Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Merawat Sepatu Agar Sepatumu Tetap Awet dan Tak Cepat Rusak

Langsung aplikasikan di sepatumu, ya!

Bobobox.co.id — Sangat disayangkan jika sepatu kesayanganmu harus rusak lebih cepat. Agar sepatu tersebut tetap awet dan tahan lebih lama, kamu membutuhkan tips merawat sepatu yang baik dan benar.

Pasalnya, banyak kebiasaan yang dilakukan justru berakibat buruk pada kondisi sepatu. Beberapa kebiasaan tersebut justru dapat menyebabkan bau tak sedap dan membuat bagian sepatu mengelupas.

Namun, jangan khawatir karena Bob akan membagikan 10 tips merawat sepatu agar sepatu kesayanganmu terhindari masalah yang Bob sebutkan sebelumnya. Langsung simak artikelnya, ya!

Tips Merawat Sepatu yang Terbukti Ampuh

1. Bersihkan Langsung Saat Kotor

Tips merawat sepatu pertama adalah membersihkan langsung saat kotor seperti terkena noda. Pasalnya, banyak orang yang sering kali melewatkan tips seputar sepatu ini karena berbagai alasan.

Padahal, kotoran yang sudah menempel terlalu lama justru semakin sulit untuk dibersihkan. Tak hanya itu, kotoran yang menempel tersebut pun dapat merusak tampilan sepatumu secara permanen.

Untuk itu, ada baiknya mulai melakukan tips merawat sepatu ini. Setidaknya, pembersihan ringan saat kotor tersebut dapat mencegah kotoran yang menempel di sepatu mengeras dan sulit dibersihkan.

Sepatu kotor tips merawat sepatu
Sepatu kotor via pexels.com/@hansmiddendorp

2. Cuci dengan Sabun Khusus

Seringkali kamu mendengar tips untuk mencuci sepatu dengan menggunakan detergen. Padahal, penggunaan detergen pada proses mencuci sepatu justru dapat merusak sepatu seperti warna yang cepat pudar.

Oleh karena itu, cucilah sepatumu dengan sabun khusus sepatu. Tips merawat sepatu ini sangat dianjurkan karena manfaatnya yang mampu membuat sepatu yang dibersihkan agar tahan lama.

Mengaplikasikan tips seputar sepatu ini pun disarankan untuk dilakukan secara rutin. Cucilah sepatu kesayanganmu dengan sabun khusus dengan aroma sesuai yang diinginkan setidaknya 2 minggu sekali.

Sabun khusus sepatu tips merawat sepatu
Sabun khusus sepatu via bootspy.com

3. Jangan Rendam Sepatu

Di samping menggunakan detergen, merendam sepatu saat proses mencuci adalah kesalahan yang cukup banyak dilakukan. Kesalahan tersebut justru sebaiknya mulai kamu kurangi bahkan hindari.

Pasalnya, dengan tidak merendam sepatumu, kamu telah melakukan cara merawat sepatu agar tidak mengelupas. Merendam sepatu mengakibatkan lem dan jahitan menjadi mudah lepas.

Untuk itu, metode yang direkomendasikan pada tips merawat sepatu agar tahan lama adalah dengan dry clean. Jika sedang kerepotan, kamu bisa menggunakan jasa pencuci sepatu di dekat rumahmu.

Merendam sepatu tips merawat sepatu
Merendam sepatu via orami.co.id

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Dari Sepatumu


4. Jangan Simpan di Bawah Terik Matahari

Setelah beres mencuci, kamu mungkin berpikir untuk menjemurnya di bawah sinar matahari agar cepat kering. Padahal, pemikiran tersebut adalah hal yang perlu dihindari demi menjaga keawetan sepatu.

Walaupun merupakan metode paling cepat dalam mengeringkan sepatu, kebiasaan ini belum tentuk baik untuk sepatumu. Warna yang cepat pudar merupakan akibat yang mungkin saja terjadi pada sepatu.

Alangkah lebih baik jika sepatu diangin-anginkan saja di tempat teduh. Jika dirasa sulit, tips merawat sepatu lainnya yang bisa kamu aplikasikan adalah dengan menggunakan hair dryer ataupun kipas angin.

Terik sinar matahari tips merawat sepatu
Terik sinar matahari via pexels.com/@bradleyhook

5. Gunakan Sikat Lembut

Debu dan bulu mungkin saja menempel di sepatumu selama disimpan. Untuk membersihkannya, sangat disarankan untuk menggunakan sikat lembut yang juga menjadi salah satu tips merawat sepatu dari Bob.

Tips seputar sepatu ini direkomendasikan agar sepatumu tetap bersih dan siap digunakan setiap saat. Hal tersebut tentu bakal memudahkanmu jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan sepatu kesayangan.

Untuk sikatnya sendiri, sudah banyak sikat lembut yang dijual di pasaran. Saat akan menyikat sepatu favorit dengan sikat lembut, jangan lupa untuk melakukannya secara perlahan satu arah saja, ya!

Sikat lembut sepatu tips merawat sepatu
Sikat lembut sepatu via shutterstock

6. Bersihkan Juga Bagian Dalam Sepatu

Beberapa orang kerap melupakan bagian dalam dan tali saat membersihkan sepatu. Padahal, membersihkan bagian dalam dan tali sepatu termasuk elemen penting dalam tips merawat sepatu agar tahan lama.

Tips seputar sepatu ini pun wajib diingat bagi kamu yang memiliki telapak kaki yang mudah berkeringat. Pasalnya, keringat yang keluar tersebut dapat menyebabkan munculnya jamur dan mengikis sol.

Untuk itu, mulailah dari sekarang untuk mengaplikasikan tips merawat sepatu ini. Aplikasikan cara merawat sepatu agar tidak bau ini dengan menggunakan bahan seperti alkohol dan bedak anti jamur.

Bagian dalam sepatu tips merawat sepatu
Bagian dalam sepatu via pexels.com/@craytive

Baca Juga: 10 Merek Sepatu Lokal Hits Yang Gak Kalah Dengan Produk Luar Negeri!


7. Simpan di Tempat Terbuka

Sepatu merupakan salah satu barang yang sangat sensitif terhadap udara. Oleh karena itu, tips merawat sepatu agar tidak mudah rusak lainnya adalah dengan menyimpan sepatu di tempat terbuka.

Rak sepatu terbuka membuat pergantian udara di dalam sepatu bisa lebih optimal. Dengan kondisi tersebut, tumbuhnya jamur yang dapat merusak sepatu dan penyebab bau tak sedap bisa diminimalisir.

Jangan sesekali untuk menyimpan sepatu ke dalam kotak dalam jangka waktu yang relatif lama. Kebiasaan ini justru dapat membuat sepatu lebih mudah rusak dan juga bau tak sedap muncul.

Rak sepatu tips merawat sepatu
Rak sepatu via pexels.com/@d-ng-nhan-324384

8. Hindari Menumpuk Sepatu

Dalam menyimpan sepatu, ada banyak orang tak memiliki rak sepatu yang proper. Untuk itu, kebanyakan orang tersebut akhirnya menyimpan sepatu yang mereka miliki dengan cara ditumpuk begitu saja.

Hal tersebut sendiri dilakukan untuk menghemat ruang. Padahal, hal tersebut justru dapat menimbulkan perubahan bentuk pada sepatu yang pastinya tidak ingin kamu alami khususnya pada sepatu kesayanganmu.

Untuk itu, menghindari menumpuk sepatu adalah tips merawat sepatu lainnya. Tips seputar sepatu ini bakal menghindarkan sepatu favoritmu tidak nyaman saat nantinya kamu pakai kembali.

Menumpuk sepatu tips merawat sepatu
Menumpuk sepatu via unsplash.com/@jakobowens1

9. Semprotkan Pelindung dan Pembersih Sepatu

Tips merawat sepatu selanjutnya adalah menyemprotkan pelindung dan pembersih khusus sepatu. Keduanya digunakan untuk membantu sepatumu dalam melawan kotor agar mudah dibersihkan nantinya.

Cara merawat sepatu agar tidak mengelupas ini pun terbukti ampuh. Bahkan, beberapa produk semprotan yang ada di pasaran sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi lainnya seperti anti air.

Namun, tips seputar sepatu ini tak lengkap tanpa menggunakan pewangi sepatu. Dengan menggunakan semprotan pewangi tersebut, kamu sudah mengaplikasikan cara merawat sepatu agar tidak bau.

Semprotan sepatu tips merawat sepatu
Semprotan sepatu via amazon.com

Baca Juga: Ingin Mendalami Dunia Fashion? Ini Dia Rekomendasi Youtuber Fashion Pria Yang Harus Kamu Ikuti


10. Beda Bahan, Beda Penanganan

Tips merawat sepatu terakhir agar awet dalam jangka waktu lama adalah memahami perbedaan bahan sepatu. Pasalnya, berbeda bahan sepatu yang dimiliki, berbeda pula penangan yang harus dilakukan.

Tips seputar sepatu ini dimulai dari sepatu berbahan canvas. Untuk bahan satu ini, hindarilah merendam sepatu terlalu lama dan segeralah bersihkan noda yang menempel agar tidak meninggalkan bekas.

Di sisi lain, kamu bisa mengoleskan minyak agar empuk pada sepatu kulit. Berbeda dengan bahan lainnya, sepatu kulit perlu diolesi oleh mink oil agar bentuk dari sepatu kulitmu tersebut tidak kaku.

Jajaran sepatu tips merawat sepatu
Jajaran sepatu via unsplash.com/@hermez777

***

Itulah tadi 10 tips merawat sepatu agar sepatu kesayanganmu tahan lebih lama dan tak mudah rusak.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Yuk, Coba WFB Alias Workcation From Bobobox!

Bosan dengan situasi itu-itu saja selama WFH? Bagaimana kalau kamu coba untuk WFB alias Work From Bobobox. Di samping suasana baru, kamu bisa mendapatkan koneksi internet super cepat.

Koneksi internet super cepat ini tentu bakal semakin memperlancar online meeting bersama atasan dan rekan kerja. Dengan begitu, kerjaanmu dijamin tak bakal terganggu untuk urusan internet.

Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk memesan podnya!

lorong bobobox kamar

You might also like