Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Agar Tetap Sehat, Simak 10 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Ini

Demi tulang sehat di masa tua

Bobobox.co.id — Demi memiliki tulang sehat, kamu perlu memelihara kesehatannya sejak dini. Dalam proses memelihara tulang agar sehat, kamu tentunya membutuhkan tips menjaga kesehatan tulang.

Dengan begitu, kamu pun mengikuti hal apa saja yang berdampak baik dan buruk bagi kesehatan tulang. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, kamu pun bisa mengaplikasikannya untuk dapatkan hasil optimal.

Nah, daripada berlama-lama, langsung saja simak 10 tips menjaga kesehatan tulang dari Bob berikut ini.

Daftar Tips Menjaga Kesehatan Tulang

1. Tingkatkan Asupan Kalsium

Tips menjaga kesehatan tulang pertama adalah meningkatkan asupan kalsium. Hal tersebut dilakukan jika kamu memang sudah menjaga asupan salah satu nutrisi yang baik dalam membantumu untuk jaga kesehatan tulang.

Namun, jika belum, ada baiknya mulai mencukupi kebutuhan harian kalsium. Biasanya, orang dewasa berusia 19 hingga 70 tahun disarankan mengonsumsi 1.000 mg dan 1.200 mg untuk yang berusia di atas 71 tahun.

Untuk mencukupi asupan kalsium, ada beberapa makanan dan minuman kaya kalsium wajib dikonsumsi. Beberapa di antaranya antara lain susu, keju, kacang kedelai, tahu, sarden, salmon, dan juga brokoli.

Susu tips menjaga kesehatan tulang
Susu via pexels.com/@enginakyurt

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara rutin merupakan kebiasaan yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Pasalnya, tak terhitung lagi manfaat yang bisa diberikan oleh aktivitas tersebut untuk kesehatan tubuh. Salah satunya untuk tulang.

Guna menjaga kesehatan tulang, aktivitas fisik seperti berolahraga adalah sebuah keharusan. Tips menjaga kesehatan tulang ini pun cukup banyak yang bisa dipilih seperti jogging, angkat beban, lari, dan juga yoga.

Jika kamu jarang berolahraga, mulailah dari aktivitas fisik dengan intensitas rendah. Hal terpenting yang ingin Bob tekankan adalah lebih aktif bergerak dapat membuat otot dan tulang meningkatkan kekuatannya.

Rutin berolahraga tips menjaga kesehatan tulang
Rutin berolahraga via pexels.com/@pixabay

3. Hindari Minuman Beralkohol

Secara umum, mengonsumsi minuman beralkohol lebih banyak mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan seperti tak baik untuk tulang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk benar-benar menghindari minuman beralkohol.

Jika kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebihan, mulailah untuk menguranginya. Pengaruh buruk yang bisa saja terjadi adalah berkurangnya massa tulang dan meningkatnya risiko patah tulang saat jatuh.

Tips menjaga kesehatan tulang ini tentu saja tak hanya sekadar demi tulang yang tetap sehat. Mengurangi kebiasaan buruk satu ini pun bakal memberikan dampak yang cukup baik bagi kesehatan secara general.

Hindari minuman beralkohol tips menjaga kesehatan tulang
Hindari minuman beralkohol via unsplash.com/@giisilveira

Baca Juga: 10 Manfaat Es Krim Untuk Kesehatan Yang Mungkin Jarang Diketahui


4. Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi merupakan teman yang cocok saat mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas kuliah. Namun, mengonsumsi terlalu banyak asupan kafein secara terus menerus justru merupakan hal buruk bagi kesehatan tulang.

Pasalnya, konsumsi kafein secara berlebihan justru dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Padahal, nutrisi tersebut merupakan salah satu nutrisi penting untuk menjaga tulang tetap sehat.

Oleh karena itu, mengurangi konsumsi kafein adalah tips menjaga kesehatan tulang selanjutnya. Cobalah mengganti kopi yang biasa menjadi minuman pendamping kerja dengan meminum air putih yang lebih sehat.

Minuman berkafein tips menjaga kesehatan tulang
Minuman berkafein via pexels.com/@kaboompics

5. Batasi Asupan Garam

Tak hanya kafein, asupan garam pun perlu kamu perhatikan baik-baik. Walaupun bermanfaat sebagai penyedap rasa makanan, garam justru mempercepat tubuh kehilangan kalsium yang tak baik untuk kepadatan tulang.

Oleh sebab itu, mulailah untuk mengontrol asupan garam pada makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Setidaknya kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari satu sendok teh (sdt) garam setiap harinya.

Dari berbagai macam makanan, makanan seperti keripik pizza, dan camilan kebanyakan memiliki kandungan garam yang tinggi. Untuk itu, kamu bisa mulai mengurangi untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

Batasi asupan garam tips menjaga kesehatan tulang
Batasi asupan garam via pexels.com/@lorena-martinez-1218850

6. Kurangi Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan seperti halnya meminum minuman beralkohol. Salah satu dampak buruk dari merokok sendiri mampu menyebabkan tulang jadi rapuh.

Hal tersebut bisa terjadi akibat dari kandungan nikotin pada rokok. Kandungan tersebut sendiri dapat menghambat proses pembentukan tulang. Dengan terhambatnya proses terbuse, kepadatan tulang pun justru berkurang.

Oleh karena itu, mengurangi bahkan menghindari 100 persen merokok adalah tips menjaga kesehatan tulang lainnya. Di samping baik untuk tulang, menghindari kebiasaan ini pun bakal menjaga kesehatan paru-parumu.

Kurangi kebiasaan merokok tips menjaga kesehatan tulang
Kurangi kebiasaan merokok via pexels

Baca Juga: 7 Tips Alami Mengatasi Radang Tenggorokan


7. Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Untuk membantu penyerapan kalsium yang optimal, tubuh memerlukan bantuan dari vitamin D. Tak hanya untuk penyerapan kalsium saja, vitamin D pun membantu dalam pembentukan dan melindungi tulang.

Oleh karenanya, tips menjaga kesehatan berikutnya adalah memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Banyak cara yang bisa kamu lakukan guna memenuhi vitamin D. Salah satunya adalah dengan berjemur di pagi hari.

Kamu bisa berjemur setidaknya dua hingga tiga kali seminggu selama kurang lebih 10 menit sebelum jam sembilan pagi. Selain itu, ada baiknya juga mengonsumsi makanan seperti keju, ikan berlemak baik, dan telur.

Berjemur di pagi hari tips menjaga kesehatan tulang
Berjemur di pagi hari via pexels.com/@maggie-zhan-144531

8. Jaga Berat Badan

Memiliki berat badan ideal tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Pasalnya, dengan berat badan yang ideal, risiko berbagai penyakit yang timbul akibat berat badan berlebih pun bisa menurun.

Nah, guna menjaga kesehatan tulang, berat badan ideal memerankan peranan penting guna mempertahankan kekuatan dan juga kesehatan tulang. Hal ini pun selaras dengan sebuah studi yang membahas soal tulang.

Pada penelitian tersebut, berat badan berlebih atau kekurangan berat badan turut berperan dalam meningkatnya risiko kerusakan dan cedera pada tulang. Jadi, jagalah berat badan sebagai tips menjaga kesehatan tulang ini.

Jaga berat badan tips menjaga kesehatan tulang
Jaga berat badan via pexels.com/@pixabay

9. Konsumsi Suplemen

Tak hanya mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, kamu pun bisa memenuhi asupan kalsium dan vitamin D dengan cara lainnya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi suplemen yang ada di pasaran.

Untuk mengaplikasikan tips menjaga kesehatan tulang ini, ada baiknya cobalah konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Konsultasi tersebut dilakukan untuk menentukan dosis suplemen kalsium dan vitamin D yang tepat.

Setelah mengetahui dosis yang tepat, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen sesuai yang dianjurkan. Kamu bisa mengonsumsi suplemen kalsium maupun vitamin D setelah atau bersamaan dengan makanan.

Konsumsi suplemen tips menjaga kesehatan tulang
Konsumsi suplemen via pexels.com/@pixabay

Baca Juga: 10 Jenis Seafood Sehat Yang Wajib Dikonsumsi


10. Ikuti Fisioterapi

Tips menjaga kesehatan tulang terakhir dari Bob adalah mengikuti fisioterapi. Mengunjungi ahli terapi fisik untuk fisioterapi ini sebagai salah satu langkah pencegahan guna menghindarkanmu dari hal yang diinginkan.

Fisioterapi ini dilakukan agar kamu tidak mudah jatuh. Cara tersebut pun tak hanya berguna agar tulang tetap sehat saja. Terapi fisik ini pun bisa membantu dalam meningkatkan postur dan memperkuatan kekuatan otot.

Bahkan, tips menjaga kesehatan tulang ini cukup direkomendasikan bagi kamu yang pernah alami patah tulang. Ahli terapi fisik dapat membantu merancang program terapi yang sesuai dengan kondisi tulangmu.

Ikuti fisioterapi tips menjaga kesehatan tulang
Ikuti fisioterapi via pexels.com/@ryutaro

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Menginap nyaman dan aman tak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Kamu bisa menginap dengan kenyamanan dan keamanan terjamin di Bobobox yang menawarkan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung.

Dengan fasilitas mumpuni tersebut, momen menginapmu jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya, kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang fresh dengan tenaga yang 100 persen terisi kembali.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

You might also like