Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Tips Merawat Wajan Anti Lengket

Tips merawat wajan anti lengket ini sangat mudah untuk dilakukan, lho!

Tips merawat wajan anti lengket ini akan sangat membantu kamu membuat wajan yang kamu miliki di rumah memiliki umur yang panjang. Wajan anti lengket merupakan salah satu perlatan masak di rumah yang termasuk sering digunakan. Seperti yang kamu ketahui, masakan Indonesia memang cukup lekat kaitannya dengan kegiatan menggoreng dan menumis. Tak heran jika banyak orang di Indonesia memiliki setidaknya satu atau dua wajan di rumahnya.

Kemudahan memasak menggunakan wajan juga ditambah menjadi lebih nyaman dengan hadirnya teknologi wajan anti lengket. Dengan menggunakan wajan anti lengket kamu tak perlu menggunakan banyak minyak agar masakan tidak lengket di wajan. Lapisan anti lengket pada wajan akan memberi kamu kemudahan karena kamu bahkan tak memerlukan minyak untuk memasak sehingga lebih sehat dan cocok untuk kamu gunakan jika kamu sedang melakukan program diet.

Meskipun demikian, wajan anti lengket memiliki serangkaian perawatan yang harus kamu lakukan agar lapisan anti lengket dapat bertahan. Wajan anti lengket memang di desain khusus sehingga perawatannya, cara mencuci, cara menyimpan, dan cara menggunakannya saat memasak terbilang berbeda dibandingka alat masak pada umumnya. Ingin tahu seperti apa sajakah tips merawat wajan anti lengket? Berikut adalah penjelasannya!

1. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Cuci Panci Antilengket Sebelum Digunakan

Tips merawat wajan anti lengket yang pertama adalah dengan mencuci bersih wajan anti lengket kamu sebelum akan digunakan. Wajan anti lengket yang masih baru biasanya masih memiliki beberapa kotoran seperti residu, minyak, dan debu dari pembuatan dan pengiriman. Setelah mencuci bersih dengan menggunakan spons dan sabun, bilas wajan anti lengket dengan baik dan keringkan sepenuhnya. Cuci dengan lembut dan hindari menggosok wajan antilengket dengan keras.

2. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Gunakan Hanya Peralatan yang Aman

Tips merawat wajan anti lengket selanjutnya adalah menghindari menggunakan peralatan masak yang berbahaya untuk wajan anti lengket seperti spatula dengan bahan logam. Saat kamu akan menggoreng, menumis, atau mengaduk makanan di wajan anti lengket menggunakan spatula berbahan dasar logam hal ini akan merusak lapisan anti lengketnya. Tips merawat wajan anti lengket yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan spatula yang terbuat dari kayu untuk meminimalisir terjadinya goresan pada wajan anti lengket kamu.

3. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Gunakan Sedikit Minyak

Tips merawat wajan anti lengket berikutnya adalah dengan menggunakan sedikit minyak saat memasak. Beberapa wajan anti lengket mungkin memiliki label atau dipasarkan untuk menyiratkan bahwa tidak ada minyak atau lemak yang diperlukan. Namun ada baiknya untuk menjaga makanan agar tidak lengket dengan menggunakan sedikit minyak, margarin atau mentega. Selain itu penting juga bagi kamu untuk menghindari penggunaan semprotan minyak goreng karena biasanya ada bahan tambahan yang mungkin terlalu keras untuk pelapis ant ilengket.

Saat menumis atau menggoreng pada wajan anti lengket, kamu mungkin akan memanaskan wajan terlebih dahulu di atas kompor lalu menambahkan minyak atau mentega atau minyak. Cara ini hanya akan membuat wajan tidak awet. Cara yang benar adalah memasukkan minyak atau mentega ketika wajan baru diletakkan di atas api agar wajan lebih awet.

4. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Gunakan Panas Rendah hingga Sedang

Saat akan memasak menggunakan wajan anti lengket pastikan bahwa api yang digunakan adalah api kecil hingga sedang. Kebanyakan pelapis wajan anti lengket faktanya tidak tahan panas tinggi.

5. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Jangan Simpan Makanan dalam Wajan Anti Lengket

Terkadang setelah selesai memasak kamu akan menyimpan makanan di atas wajan anti lengket dalam waktu yang lama. Sebaiknya segera pindahkan makanan hasil memasak kamu ke atas piring atau mangkuk karena wajan anti lengket bukanlah wadah penyimpanan makanan. Makanan yang bersifat asam faktanya dapat merusak lapisan wajan jika dibiarkan dalam waktu lama.

6. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Hindari Perubahan Suhu yang Drastis

Tips merawat wajan anti lengket
via dutchovenscookware.com

Setelah selesai menggunakan wajan anti lengket untuk memasak, hindari untuk langsung membilasnya dengan air dingin. Jika kamu akan mencuci wajan anti lengket ini pastikan bahwa wajan benar-benar dingin sebelum direndam dalam air. Perubahan suhu yang drastis pada wajan anti lengket faktanya dapat menyebabkan wajan melengkung dan dapat mempengaruhi kinerja memasak dan juga dapat merusak lapisan anti lengket.

7. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Selalu Cuci Setelah Menggunakan Wajan Anti Lengket

Tak kalah penting dengan tips merawat wajan anti lengket di atas, tips merawat wajan anti lengket ini juga perlu kamu perhatikan. Pada penjelasan tips merawat wajan anti lengket di atas disebutkan penting untuk mencuci wajan anti lengket sebelum digunakan. Selain itu mencuci wajan anti lengket setelah digunakan juga sama pentingnya. Tips merawat wajan anti lengket ini harus kamu lakukan untuk memastikan bahwa semua sisa makanan sudah hilang karena nantinya bisa merusak lapisannya.

8. Tips Merawat Wajan Anti Lengket: Simpan Wajan Anti Lengket dengan Benar

Tips merawat wajan anti lengket yang terakhir adalah dengan menyimpan wajan anti lengket dengan benar agar wajan dapat awet dan tahan lama. Salah satu cara penyimpanan wajan anti lengket yang ideal adalah dengan cara menggantungnya pada rak panci dengan ruang yang cukup lebar antar peralatan masak kamu.

Jika kamu tak memiliki ruang untuk menggantung wajan anti lenket kamu kamu bisa coba menyimpan peralatan masak dengan aman di dalam lemari. Jika kamu akan menyimpannya dengan cara menumpuk di lemari maka patikan untuk melapisi permukaan wajan dengan kain yang lembut di antara setiap peralatan masak. Hal ini dilakukan untuk menghindari gesekan dengan logam lain yang dapat menggoresnya.

Bosan Sama Hotel yang Gitu-gitu Terus? Menginap Aja di Bobobox!

Salah satu penting yang harus kamu pertimbangkan saat liburan adalah penginapan. Ada banyak hotel yang bisa kamu pilih. Akan tetapi, kalau kamu ingin menginap di hotel yang enggak biasa, Bobobox jawabannya. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Nggak percaya?

Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like