Hotel-Backpacker-Bandung-yang-Recommended-Untuk-Liburan-Memilih

Perhatikan Tips Merantau Ini Sebelum Pergi Agar Lebih Bahagia!

Tips merantau berikut ini harus kamu persiapan jauh sebelum kamu memutuskan merantau agar kamu lebih siap dan lebih bahagia. Umumnya setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, banyak orang yang memutuskan untuk merantau untuk melanjutkan berkuliah maupun untuk bekerja. Walaupun tak sedikit pula orang yang sudah merantau sejak usia belia baik itu di bangku SD maupun SMP.

Merantau sudah menjadi salah satu aspek yang melekat di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang merantau untuk pendidikan dan juga pekerjaan dengan harapan meningkatkan kualitas hidup. Merantau merupakan sebuah perjalanan yang penuh misteri. Terkadang terasa menakutkan tapi di sisi lain juga sangat exciting! Baik itu merantau ke luar kota maupun merantau ke luar negeri, ada banyak hal yang perlu kamu siapkan agar proses merantau menjadi mudah dan lancar.

Tak sedikit orang yang tidak betah selama merantau dan berakhir kembali ke kampung halaman karena tidak memiliki kesiapan yang cukup. Proses adaptasi memang sesuatu yang sulit terutama karena perbedaan budaya. Namun proses adaptasi ini bisa dibuat menjadi mudah dengan bekal keahlian dan juga beberapa tips merantau yang dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Tips apa sajakah itu? Berikut adalah informasinya.

1. Tips Merantau: Memilih Matang-Matang Kota Rantau Tujuan

sygic map peta offline

Tips merantau yang pertama adalah dengan mengenali tujuan perantauan kamu. Apakah kamu sudah memiliki pilihan destinasi perantauan kamu? Tahap ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Kenali seperti apa kota ataupun negara tujuan perantauan kamu mulai dari lokasi, iklim, budaya, akses, dan yang tak kalah penting adalah biaya hidup tinggal di tempat tersebut.

Saat kamu akan merantau karena tujuan kuliah kamu mungkin mempertimbangkan untuk merantau ke Yogya, Bandung, dan Jakarta. Selain mempertimbangkan pilihan jurusan yang kamu inginkan kamu juga harus mengenali berapa biaya hidup untuk tinggal di kota-kota tersebut.

Jika kamu lebih mempertimbangkan kota dengan biaya hidup yang lebih terjangkau mungkin kamu bisa mempertimbangkan kota Yogya, misalnya. Bandingkan juga soal akses dan budaya di kota-kota tersebut. Pilihlah kota yang terasa dekat denagn hatimu.

Baca Juga: 11 Cara Mengatasi Homesick untuk Pekerja yang Merantau

2. Tips Merantau: Memiliki Keahlian yang Memadai

Tips merantau yang kedua penting sekali bagi kamu untuk memiliki keahlian yang memadai. Saat merantau, satu-satunya orang yang paling bisa kamu andalkan adalah diri kamu sendiri. Pastikan sebelum merantau kamu memiliki keahlian yang memadai sehingga kamu bisa melakukan banyak hal secara mandiri. Keahlian ini pun selanjutnya dapat kamu andalkan untuk mencari pekerjaan part time untuk menambah uang saku bulanan kamu.

3. Tips Merantau: Persiapan Mental

Keberanian dan rasa tekad, merupakan modal awal yang bisa kamu persiapkan dari awal sebelum kamu memutuskan untuk merantau. Tanpa keberanian dan rasa tekad ini, kamu mungkin akan selalu dihantui rasa ragu-ragu serta takut untuk meninggalkan kampung halaman.

Dengan memiliki persiapan mental, kamu dijamin akan siap menghadapi apapun yang ada di kota rantau meskipun sebelumnya mungkin belum pernah kamu alami. Jika kamu sudah berani bertekad untuk merantau, kamu pun harus siap mental hidup di perantauan hingga cita-citamu tercapai disana.

4. Tips Merantau: Penguasaan Diri dalam Bersikap

Sebelum kamu merantau kamu harus biasakan untuk menguasai diri dalam bersikap. Mengapa penguasaan diri dalam bersikap ini sangat penting? Hal ini karena saat kamu tinggal di perantauan kamu akan banyak menemukan berbagai perbedaan dan perubahan yang harus kamu hadapi. Contoh saja perbedaan dalam hal kebudayaan. Saat mengetahui perbedaan budaya ini kamu tidak bisa serta merta menolak asecara agresif maupun marah.

Kamu harus mampu menguasai diri dalam bersikap dan harus beradaptasi dengan kebudayaan di kota rantau kamu yang mungkin jauh berbeda dengan kebudayaan yang ada di kota asal kamu. Tentu pastinya hal ini akan terasa sulit terutama jika kamu merasakan ketidakcocokan antara perbedaan budaya. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk mempertimbangkan dengan baik dan melakukan research mendalam terlebih dahulu sebelum merantau.

Namun, kamu tak perlu banyak khawatir atas perbedaan budaya ini. Selama kamu dapat menguasai diri dengan baik dan juga pandai beradaptasi maka berbagai hal akan terasa lebih mudah. Saat kamu dapat mudah beradaptasi kamu bisa dengan mudah mendapatkan teman selama tinggal di perantauan.

5. Tips Merantau: Harus Bisa Berhemat dan Menyisihkan Uang

Tips merantau yang terakhir adalah dengan belajar berhemat juga menyisihkan uang dengan cermat. Saat merantau kamu harus mengatur keuangan kamu sendiri mulai dari tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi, dan biaya lainnya termasuk yang tidak terduga. Dengan mengenal skala prioritas dan berhemat kamu bisa menghindari diri kamu dari membeli barang-barang yang sifatnya tidak penting maupun boros.

Berhemat berbeda halnya dengan pelit. Saat berhemat kamu tidak perlu pelit terhadap diri kamu sendiri dan tetap memenuhi kebutuhan kamu. Dengan mengenal mana saja yang masuk ke dalam daftar kebutuhan dan mana saja yang merupaka keinginan kamu bisa menemtukan prioritas untuk lebih berhemat.

Di masa serba teknologi dan informasi yang mudah kamu dapatkan di internet, kamu bisa dengan cepat menemukan berbagai informasi mengenai diskon. Gunakan kesempatan mendapatkan diskon atau potongan harga tersebut untuk menghemat uang kamu seperi saat kamu akan berbelanja atau membeli makanan.

Baca Juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Liburan ala Anak Rantau

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

bobobox kebayoran baru

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles