Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tips Jitu Menjaga Tampilan Wood Panel Mobil Agar Terlihat Mewah

Wood panel mobil yang terawat membuat mobil terlihat mewah dan semakin nyaman!

Wood panel mobil yang terlihat bersih dan terjaga memang akan membuat mobil kamu terlihat semakin mewah. Faktanya perawatan wood panel mobil cukup berbeda dengan perawatan panel mobil berbhan dasar lain. Seperti yang kita ketahui terdapat beberapa model mobil yang dibekali wood panel atau aksen kayu pada bagian interiornya. Salah satu hal yang membuat model panel kayu cukup populer adalah kemampuannya untuk memberi kesan mewah.

Namun kesan mewah tersebut tentu akan menjadi sia-sia jika kamu tidak merawatnya dengan baik. Wood panel mobil terbagi menjadi dua tipe yaitu wood panel mobil dengan pori-pori tertutup dan wood panel mobil dengan pori-pori terbuka. Wood panel mobil dengan pori-pori tertutup pada umumnya berbahan dasar fiber yang dikombinasikan dengan kayu pada bagian terluar kemudian dilapisi oleh pernis dengan warna yang mengkilap atau glossy.

Sementara wood panel mobil dengan pori-pori terbuka biasanya berbahan dasar kayu secara utuh tanpa dilapisi oleh pernis (open pore). Agar kamu tidak salah melakukan perawatan terhadap wodd panel mobil kamu maka pada kesempatan kali ini Bob akan membagikan beberapa cara merawat wood panel mobil. Perawatan wood panel mobil ini salah satunya meliputi pembersihan yang harus dilakukan secara rutin. Yuk langsung saja kita simak penjelasan mengenai tips menjaga wood panel mobil agar terlihat mewah!

Unsplash @jeshoots

Gunakan Lap Berbahan Lembut untuk Wood Panel Mobil

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan membersihkan wood panel mobil adalah dengan memilih bahan lap yang tepat. Pastikan untuk menghindari pemakaian lap berbahan kasar saat akan mengusap permukaan wood panel mobil. Agar wood panel mobil tetap terlindungi gunakanlah lap berbahan lembut seperti lap berbahan microfiber.

Lap microfiber dikenal memiliki permukaan yang lembut sehingga mampu mengurangi risiko goresan pada permukaan wood panel mobil. Jangan lupa juga untuk sekaligus rutin membersihkan interior mobil lainnya agar mobil senantiasa bersih, aman, dan nyaman untuk digunakan bepergian.

Hindari Penggunaan Cairan Pembersih Kimia yang Keras

Selain teliti memilih jenis lap yang akan digunakan untuk membersihkan bagian wood panel mobil, hal lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah jenis cairan pembersih paenl mobil. Penting untuk diketahui bahwa tidak semua jenis cairan pembersih kimia bisa digunakan untuk membersihkan permukaan wood panel mobil.

Ketika kamu sembarangan menggunakan jenis cairan pembersih mobil maka lapisan sensitif pada wood panel mobil akan rusak. Kerusakan akan menjadi lebih parah jika cairan pembersih kimia yang digunakan adalah yang bersifat keras. Oleh karena itu gunakanlah interior cleaner atau jenis pembersih yang biasanya digunakan khusus untuk interior mobil yang memang telah terbukti aman. Pilihlah interior cleaner yang water based atau berbahan dasar air.

Cairan pembersih berbahan dasar air umumnya cenderung memiliki PH netral yang tidak akan merusak lapisan alami pada permukaan wood panel mobil kamu. Kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih yang mampu menghilangkan debu halus juga kontaminan yang dapat merusak lapisan panel mobil. Saat kamu tidak sengaja mengotori bagian panel kayu mobil, usahakan untuk segera membersihkan noda tersebut. Pasalnya noda yang dibiarkan lama dapat merusak lapisan serta pori-pori wood panel.

Gunakan Sikat Halus

Jika noda pada bagian panel atau dashboard mobil sudah terlalu lama dibiarkan dan sulit dibersihkan, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat halus. Pastikan bahwa sikat yang kamu gunakan benar-benar halus dan tidak kasar ya. Hindari penggunaan sikat sepatu atau sikat gigi karena dapat merusak lapisan wood panel mobil kesayangan kamu. Selain membersihkan bagian panel mobil, sikat berbulu halus ini pun dapat kamu gunakan untuk menjangkau sela-sela panel maupun interior mobil lainnya yang sulit dijangkau.

Gunakan Alat Penyedot Debu

Setelah membersihkan bagian panel dan interior lainnya menggunakan cairan pembersih akan jauh lebih baik jika kamu melanjutkan proses pembersihan dengan menggunakan alat penyedot debu. Penyedot debu atau vacuum cleaner ini memiliki kemampuan lebih yaitu dapat menghilangkan debu halus yang tak kasat mata. Kamu tentu tak pernah tahu jika ternyata terdapat banyak debu-debu halus yang bersembunyi pada lekukan dan celah sempit panel mobil.

Bisa saja debu-debu tersebut membawa virus, bakteri atau parasit yang berbahaya saat dihirup. Tentu kamu tidak mau membahayakan diri kamu, keluarga, teman, atau penumpang lain yang masuk ke dalam mobil kamu. Terutama di situasi pandemi ini kebersihan mobil akan sangat menunjang kondisi kesehatan siapapun yang berada di dalam mobil kamu.

Hindari Panel Mobil dari Benda Logam

Setelah melalui proses pembersihan, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah menghindari meletakkan bahan logam pada panel. Hal yang umum dilakukan banyak orang adalah kebiasaan menyimpan beberapa benda logam pada panel mobil seperti koin, jam tangan, dan juga kunci. Bagi kamu yang memiliki panel mobil berbahan kayu usahakan untuk segera menghentikan kebiasaan ini ya. Pasalnya logam merupakan musuh utama panel mobil berbahan kayu.

Tanpa kamu sadari mobil yang bergerak akan membuat logam yang berada di atas panel mobil kayu pun ikut bergerak. Gerakan logam ini kemudian menimbulkan gesekan yang dapat menggores panel kayu mobil. Goresan logam tersebut tentu akan mengurangi kesan artistik dan natural pada panel mobil berbahan dasar kayu milik kamu.

Menjaga Suhu Kabin Mobil

Suhu pada kabin kerap kali diabaikan oleh banyak pemilik kendaraan. Faktanya tidak semua panel dashboard mobil dibuat dari material yang tahan pada kondisi apapun. Suhu kabin menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kondisi tampilan panel berbahan kayu pada mobil. Khusus untuk panel kayu suhu ideal kabin mobil adalah suhu ruangan yang berkisar antara 20 hingga 25 derajat celcius.

Suhu kabin mobil yang terlalu lembab cenderung akan menghasilkan butiran air yang kemudian dapat menimbulkan tumbuhnya jamur pada dashboard mobil yang berbahan kayu. Suhu yang terlalu tinggi atau panas juga dapat berpotensi merusak lapisan panel kayu. Oleh karena itu selalu pastikan mobil kamu terparkir di tempat yang aman dan teduh dengan suhu yang tepat.

wood panel mobil

Mobil Kamu Kini Siap Digunakan Pergi Liburan!

Itulah tips menjaga tampilan wood panel mobil kamu agar tetap tampil maksimal dan terasa semakin nyaman saat akan kamu gunakan bepergian dan berlibur. Semoga tips di atas bisa membantu kamu ya. Bicara mengenai liburan jika kamu tengah kebingungan dalam mencari akomodasi, kamu bisa coba pengalaman menginap di Bobobox. Bobobox merupakan sebuah hotel yang memiliki konsep kapsul yang futuristik dan modern.

Dengan konsep yang unik, pengalaman menginap kamu akan jauh lebih menarik dan menyenangkan karena ditunjang  dengan fasilitas kekinian. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk memesan kamar kapsul pilihan kamu sekaligus mendapakan promo yang menarik. Yuk unduh aplikasinya sekarang juga!

You might also like