Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Merawat Bunga Agar Subur dan Gak Gampang Layu

Sekarang bunga segar di rumah jadi tidak mudah layu!

Tips merawat bunga sebenarnya cukup mudah, lho. Bunga segar yang ditempatkan di dalam vas di beberapa sudut ruangan faktanya bisa membuat ruangan terasa lebih segar dan hidup. Perasaan siapapun yang melihat bunga-bunga segar in pun bisa menjadi lebih baik dan terasa sangat menyenangkan. Sayangnya bunga segar dikenal tidak awet dan mudah layu. Tentu ada tips merawat bunga segar agar bunga bisa tahan lama. Ini dia 11 tips merawat bunga yang bisa kamu coba.

1. Tips Merawat Bunga: Tempatkan di Wadah yang Bersih

Tips merawat bunga yang pertama adalah dengan menyiapkan wadah atau vas bunga yang bersih. Penting untuk menyiapkan wadah yang bersih untuk menghindari adanya mikroorganisme di wadah yang justru dapat memicu pembusukan pada bunga. Pastikan wadah berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat.

2. Tips Merawat Bunga: Gunakan Air Hangat

Tips Merawat Bunga

Tips merawat bunga berikutnya adalah dengan memasukan air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Pastikan jumlah air tidak terlalu banyak agar batang tidak terlalu tinggi terendam. Metode ini juga disebut pengerasan yang akan membantu memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat faktanya akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.

3. Tips Merawat Bunga: Simpan pada Suhu Ruangan

Tips merawat bunga selanjutnya adalah dengan menaruh bunga segar di suhu ruangan  yang normal. Hindari untuk menyimpan bunga di dalam kulkas dengan alasan agar bunga tetap terjaga kesegarannya. Hal ini justru hanya akan memicu pembusukan bunga lebih cepat dan akan mudah layu. Selain itu hindari jugamenyimpan bunga di ruangan ber-AC karena pendingin ruangan akan mengeringkan udara dan bisa memperpendek umur bunga kamu.

Baca Juga: Cantik dan Kaya Manfaat, Ini Dia Fakta Bunga Krisan yang Harus Kamu Ketahui

4. Tips Merawat Bunga: Buang Daun dengan Gunting

Agar bunga kamu awet dalam waktu lama kamu bisa coba membuang daun yang terendam air untuk mengurangi resiko pembusukan bunga. Kamu bisa buang daun-daun yang berada di bawah garis air yang akan membuat buket bunga potong Anda terlihat lebih rapi sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri.

Beberapa bunga seperti bunga mawar faktanya memiliki kelopak pelindung yang merupakan dua atau tiga kelopak bunga terluar. Dengan memangkas kelopak tersebut akan membuat bunga mekar sepenuhnya. Menarik banget!

5. Tips Merawat Bunga: Potong Miring Bagian Batang Bunga dengan Pisau yang Tajam

@ShopBack

 

Tips merawat bunga ini dimaksudkan supaya memperluas batang dalam menyerap air. Hindari memotong dengan gunting, karena hasil kemiringannya jadi kurang baik. Sebaiknya gunakan pisau yang benar-benar tajam agar batang tidak menjadi rusak.

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang setelah menerima bunga potong segar adalah lupa memotong batangnya. Gunakan gunting kebun untuk memotong satu hingga dua inci batang bunga segar tersebut, dan potong secara miring. Memotong batang secara miring memungkinkan asupan air yang lebih baik karena tidak diletakkan mendatar di dasar vas. Setelah pemotongan awal, pastikan untuk memotong lagi batang bawahnya setiap beberapa hari sekali.

Baca Juga: Ini Dia Fakta Bunga Marigold, Bunga Kelahiran Bulan Oktober

6. Tips Merawat Bunga: Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari memang baik untuk tanaman dan bunga, namun pastikan agar bunga segar kamu tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini dikarenakan bunga tertentu ternyata sangat sensitif dengan sinar matahari. Dengan menaruh beberapa bunga yang sensitif terhadap sinar matahri di tempat yang teduh maka bunga akan segar dalam waktu yang lama.

7. Tips Merawat Bunga: Rutin Mengganti Air

@Bibit Bunga

Selain tips-tips di atas, kamu juga penting untuk mengganti air dalam vas bunga kamu secara rutin agar bunga lebih tahan lama. Faktanya air yang tergenang dalam waktu lama sangat rentan dihuni oleh bakteri, jamur dan alga yang kemudian akan bersarang dan berkembangbiak. Jangan lupa juga untuk memotong tangkai bunga 1 cm setiap hari agar kesegaran bunga tetap terjaga.

8. Tips Merawat Bunga: Jauhkan dari Buah-buahan

Pastikan kamu tidak menaruh bunga dekat dengan buah di meja makan karena buah-buahan mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan bunga.

9. Tips Merawat Bunga: Buang Bunga Layu

@TWS Florist

Jika kamu menemukan ada bunga layu atau bahkan yang sudah kering kamu sebaiknya segera memotong dan membuangnya. Selain membuat tampilan bunga-bunga kamu menjadi lebih cantik hal ini juga akan menghindari bunga yang sudah layu  memberikan efek buruk pada bunga yang lain.

10. Tips Merawat Bunga: Gunakan Pengawet Bunga

Gak kalah menarik dengan tips merawat bunga di atas, tips merawat bunga satu ini juga bisa kamu coba sendiri di rumah. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan seperti sedikit cuka, gula atau jeruk lemon untuk membuat bunga lebih awet yang dengan air bersih yang hangat. Jika tidak mau repot kamu bisa membeli pengawet bunga di toko-toko bunga.

11. Tips Merawat Bunga: Manfaatkan Hidrogel

Tips merawat bunga yang terakhir adalah dengan memanfaatkan hidrogel agar bunga tetap segar. Hidrogel atau bulatan gel berbahan dasar air warna-warni berbentuk kristal faktanya mampu menyerap dan melepaskan air. Hidrogel ini punya fungsi sebagai cadangan air dan nutrisi pada tanaman yang membuat bunga jadi lebih awet.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like