Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mewarnai Rambut Sendiri Tapi Takut Gagal? Ikuti 10 Tips Mewarnai Rambut Sendiri Berikut Ini!

Sudah siap mewarnai rambut sendiri?

Bobobox.co.id — Mewarnai rambut kini sudah menjadi sebuah hal biasa. Kebanyakan orang memilih mewarnai rambut agar mendapatkan tampilan yang lebih fresh karena bosan dengan tampilan itu-itu saja.

Pada umumnya, kebanyakan orang akan memilih untuk pergi ke salon untuk mewarnai rambut. Padahal, kamu pun bisa melakukan pewarnaan rambutmu di rumah alias mewarnai rambut sendiri.

Beberapa di antaranya mungkin masih ragu dengan mewarnai rambut sendiri. Pasalnya, orang-orang tersebut takut gagal dalam mewarnai rambut mereka. Oleh karenanya, kamu membutuhkan tips mewarnai rambut sendiri.

Bob, di sini, sudah merangkum 10 tips mewarnai rambut sendiri agar tidak gagal. Ikutilah kesepuluh tips berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk proses mewarnai rambutmu.

Lakukan Tes Alergi

Tips mewarnai rambut sendiri pertama adalah melakukan tes alergi. Tips yang satu ini seringkali dianggap remeh bagi sebagian orang yang ingin mewarnai rambutnya. Padahal, tips ini termasuk salah satu tips penting.

Tes alergi ini sangat penting mengingat iritasi yang bisa saja terjadi saat mewarnai rambut. Oleh karenanya, lakukan tes alergi dengan cara mengoleskan krim pewarna sedikit pada belakang telingamu.

Setelah itu, tunggulah selama 48 jam. Jika kamu tidak merasakan reaksi seperti gatal-gatal, kamu bisa melanjutkan proses mewarnai selanjutnya yakni proses bleaching dan mewarnai rambutmu sendiri.

tips mewarnai rambut sendiri tes alergi
via popsugar.com

Lakukan Bleaching Sebelum Pewarnaan

Tips mewarnai rambut sendiri berikutnya adalah melakukan bleaching sebelum pewarnaan. Tips kali ini justru banyak dihindari oleh kebanyakan orang yang ingin mewarnai rambut karena takut merusak rambut.

Padahal, jika dilakukan dengan benar, hasil mewarnai rambutmu justru akan tampak maksimal. Misalkan saja, gunakan masker rambut dua minggu sebelum hari di mana kamu akan mewarnai rambutmu.

Kemudian, gunakan bleaching sesuai petunjuk pada kemasan. Bila perlu mengulangi bleaching, alangkah baiknya beri jarak minimal satu hari. Tak lupa juga, pastikan bleaching tidak mengenai kulit agar terhindar dari iritasi.

via soco.id

Pilih Cat Rambut yang Tepat

Nah, sebelum memulai proses mewarnai rambut, kamu tentu wajib memilih cat rambut yang tepat. Tips mewarnai rambut ini harus kamu perhatikan baik agar kamu mendapatkan warna yang diinginkan.

Kamu bisa memilih produk cat rambut yang memiliki formula terbaik agar tidak mudah belepotan saat diaplikasikan. Tak hanya itu, kamu pun perlu memikirkan juga seberapa lama kamu ingin mengubah warna rambut.

Jika kamu termasuk orang yang mudah bosan, carilah cat rambut yang dapat hilang dalam beberapa minggu saja. Kamu tinggal menyesuaikan saja jika kamu menginginkan perubahan warna rambut semi permanen.

via stylemagazines.com.au

Pastikan Jumlah Pewarna Rambut Mencukupi

Masih pada proses sebelum mewarnai rambut, tips mewarnai rambut sendiri berikutnya adalah memastikan jumlah pewarna rambut mencukupi. Hal ini demi menghindari habisnya pewarna rambut di tengah-tengah proses.

Kejadian tersebut tentunya tak ingin terjadi kepadamu. Oleh karenanya, cobalah untuk menghitung perkiraan seberapa banyak jumlah pewarna rambut yang kamu butuhkan untuk proses mewarnai rambut.

Idealnya, pewarna rambut berukuran 30 mililiter dapat digunakan pada panjang rambut di kisaran 20 centimeter. Namun, hal ini akan disesuaikan kembali dengan ketebalan dan tekstur rambutmu.

Glenda Belle via glendabelle.com

Persiapkan Alat Bantu

Tips mewarnai rambut sendiri berikutnya adalah mempersiapkan alat bantu untuk mewarnai rambut. Peralatan yang diperlukan sendiri cukup beragam sehingga kamu wajib memastikan alat bantu tersebut ada.

Alat bantu atau peralatan untuk mewarnai rambut antara lain mangkuk non logam, produk cat pewarna rambut, sikat untuk mengaplikasikan cat rambut, jempit rambut, handuk, sarung tangan, cermin, dan penutup telinga.

Selain alat-alat tersebut, kamu pun bisa mengaplikasikan petroleum jelly sebelum mewarnai rambut. Aplikasikan pada bagian yang akan bersentuhan dengan cat rambut untuk menghindari rasa perih.

via bh.goodtaste.com

Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Mewarnai rambut sendiri di rumah berarti kamu harus berhati-hati agar produk pewarna rambut tidak menyebar ke berbagai area di mana kamu mewarnai rambut. Oleh karenanya, tutupi tempat dengan koran atau kain.

Setelah itu, pisahkan rambut menjadi beberapa bagian untuk tips mewarnai rambut sendiri ini agar hasilnya jauh lebih maksimal. Caranya dengan menggunakan jepit rambut agar rambut tidak jatuh nantinya.

Bagi rambutmu menjadi dua bagian yakni kanan dan kiri. Kemudian, bagi kembali menjadi empat bagian ditambah depan dan belakang. Setelahnya, barulah kamu memulai proses untuk pengalikasian pewarna rambut.

via uglyducklingcolor.com

Lakukan Pewarnaan Bertahap

Tips mewarnai rambut sendiri selanjutnya adalah proses yang ditunggu-tunggu yakni proses mewarnai rambut. Pertama-tama, ambil sedikit demi sedeikit bagian rambut lalu aplikasian mulai dari ujung rambut

Pastikan bahwa seluruh batang dan ujung rambut telah tertutupi cat dengan rapi dan baik. Kemudian, barulah kamu mengaplikasikan pewarna rambut tersebut pada bagian akar rambut.

Untuk pengaplikasian pada akar rambut, gunakanlah sisir. Gunakan bagian brush rambut untuk menyapu cat rambut sedangkan bagian sisir, gunakan bagian ini untuk meratakan cat rambut ke seluruh batang.

Getty Images via bbc.com

Tunggu Selama 20 hingga 30 Menit

Setelah menggunakan sisir aplikasi cat rambut, ratakanlah rambutmu dengan menggunakan sarung tangan. Tips mewarnai rambut sendiri selanjutnya adalah menunggu selama 20 hingga 30 menit.

Usahakan untuk membuat kondisi rambutmu tergerai agar warnanya merata. Jangan sampai kamu justru menggulung rambutmu yang malah berakibat rusaknya pengaplikasian warna yang telah kamu lakukan.

Selama menunggu, ada baiknya tutuplah kepalamu dengan shower cap. Hal ini akan membuat proses oksidasi selama proses pewarnaan rambut mandirimu akan jauh lebih maksimal lagi hasil yang didapat.

@element5digital via unsplash.com

Bilas Rambut dengan Air atau Kondisioner

Membilas rambut dengan air atau kondisioner adalah tips mewarnai rambut sendiri. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan air dingin dibandingkan air hangat untuk membilas rambut ini.

Pemilihan air dingin ini untuk menutupi kutikula rambut yang sudah terbuka selama masa pewarnaan. Kamu pun harus menghindari penggunaan sampo setidaknya hingga dua hari setelah pewarnaan.

Setelah itu, keringkan rambut dengan hair dryer. Jangan sekali-kali menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Hal tersebut dapat berakibat menempelnya warna cat pada handuk yang tadi digunakan.

via ekonomipos.com

Perawatan setelah Mewarnai Rambut

Tips mewarnai rambut sendiri terakhir adalah melakukan perawatan yang dibutuhkan. Setelah dua hari dari hari pewarnaan rambut, lakukanlah perawatan rambut seperti yang biasa kamu lakukan.

Gunakanlah masker rambut secara berkala agar warna rambutmu tampak lebih berkilau. Tak hanya itu, kamu pun dianjurkan untuk menggunakan produk sampo dan kondisioner khusus rambut berwarna.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan produk perawatan rambut lainnya. Beberapa produk yang disarankan adalah vitamin rambut, tonik, dan sebagainya untuk menjaga kesehatan rambut.

@elashv via unsplash.com

Itulah 10 tips mewarnai rambut sendiri agar tidak gagal. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

You might also like