Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Merapikan Lemari Pakaian dengan Teknik Marie Kondo

Yuk beres-beres lemari pakaian dengan metode Marie Kondo!

Lemari pakaian menjadi salah satu tempat yang mudah sekali berantakan seiring bertambahnya jumlah pakaian di dalamnya. Selain membuat semakin sulit bagi kamu saat mencari pakaian, lemari pakaian yang berantakan pun membuat mood kamu berantakan. Jangan sampai kamu hari-hari kamu menjadi berantakan saat melihat kondisi lemari pakaian kamu. Oleh karena itu yuk bereskan lemari pakaian kamu segera!

Bingung harus mulai dari mana saat membereskan lemari pakaian? Bob kali ini akan membahas beberapa tips merapikan lemari pakaian ala Marie Kondo yang dikenal dengan teknik Kon Mari yang saat ini tengah populer. Marie Kondo adalah seorang wanita asal Jepang yang namanya kini mendunia karena teknik merapikan rumahnya yang efisien dan efektif. Salah satu teknik Marie Kondo yang terkenal  adalah merapikan rumah dengan cara memilah dan menata barang-barang dengan tepat.

Selain merapikan rumah, Marie Kondo juga menjelaskan tips melipat baju yang menjadi salah satu strategi penting untuk mencapai lemari pakaian yang senantiasa rapi. Siap membereskan lemari pakaian kamu dengan teknik Kon Mari ini? Yuk simak cara melipat baju dan lebih banyak lagi tentang metode Kon Mari berikut ini!

Dasar-dasar Teknik Marie Kondo

Terdapat banyak teknik merapikan rumah ala Marie Kondo. Sebelum membahas tekik merpaikan lemari pakaian ala Marie Kondo, Bob akan menjelaskan terlebih dahulu dasar-dasar teknik Kon Mari. Dasar-dasar teknik Kon Mari ini akan sangat membantu saat kamu ingin mengorganisir rumah secara efisien dan efektif. Dasar yang pertama adalah dengan menyortir pakaian. Sortir barang-barang kamu menjadi beberapa bagian.

Barang mana yang masih kamu simpan, barang yang ingin kamu donasikan karena masih dalam kondisi baik namun tak lagi kamu gunakan atau perlukan, dan barang yang perlu dibuang. Untuk mengetahui barang mana yang ingin kamu simpan kamu bisa pertimbangkan apakah barang tersebut memberikan kebahagian atau spark joy kepada kamu?

Pegang benda terbut dan tanya jujur pada diri kamu apakah tanpa adanya barang tersebut kamu tak akan merasa kekurangan dan tetap bahagia? Dasar selanjutnya adalah dengan mensortir dan menata barang kamu sesuai rungan. Jika terdapat barang serupa tersebar di seluruh rumah pastikan untuk menggabungkannya dalam satu kategori bukan terpisah pada ruangan yang berbeda.

Selanjutnya setelah selesai membuang barang yang tidak kamu butuhkan, pastikan barang yang kamu tetap simpan memiliki lokasi tertentu di dalam rumah. Sistem organisir benda ini akan membantu rumah kamu terlihat tertata dan memudahkan kamu saat mencari barang.

Pilah dan Pilih Baju yang Spark Joy

Pilah pakaian yang kamu punya sesuai jenisnya menjadi satu bagian. Tiap bagian pakaian yang kamu miliki kemudian kamu kumpulkan dalam satu wadah atau section tertentu di dalam lemari kamu. Kosongkan lemari pakaian kamu dan sortirlah pakaian kamu. Sebelum kembal memasukkan pakaian kamu ke dalam lemari pakaian pastikan lemari telah kamu bersihkan dari debu. Kamu bisa menaruh kamper atau silica gel pada lemari kamu untuk menghindari jamur dikarenakan lembab.

Jenis pakaian yang bisa kamu sortir melingkupi baju atasan, dress atau gamis, celana, rok, jaket, sweater, kaos kaki, dan, pakaian dalam. Selain itu sortir juga aksesoris yang biasa kamu simpan di dalam lemari pakaian seperti gelang, kalung, cincin, jam tangan, bros, tas, sepatu, dan ikat pinggang.

Setelah itu pilihlah baju mana yang akan disimpan berdasarkan spark joy. Jika pakaian yang kamu pegang tidak lagi memberikan kebahagian dan tidak lagi kamu gunakan kamu dapat katakan terima kasih kepada pakaian yang tak lagi akan kamu jumpai lalu singkirkan. Pengalaman yang menyenangkan!

Gantung Pakaian di Lemari Pakaian

Selain melipat pakaian kamu pun dapat menggantung beberapa baju kamu di lemari pakaian. Jika baju kamu termasuk panjang, tebal, sering dipakai, atau mudah kusut kamu dapat menggantung pakaian di lemari pakaian. Pastikan tidak terlalu banyak pakaian yang digantung di dalam lemari pakaian agar tetap terlihat rapi dan tidak sumpek.

Jika baju yang digantung terlalu banyak kamu dapat melipatnya di dalam lemari pakaian atau menyimpannya di dalam kotak terpisah di luar lemari seperti misalnya koleksi jilbab kamu. Kamu dapat menyimpan koleksi tas-tas kamu di bagian atas lemari jika memungkinkan.

Agar tidak mudah terkena debu kamu dapat menyimpan tas kamu ke dalam kotak. Kamu juga bisa menyimpan kamper atau silica gel di dalam kotak tas atau sepatu kamu untuk mencegah tumbuhnya jamur terutama untuk benda dengan material kulit yang rentan rusak di tempat lembab.

Cara Melipat Baju ala Marie Kondo

Di antara semua strategi merapikan rumah ala Kon Mari, cara melipat baju Marie Kondo termasuk sala satu teknik yang paling digemari. Saking populernya teknik ini, Marie Kondo kerap diundang diberbagai acara televisi baik itu Jepang maupun Amerika, dan beberapa negara lain. Cara melipat baju ini memang revolusioner dan menggunakan teknik melipat pakaian yang berbeda. Instruksi cara melipat baju ini mungkin terdengar sulit namun hasilnya dijamin rapi.

Prinsip dan cara melipat baju menggunakan teknik Kon Mari terbilang cukup unik karena tidak menggunakan penataan pakaian secara mendatar melainkan berdiri alias vertikal. Seluruh barang yang sudah disusun dengan cara melipat baju teknik Kon Mari ini akan bisa disimpan dalam bentuk tegak di dalam laci. Jadi bagi kamu yang memiliki laci pakaian kamu bisa mencoba teknik ini ya. Bob jamin pakaian tidak akan kusut dan semakin mudah kamu mencari pakaian yang diinginkan!

lemari pakaian
@Pinterest

Melipat Pakaian Secara Vertikal

Teknik melipat pakaian ala Marie Kondo juga mengutamakan konsep yang hemat tempat. Jangan lupa untuk memastikan agar kamu terus memertahankan cara melipat baju dan cara penataannya agar tetap rapi ya. Jenis pakaian yang bisa kamu lipat dengan penataan vertikal ini dapat dilakukan pada kaos, jaket, sweater, celana, pakaian dalam, dan kaus kaki.

Caranya cukup mudah kok. Kamu hanya perlu meletakan pakaian kamu secara rapi dan rata di atas permukaan yang bersih. Kemudian lipat kedua bagian tangan pakaian kamu ke arah dalam sehingga pakaian membentuk persegi panjang. Lipat bagian bawah pakaian kamyu menuju kerah hingga tersisa sedikit ujungnya. Lipat lagi pakaian kamu ke bagian tengah sebanyak dua kali kemudian rapikan agar pakaian dapat berdiri tegak.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba teknik ala Marie Kondo untuk merapikan lemari pakaian kamu? Rumah yang bersih dan lemari pakaian rapi tentu akan membuat rumah menjadi terasa nyaman. Jika kamu kesulitan untuk beristirahat di rumah karena kamu belum sempat membereskan rumah kamu, Bob punya solusinya!

Kamu bisa beristirahat sekaligus melakukan aktivitas kamu dengan suasana baru yang nyaman. Bobobox pun menyediakan jaringan internet terbaik untuk menunjang kebutuhan kamu untuk tetap terhubung internet. Yuk unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

bobobox hotel kapsul

You might also like