Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tips Menyimpan Sayuran agar Tetap Awet dan Segar

Mau langsung dicoba di rumah?

Bobobox.co.id — Sayuran menjadi bahan makanan yang menyehatkan untuk diolah. Sehingga, wajar saja jika banyak orang tua yang memasak sayuran sebagai teman makan sehari-hari.

Namun, dengan adanya physical distancing yang diterapkan oleh pemerintah, belanja sayuran haruslah dilakukan seminggu 2 hingga 3 kali. Hal ini guna menghindari terlalu sering berkumpul dengan banyak orang.

Oleh karena itu, sayuran yang dibeli pun haruslah bisa terjaga agar tetap awet dan segar. Untuk itulah, kamu membutuhkan tips menyimpan sayuran yang tepat untuk mendapatkan hasil optimal bagi sayuranmu.

Nah, Bob sudah merangkum 10 tips menyimpan sayuran agar sayuran yang dibeli bisa tetap awet dan segar saat nanti dimasak. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak tips menyimpan sayuran berikut ini.

Hindari Membeli Sayuran yang Tidak Segar

Tips menyimpan sayuran pertama adalah selektif dalam membeli sayuran. Hal ini agar kamu tidak membeli sayuran yang tidak segar. Pasalnya, sayuran tidak segar tentu akan cepat busuk walaupun disimpan di kulkas.

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah sayuran yang akan kamu beli masih segar atau tidak adalah dengan melihat warna dari sayuran tersebut.

Sayuran yang segar memiliki warna yang tidak kusam dan terlihat nampak segar. Misalkan saja, sayuran daun-daunan memiliki warna hijau dan cerah. Perhatikan juga jika ada bercak putih. Hal tersebut bisa jadi merupakan sisa pestisida.

Pilih Sayuran yang Bisa Disimpan di Kulkas

Tak hanya menghindari sayuran yang tidak segar, kamu pun harus bisa memilih sayuran mana yang baiknya di simpan di dalam atau di luar kulkas. Tidak semua sayuran bisa awet disimpan di kulkas.

Jika kamu memang ingin menyimpan hampir semua sayuranmu di kulkas agar tetap awet, maka dari itu hindarilah beberapa sayuran seperti daun kemangi dan bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih.

Kedua bahan dapur tersebut baiknya untuk di simpan di luar kulkas saja. Untuk daun kemangi, saat dimasukkan ke dalam kulkas justru akan jadi layu dan tidak segar. Sedangkan bawang-bawangan, bahan dapur ini menyerap kelembaban kulkas sehingga teksurnya nanti bisa lembek.

Cuci Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Setelah mengetahui sayuran mana saja yang bisa dimasukkan ke kulkas, tips menyimpan sayuran selanjutnya adalah dengan mencuci sayuran tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Cucilah satu per satu sayuran yang telah dibeli. Kelompokkan juga sayuran hijau dan sayuran lainnya seperti wortel, lobak dan terong. Sedangkan, untuk sayuran yang mudah lembek, kamu hanya perlu mencuci 2 kali saja.

Alasan kenapa sayuran tersebut harus dicuci adalah untuk menghilangkan bakteri yang bisa mempercepat proses pembusakan pada sayuran yang telah kamu beli. Sehingga, nantinya sayuran tersebut akan tahan lebih lama.

tips menyimpan sayuran
via modernfarmer.com

Jangan Memotong Sayuran Sebelum Dimasukkan ke Kulkas

Tips menyimpan sayuran agar tetap awet dan segar adalah untuk tidak memotong sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya, sayuran yang sudah dipotong justru lebih mudah kering dan busuk.

Tentu, kamu tidak ingin jika sayuran yang susah-susah kamu beli untuk jangka waktu yang lama malah akhirnya jadi lebih mudah kering dan membusuk.

Jadi, sehabis kamu mencuci sayurannya, usahakanlah untuk menyimpannya di dalam kulkas tanpa perlu dipotong terlebih dahulu. Dengan kata lain, pertahankanlah bentuk dari sayuran yang sudah kamu beli tersebut.

Lapisi Sayuran dengan Kertas

Agar tidak cepat membusuk, tips menyimpan sayuran selanjutnya adalah melapisi sayuran dengan menggunakan kertas. Sayuran sendiri termasuk bahan makanan yang cepat membusuk.

Dengan dilapisi dengan menggunakan kertas, maka sayur tersebut bisa lebih awet lagi. Kertas sendiri diyakini dapat mencegah suhu lembab dari kulkas untuk masuk ke dalam sayurannya.

Jika kamu tidak ada ataupun tidak terlalu senang menggunakan kertas, kamu pun bisa menggunakan tisu dapur ataupun plastik yang sudah dilubangi agar sayurannya mendapatkan udara.

via how-to-lose-your-belly-fat.net

Cek Suhu Kulkas

Setelah beberapa tips menyimpan sayuran sudah kamu lakukan, tips menyimpan sayuran berikutnya adalah mengecek suhu kulkas. Pastikan bahwa suhu kulkasnya sudah sesuai untuk menyimpan sayuran.

Suhu yang disarankan agar bisa membuat sayuran lebih awet dan segar adalah di antara 1 hingga 4 derajat Celcius. Jika lebih dari suhu tersebut, bakal muncul bakteri yang bisa memengaruhi rasa dan aroma makanan.

Sedangkan jika lebih rendah dari suhu tersebut, sayuran yang disimpan justru akan membeku. Sehingga, usahakanlah untuk mengatur suhu kulkas yang tepat untuk sayuran nantinya.

via 15min.lt

Pastikan Kulkas Sudah Bersih

Nah, langkah terakhir sebelum benar-benar dimasukkan ke dalam kulkas adalah memastikan bahwa kondisi kulkas sudah benar-benar bersih. Kulkas yang bersih menjadi elemen penting yang menentukan terjaganya kualitas sayuranmu.

Untuk membersihkan kulkas, pertama-tama, bereskan terlebih dahulu makanan yang ada di dalam kulkas. Setelah itu, barulah membersihkan bagian luar kulkas hingga akhirnya membersihkan bagian dalam kulkas.

Saat membersihkan noda di kulkas, kamu bisa menggunakan produk kimia agar bisa lebih cepat beres. Namun, bahan-bahan alami seperti soda kue dan cuka putih bisa menjadi alternatif lain guna membersihkan kulkas.

via parenting.firstcry.com

Ambil Seperlunya Saat akan Dimasak

Nah, setelah kamu menyimpan sayuran di dalam kulkas, pastinya di beberapa waktu, kamu memerlukan sayuran tersebut untuk kamu masak. Sehingga, tips menyimpan sayuran berikut adalah ambil sayuran yang benar-benar dibutuhkan saja.

Hindari untuk mengambil terus menyimpan sayuran di kulkas terlalu sering. Pasalnya, jika kamu terlalu sering melakukan hal tersebut, justru hal tersebut bisa merusak kualitas sayuran yang kamu ambil.

Tak hanya kualitasnya saja yang menurun, sayuran tersebut pun kemungkinan besar akan cepat busuk. Hal ini disebabkan oleh sayuran yang sering terpapar dengan suhu yang berbeda-beda.

Simpan di Tempat yang Seharusnya

Agar mendapat hasil optimal, maka dari itu menyimpan sayuran di tempat seharusnya menjadi tips menyimpan sayuran selanjutnya yang Bob rekomendasikan untukmu.

Untuk membuat sayuran tetap segar dan lebih awet, usahakanlah untuk menyimpan sayuran secara terpisah. Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan bersama dengan sayuran adalah buah-buahan, daging, dan susu.

via maids.com

Periksa Secara Berkala

Tips menyimpan sayuran terakhir dari Bob agar sayuran tersebut lebih awet dan segar adalah memeriksa sayuran tersebut secara berkala. Kamu tentunya tidak bisa membiarkan sayuran didiamkan berhari-hari di kulkas.

Sebaiknya, sayuran tidak disimpan di dalam kulkas lebih dari 3 hari. Hal ini pastinya untuk menjaga sayuran tersebut agar tetap segar dan layak untuk kamu konsumsi.

Jika sudah lebih dari 3 hari, periksalah apakah ada sayuran yang sudah membusuk atau berbau tidak sedap. Buanglah sayuran yang busuk tersebut agar menghindarkan kontaminasi ke sayuran lainnya.

via mentalfloss.com

Menginap dengan Aman dan Nyaman? Datang aja ke Bobobox

Sedang mencari akomodasi penginapan yang nyaman dan aman? Jika iya, langsung saja datang ke Bobobox terdekat yang ada di kotamu.

Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas yang ciamik namun dengan harga yang bersahabat dengan dompet. Informasi lebih lanjut soal pemesanan, bisa kamu cek di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.