Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 10 Tips Menyimpan Makanan Agar Awet dan Tetap Sehat

Bertahan Gak Ya Kalau di Dalam Kulkas?

Pernah nggak sih kamu beli banyak makanan tapi bingung bakal tahan lama atau enggak? Jangan khawatir, makanan kamu bisa tahan lama kok. Cobain aja tips menyimpan makanan berikut ini. Makanan kamu jadi nggak terbuang percuma dan bisa dimakan dalam waktu lama.

Jangan langsung masukkan daun herbal ke dalam kulkas

tips menyimpan makanan
Photo by Thúy Lâm on Unsplash

Memasukkan makanan ke dalam kulkas segera setelah dibeli merupakan asumsi bahwa makanan tersebut akan lebih tahan lama. Akan tetapi, tidak untuk daun herbal. Supaya daun herbal kamu bisa tahan lama, kamu perlu melakukan tips menyimpan makanan ini.

Potong terlebih dahulu batang daun seperti peterseli atau kemangi. Kemudian, masukkan ke dala wadah berisi air. Setelah itu, tutup daunnya dengan plastik. Biarkan longgar saja. Tips menyimpan makanan ini setidaknya bisa membuat daun herbal kamu bertahan selama dua minggu.

Tips menyimpan makanan agar buah tetap segar

tips menyimpan makanan
Photo by Brenda Godinez on Unsplash

Terkadang tidak semua buah bisa kamu habiskan sekaligus. Buah yang sudah dipotong biasanya kamu masukkan ke dalam kulkas untuk kamu santap di lain waktu. Nah, sebelum kamu melakukannya, potong terlebih dahulu jeruk lemon lalu peras airnya ke atas buah-buahan yang akan kamu simpan. Tips menyimpan makanan ini akan mencegah buah-buahan kamu dari berubah coklat lebih cepat.

Tips menyimpan makanan, taruh telur di dalam kulkas

tips menyimpan makanan
Photo by Jakub Kapusnak on Unsplash

The Spruce Eats memberikan tips menyimpan makanan bahwa telur bisa lebih tahan lama jika dimasukkan ke dalam kulkas. Setidaknya tips menyimpan makanan ini bisa membuat telur kamu bertahan hingga tiga minggu atau satu bulan.

Jika hanya disimpan di suhu ruangan, kualitas telur akan menurun hanya dalam waktu satu minggu. Selain itu, telur juga lebih baik disimpan di bagian belakang kulkas, bukan di pintu karena suhunya yang lebih konsisten.

Tips menyimpan makanan buah dan sayur sebelum dimasukkan ke kulkas

tips menyimpan makanan
Photo by Dose Juice on Unsplash

Hal yang pertama kali kamu lakukan sebelum memasukkan buah dan sayur ke dalam kulkas biasanya adalah mencucinya. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa mencuci buah dan sayur sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin justru akan mengurangi usianya.

Alih-alih mencucinya sebelum dimasukkan ke kulkas, lebih baik kamu lakukan tips menyimpan makanan ini yaitu mencuci buahnya sesaat sebelum kamu konsumsi. Menurut situs Healthline, menambahkan kelembapan terhadap buah dan sayuran akan mempercepat proses pembusukan.

Tips menyimpan makanan, bungkus keju dengan kertas keju

tips menyimpan makanan
Photo by Alexander Maasch on Unsplash

Biasanya, keju yang dijual di Indonesia dibungkus dengan kertas aluminium yang kemudian dibungkus lagi dengan kotak kardus. Nah, setelah dibuka, seringkali keju dimasukkan ke lemari pendingin hanya berbalut kertas aluminiumnya saja.

Hal ini ternyata bisa membuat keju cepat kering. Apalagi jika tidak ditutup sepenuhnya. Oleh karena itu, keju sebaiknya dibungkus menggunakan kertas keju. Jika tidak ada, kertas roti pun bisa. Kemudian, dibungkus lagi dengan kantung plastik. Tips menyimpan makanan ini mencegah keju menjadi kering.

Tips menyimpan makanan, jangan letakkan susu di pintu kulkas

tips menyimpan makanan
Photo by Debby Hudson on Unsplash

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suhu di pintu lemari pendingin tidaklah stabil. Hal ini diakibatkan pintu kulkas yang sering dibuka dan ditutup. Jika demikian, susu akan lebih cepat basi. Oleh karena itu, lebih baik susu atau produk dairy lainnya disimpan di rak bagian tengah atau bawah karena tempat tersebut memiliki konsistensi suhu yang lebih baik.

Tips menyimpan makanan, simpan daging di freezer

tips menyimpan makanan
Photo by Kyle Mackie on Unsplash

Jika kamu tidak ingin segera memakan daging yang baru kamu beli, kamu bisa memasukkannya segera ke dalam freezer. Tips menyimpan makanan ini bisa membuat daging kamu lebih awet.

Menurut situs United States Department of Agriculture, daging tidak akan kehilangan nutrisi sebanyak sayur dan buah jika dimasukkan ke dalam freezer. Daging ayam bisa bertahan selama sembilan bulan dan daging sapi bisa bertahan selama sekitar dua bulan, tergantung potongannya.

Tips menyimpan makanan daun-daunan dengan tisu kertas

tips menyimpan makanan
Photo by FOODISM360 on Unsplash

Tips menyimpan makanan ini bisa kamu gunakan untuk meyimpan sayuran, terutama daun-daunan hijau, supaya tahan lebih lama. Caranya adalah dengan mencuci sayur seperti kol, kubis, atau salada terlebih dahulu. Setelah itu, jangan langsung masukkan ke dalam lemari pendingin.

Keringkan terlebih dahulu lalu bungkus dengan tisu kertas yang agak basah. Kemudian, masukkan sayuran ke dalam kantung plastik. Barulah kemudian kamu bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Kantung plastik digunakan sebagai benteng antara suhu dan tisu kertas agar tisu kertasnya tidak membeku dan membuat sayuran menjadi lebih cepat basi.

Tips menyimpan makanan roti di suhu ruangan

tips menyimpan makanan
Photo by Jude Infantini on Unsplash

Tidak selamanya makanan yang dimasukkan ke lemari pendingin akan bertahan lama. Roti adalah salah satunya. Memasukkan roti ke dalam lemari pendingin justru akan membuatnya lebih cepat basi. Tips menyimpan makanan roti yang baik adalah dengan meletakkannya di suhu ruangan. Kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah roti supaya teksturnya tetap terjaga.

Meskipun akan cepat basi jika dimasukkan ke dalam lemari pendingin, kamu ternyata bisa memanjangkan usia roti hingga tiga bulan jika memasukkannya ke dalam freezer. Jika kamu memilih tips menyimpan makanan ini, lebih baik potong rotinya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan melelehkan dan membekukan roti secara berulang-ulang dapat mengurangi rasa dan tekstur roti.

Tips menyimpan makanan gula merah

tips menyimpan makanan
Photo by John Cutting on Unsplash

Gula merah bubuk yang biasa dibeli di supermarket biasanya dijual di plastik dalam ukuran besar seperti 1 kilogram atau 500 gram. Jika kamu tidak berniat menggunakannya secara langsung, lebih baik kamu masukkan gulanya ke dalam wadah kedap udara.

Menyimpan gula merah di dalam wadah plastik asalnya dapat menyebabkan gula menggumpal. Dilansir dari Kompas, menurut Megan Wong, seorang pakar diet, kamu juga bisa menambahkan sepotong roti, apel, atau marshmallow untuk mencegah gula merah dari menggumpal.

Tetap tahan lama dengan menginap di Bobobox

bobobox

Di sela-sela kegiatanmu yang padat, tentunya kamu membutuhkan penyegaran supaya bisa tetap bertahan lama beraktivitas. Nggak perlu jauh-jauh pergi ke pantai atau gunung. Kalau waktumu singkat, staycation aja di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati.

Nggak cuma itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Bobobox. Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Tinggal pindai saja QR code-nya. Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, yuk, keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak!

You might also like