Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Alami Stres Berat? Lakukan Tips Menurunkan Stres dari Bob Berikut Ini

Tak ada salahnya untuk kamu coba!

Bobobox.co.id — Setiap orang pernah mengalami stres yang disebabkan oleh berbagai hal. Masing-masing orang tentu memiliki caranya masing-masing termasuk Bob yang memiliki tips menurunkan stres yang akan Bob share.

Jika kamu sedang mengalami stres akibat pekerjaan, studi, atau percintaan, kamu bisa mencoba tips-tips di bawah ini. Siapa tahu stres berat yang kamu alami tersebut bakal berkurang setelah melakukan hal yang Bob sarankan.

Tak usah berlama-lama, langsung saja simak dan lakukan tips menurunkan stres dari Bob berikut ini. Tak ada salahnya untuk kamu coba!

Tips Menurunkan Stres yang Wajib untuk Dicoba

1. Bangun Pagi

Tips menurunkan stres pertama adalah dengan bangun pagi. Tak hanya membuat tubuh terasa lebih segar, bangun pagi pun dapat membuat seseorang jauh lebih bersemangat dalam menjalani hari di depan mereka.

Health melansir bahwa banyak orang yang terburu-buru dalam memulai harinya. Para peneliti padahal setuju jika orang yang terbiasa bangun pagi akan lebih produktif karena pagi hari adalah momen paling fokus untuk otak.

Di samping itu, memiliki kualitas beristirahat mumpuni adalah tips menurunkan stres lainnya. Pasalnya, salah satu hal yang membuat stres tak kunjung mereda adalah terlalu seringnya begadang dan kurang tidur.

Oleh karena itu, ada baiknya jika mulai menjadwal jam tidurmu dan dapatkan tidur tujuh sampai delapan jam. Dengan begitu, tubuh pun akan mempunyai metabolisme yang baik dan produksi hormon rileks jadi seimbang.

Bangun pagi tips menurunkan stres
Bangun pagi via pexels.com/@kampus

2. Memeluk Seseorang

Tips menurunkan stres selanjutnya adalah memeluk seseorang yang kamu sayangi. Tak hanya orang tua saja, orang-orang tersebut bisa antara lain anak, pasangan, saudara, dan juga teman-teman terdekatmu.

Sentuhan fisik saat berpelukan tersebut akan melepaskan hormon oksitosin. Hormon oksitosin sendiri adalah hormon yang berfungsi saat seseorang merasa bahagia dan juga bisa mengurangi kadar stres yang dirasakan.

Tak hanya memeluk orang terkasih saja, kamu pun bisa menyampaikan keluh kesah sebagai tips menurunkan stres lanjutannya. Hal tersebut tentu lebih baik dibanding kamu memendam masalahmu sendiri.

Walaupun belum tentu ada solusi konkret, paling tidak mencurhatkan apa yang di kepalamu bisa membuat pikiran lebih tenang. Dengan begitu, tingkat stres yang kamu rasakan pun bakal sedikit demi sedikit berkurang.

Memeluk seseorang tips menurunkan stres
Memeluk seseorang via pexels.com/@belart84

Baca Juga: Sedang Bad Mood? Konsumsi Makanan Mood Booster Ini Untuk Naikan Suasana Hatimu!


3. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Jika kamu mendapat hari yang buruk yang membuatmu stres dan pusing dibuatnya, melihat tingkah lucu dan menggemaskan dari hewan bisa jadi tips menurunkan stres yang terbukti ampuh untuk banyak orang.

Tak hanya melihat mereka bermain, kamu bisa ikut bermain bersama dengan hewan peliharaanmu. Aktivitas menyenangkan ini diketahui dapat meringkatkan rasa kesepian dan mampu menurunkan hormon kortisol.

Alasan tersebut pula yang menjadikan anjing atau kucing kerap dijadikan sebagai hewan terapi. Pasalnya, kedua hewan peliharaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam mencurahkan rasa sayang.

Untuk cara bermain bersama hewan peliharaannya, kamu bisa sesuaikan dengan apa yang biasa kamu lakukan. Jika kamu mempunyai anjing, kamu bisa memeluk dan mengajaknya untuk berjalan-jalan santai.

Bermain dengan hewan peliharaan tips menurunkan stres
Bermain dengan hewan peliharaan via pexels.com/@wildlittlethingsphoto

4. Menulis Diari

Sedang merasa kesal atau stres akibat pekerjaan menumpuk? Ada baiknya jika kamu coba curahkan lewat secarik kertas. Walau terdengar sepele, hal tersebut bisa dianggap sebagai tips menurunkan stres yang ampuh.

Menulis adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk menuangkan apa yang sedang dirasakan. Saat semua perasaan yang kamu rasakan tercurahkan, kamu pun nantinya dapat merasa lebih lega dibanding sebelumnya.

Tak hanya sekadar menulis saja, kamu pun bisa melakukan hal lain untuk tips menurunkan stres ini. Kamu bisa menggambar atau hanya mencorat-coret kertas tanpa ada arti ataupun tujuan tertentu.

Hal terpenting adalah bagaimana kamu bisa menenangkan pikiran yang semrawut. Tinggal ambil pulpen atau pensil warna dan secarik kertas, lakukan kegiatan ini yang bisa juga meningkatkan kreativitas dan konsentrasimu.

Menulis diari tips menurunkan stres
Menulis diari via pexels.com/@lilartsy

Baca Juga: Bingung Kapan Harus Me Time? Langsung Luangkan Waktu Jika Tanda-Tanda Kamu Butuh Me Time Ini Muncul


5. Lakukan Meditasi

Mengurangi stres merupakan salah satu manfaat meditasi yang mungkin sudah menjadi rahasia umum. Oleh karenanya, kamu bisa melakukan meditasi yang juga merupakan salah satu tips menurunkan stres dari Bob.

Lakukan tips menurunkan stres ini selama 10 hingga 15 menit. Lakukanlah sebanyak empat hingga lima kali dalam seminggu untuk bisa menenangkan pikiran serta menurunkan kadar hormon stres di otak.

Di samping itu, kamu pun bisa sekalian untuk melatih pernapasan. Mengubah cara bernapas dengan teknik pernapasan yang benar terbukti efektif dalam menghilangkan stres berat yang dirasakan oleh seseorang.

Caranya adalah hirup udara sambil menghitung tiga detik dalam hati. Lalu, tarik napas hingga perut dipenuhi udara. Tahan napas satu detik kemudian hembuskan secara perlahan sambil menghitung tiga detik kembali.

Meditasi tips menurunkan stres
Meditasi via pexels.com/@olly

6. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tips menurunkan stres lainnya adalah menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat berkaitan dengan makan makanan bernutrisi, kualitas tidur yang tercukupi, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan tidak merokok.

Dengan tercukupinya kebutuhan nutrisi harian, tubuh pun memiliki energi lebih dan lebih mampu beradaptasi pada masalah yang dihadapi. Jadi, perbanyak buah dan sayur serta hindari makanan olahan bergula.

Pola hidup sehat tak akan tercapai jika tak dibarengi dengan berolahraga. Agar risiko terkena stres berkurang dan memiliki kesehatan mental yang baik, ada baiknya mulai dari sekarang melakukan tips menurunkan stres ini.

Kamu bisa melakukan olahraga secara bertahap agar kegiatan ini bisa menjadi sebuah kebiasaan baik. Saat menjadi sebuah kebiasaan, tubuhmu akan terdorong untuk melakukannya tanpa kamu sadari sebelumnya.

Pola hidup sehat tips menurunkan stres
Pola hidup sehat via pexels.com/@iamtrangdoan

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mentalmu Dengan Melakukan 5 Olahraga Kesehatan Mental Ini!


7. Lakukan Hal Menyenangkan

Tips menurunkan stres terakhir dari Bob adalah lakukan hal-hal yang membuat merasa senang. Untuk tips menurunkan stres satu ini, ada banyak kegiatan yang bisa dipilih dan tinggal disesuaikan dengan yang kamu inginkan.

Kamu bisa memulainya dengan melakukan hobi yang kamu miliki. Kamu bisa membaca novel favorit, mendengarkan musik lewat earbud, atau juga menonton film feel good yang bisa membuatmu merasa bahagia.

Di luar hobi, kamu pun bisa bereksperimen dengan melakukan hal-hal yang belum pernah kamu coba. Siapa tahu kegiatan tersebut justru menjadi hobi baru yang bakal mengisi waktu luang yang kamu miliki nantinya.

Intinya, cobalah berbagai kegiatan yang membawa kesenangan dan juga kebahagiaan. Apapun itu, kamu yang lebih mengetahui kegiatan apa saja yang memungkinkanmu untuk kembali merasa gembira dan senang.

Lakukan hal menyenangkan tips menurunkan stres
Lakukan hal menyenangkan via pexels.com/@olly

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas untuk momen me timemu? Tenangkan dirimu dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like