudah untuk mengekstraksi nutrisi secara maksimal dari setiap makanan dan memperlambat laju penyerapan dan mencegah lonjakan gula darah.

Tips mudah mengatasi perut kembung, kurangi makanan asin

tips mudah mengatasi perut kembung
Photo by engin akyurt on Unsplash

Tips mudah mengatasi perut kembung selanjutnya adalah soal gaya hidup. Kamu pasti suka sama makanan yang gurih dan asin. Meskipun rasanya enak, makanan tersebut memiliki kadar natrium yang cukup banyak.

Kadar natrium yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan retensi cairan, yang menjadi penyebab utama kamu mengalami perut kembung.

Hal ini disebabkan karena natrium berpengaruh terhadap kemampuan ginjal dalam membersihkan tubuh dari cairan dan kotoran.

Pada dasarnya, tubuh kamu membutuhkan setidaknya 1.500 mg natrium per hari. Jadi, kamu harus berhati-hati agar kadar natrium dalam tubuh tetap berada dalam rentang tersebut. Jangan sampai lebih.

Oleh karena itu, kurangi juga konsumsi kentang goreng atau keripik kentang sebagai tips mudah mengatasi perut kembung karena dua hal tersebut mengandung kadar natrium yang tinggi.

Jangan terlalu banyak makan makanan berserat, tips mudah mengatasi perut kembung

tips mudah mengatasi perut kembung
Photo by Dan Gold on Unsplash

Mengonsumsi makanan berserat adalah hal yang baik. Akan tetapi, terlalu banyak juga bisa berisiko. Tips mudah mengatasi perut kembung selanjutnya adalah bagaimana cara kamu mengontrol konsumsi makanan berserat.

Makan terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan kembung dan sembelit. Soalnya, serat adalah bagian tumbuhan dan karbohidrat yang tidak dapat dicerna.

Serat juga membuat ukuran usus menjadi lebih besar dan mendorong fermentasi dan pembentukan gas. Inilah sebabnya mengapa asupan serat yang berlebihan seringkali memengaruhi sistem pencernaan.

Serat sangat penting untuk pergerakan usus yang sehat dan padat. Namun, terlalu banyak dapat menyebabkan sembelit sehingga mengurangi takarannya merupakan tips mudah mengatasi perut kembung yang baik.

Terlalu banyak serat juga dapat menyebabkan kekurangan nutrisi karena dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi penting. Hal ini terjadi karena serat mengikat mineral, termasuk kalsium, magnesium, seng, dan zat besi.

Dilansir dari situs Medical News Today yang dikutip dari Academy of Nutrition and Dietetics, berikut adalah konsumsi serat yang direkomendasikan setiap harinya. Kamu bisa mulai menerapkannya sebagai tips mudah mengatasi perut kembung.

  • 25 gram per hari untuk wanita dewasa
  • 38 gram per hari untuk pria dewasa
  • Kurangi serat setelah berusia 50 tahun (21 gram untuk wanita, 30 gram untuk pria)
  • Konsumsi lebih banyak serat saat hamil atau menyusui (setidaknya 28 gram per hari)

Wah, ternyata selain dengan obat ada banyak juga ya tips mudah mengatasi perut kembung. Bahannya mudah ditemukan dan alami lagi. Jadi, kalau nanti perut kamu terasa kembung, cobain deh tips mudah mengatasi perut kembung. Semoga bisa cepat meredakan sakitnya ya!

Bobobox, tempat staycation yang unik dan kekinian

Ngomongin soal liburan, ada lho cara untuk menghabiskan waktu di akhir pekan yang terjangkau tapi tetep seru. Ngapain lagi kalau bukan staycation di Bobobox?

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like