Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Anak Buahmu Mulai Kurang Semangat Kerja? Simak Tips Berikut Ini Untuk Menyemangatinya!

Anak buahmu akan lebih semangat ke kantor dengan 9 tips berikut ini!

Semangat yang turun naik adalah sesuatu yang sangat wajar, termasuk semangat dalam bekerja. Memberi semangat dan motivasi untuk para karyawan atau anak buah merupakan salah satu tugas atasan, loh. Agar tercipta lingkungan kerja yang penuh semangat, kamu bisa lakukan beberapa tips menyemangati anak buah yang sudah Bob rangkum di bawah ini. Check these out! 

1. Menciptakan Suasana Kerja yang Menyenangkan

Lingkungan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kinerja atau mood kerja seseorang. Lingkungan kerja yang buruk atau kurang menyenangkan tentu bisa menjadi pemicu rasa kurang semangat dalam bekerja.

Tips menyemangati anak buah

Photo by Kampus Production from Pexels

Maka, menciptakan suasana kerja yang menyenangkan merupakan salah satu tips menyemangati anak buah yang penting untuk kamu lakukan. Buatlah lingkungan kerjamu senyaman dan sepositif mungkin, agar anak buahmu bekerja dengan penuh semangat.

2. Mengapresiasi Kinerja Anak Buah

Sudah kerja keras namun tidak dihargai? Tentu saja sangat menyakitkan hati. Rasanya seperti semua yang telah dilakukan tidak ada artinya, dan untuk melakukan pekerjaan selanjutnya pun sudah kehilangan semangat.

BACA JUGA: Sedang Mencari Pekerjaan? Simak 10 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya Ini

Nah, jangan sampai anak buahmu merasa seperti ini, ya! Untuk itu, lakukanlah tips menyemangati anak buah yang satu ini, yakni mengapresiasi kinerja mereka, baik itu sesuatu yang besar atau yang kecil sekalipun.

3. Mendengarkan Ide dan Gagasan Anak Buah

Bukan hanya diapresiasi kinerjanya, anak buah kamu juga pasti akan senang jika ide atau gagasannya kamu dengarkan. Sebab, pada dasarnya setiap orang pasti akan senang dan merasa dihargai saat ide-idenya didengarkan.

Tips menyemangati anak buah

Photo by Kampus Production from Pexels

Oleh karena itu, lakukanlah tips menyemangati anak buah yang satu ini agar kinerja mereka dan tim kamu lebih maksimal. Pasti akan ada banyak ide brilian yang muncul dari anak-anak buahmu yang sangat berguna bagi kemajuan perusahaan.

Selain itu, dengan melakukan tips menyemangati anak buah yang satu ini, kamu pun akan mencerminkan sikap bijaksana dan berwibawa sebagai pemimpin.

4. Mendukung Karier Anak Buah

Karyawan dengan karier yang stuck di situ-situ aja, pasti cepat merasa jenuh dan berimbas pada penurunan kinerjanya. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, maka lakukanlah tips menyemangati anak buah yang satu ini mulai sekarang.

Tips menyemangati anak buah

Photo by fauxels from Pexels

Sebab, sudah rahasia umum jika setiap karyawan tentunya menginginkan kenaikan jabatan demi hidup yang lebih baik. Untuk itu, dukunglah kemajuan karier anak buahmu dengan cara selalu melakukan penilaian berkala terhadap kinerja mereka dan mengetahui kapan saatnya mereka harus dipromosikan.

5. Bantu dan Dampingi Anak Buah

Tips menyemangati anak buah berikutnya adalah dengan tidak membiarkan mereka selalu bekerja sendiri. Tunjukkanlah rasa pedulimu dengan sesekali datang ke meja kerja anak buahmu untuk membantu atau mendampingi mereka saat bekerja dan menghadapi kesulitan.

BACA JUGA: Sering Menangis Di Toilet Kantor? Ini Dia 10 Ciri-Ciri Lingkungan Kerja Yang Tak Sehat

Selain datang untuk mendampingi atau membantu, jangan ragu untuk memberi kata-kata penyemangat atau bahkan pujian pada anak buahmu. Dengan sikap tersebut, semangat bekerja para karyawan atau anak buahmu pasti akan naik seketika.

6. Berikan Perhatian dan Dukungan

Bukan hanya memberi bantuan atau pendampingan di tempat kerja, menunjukkan perhatian dan dukungan yang lebih personal juga merupakan salah satu tips menyemangati anak buah yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: 7 Tantangan Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate Saat Akan Memulai Karier

Perhatian-perhatian kecil seperti menanyakan kabar keluarga atau menjenguk saat anak buahmu sakit tentu akan terasa sangat berarti. Hal tersebut akan menunjukkan pada mereka bahwa kamu adalah seorang pemimpin yang perhatian dan peduli pada anak buahnya. Hal tersebut secara otomatis akan meningkatkan semangat kerja para anak buahmu.

7. Memberikan Reward untuk Setiap Prestasi

Selain memberikan perhatian serta dukungan, memberikan rewards juga merupakan contoh tips menyemangati anak buah yang efektif. Rewards yang diberikan bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari pujian di hadapan banyak orang, hingga memberikan bonus atau insentif lebih untuk prestasi mereka.

Bahkan jika memungkinkan, kamu juga bisa memberikan bonus libur atau cuti pada anak buahmu, loh. Dibanding hanya menuntut mereka untuk terus meningkatkan kinerja, memberikan rewards seperti itu justru akan menjadi motivasi mereka untuk lebih semangat dan meningkatkan kualitas kerja.

8. Bangun Interaksi Sosial yang Baik dan Hangat dengan Anak Buah

Anak buah mana yang tidak akan malas ke kantor jika sang atasan selalu memasang muka masam dan emosian? Bukan tidak mungkin jika anak buahmu akan kabur satu per satu nantinya.

Tips menyemangati anak buah

Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Untuk itu, tips menyemangati anak buah yang satu ini sangatlah penting untuk kamu terapkan setiap hari, yakni membangun interaksi sosial yang baik dan hangat dengan para anak buahmu. Bukan hanya ramah di depan, kamu juga sebisa mungkin harus bisa menjadi sosok pemimpin yang bisa mengayomi agar rasa kedekatan dan kepercayaan dapat terbangun di antara kamu dan anak buah.

Jika kamu berhasil menjadi atasan yang baik, hangat, dan menyenangkan, dijamin anak-anak buahmu akan semakin semangat ke kantor!

9. Lakukan Team Building dan Team Engagement

Tips menyemangati anak buah yang terakhir dan juga perlu untuk dilakukan adalah dengan melakukan team building atau team engagement secara berkala. Lakukan kegiatan seru di luar kantor seperti pergi ke taman rekreasi atau ke tempat outbound untuk sejenak melupakan hal-hal tentang kerjaan.

BACA JUGA: Gila Kerja Bikin Gila Beneran! Waspadai Tanda-Tanda Dan Dampak Hustle Culture!

Manfaat dari tips menyemangati anak buah yang satu ini bukan sekadar untuk refreshing saja, loh. Quality time bersama rekan kerja juga ternyata dapat meningkatkan kreativitas, keakraban, dan tentunya semangat untuk bekerja di hari-hari berikutnya.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bersemangat kerja setiap hari memang sangatlah hebat, namun bukan berarti kamu jadi lupa liburan, loh. Kamu tetap wajib refreshing untuk melepas segala penat dan stress sehari-hari. Ada berbagai cara asik untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like