Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Pernapasan

Agar paru-parumu terhindar dari hal yang tidak diinginkan

Bobobox.co.id — Paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup seorang manusia. Dengan peran pentingnya tersebut, kesehatan organ pernapasan ini haruslah dijaga.

Pasalnya, jika kamu tidak benar-benar menjaga kesehatan paru-paru, pastinya pernapasanmu akan ikut terganggu. Hal ini terjadi karena organ tersebut berperan dalam memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah.

Untuk itulah, kamu harus menjaga kesehatan paru-paru agar pernapasanmu tetap lancar. Sehingga, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat.

Selain itu, ada juga cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga paru-parumu. Berikut ini merupakan 7 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan.

Berhenti Merokok

Tips sederhana pertama untuk menjaga kesehatan pernapasanmu adalah dengan berhenti merokok. Bagi kamu yang memang tidak merokok, pertahankan kebiasaan tersebut.

Sedangkan, bagi yang saat ini masih sering merokok, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut secara bertahap. Hal ini demi kesehatan pernapasan juga.

Sudah banyak yang tahu jika rokok mengandung zat kimia yang akan sangat berbahaya apabila menggumpal di dalam paru-paru. Jika tidak segera disedot, kamu bisa terkena penyakit kanker paru-paru dan obstruktif kronis.

Untuk itulah, cobalah sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi rokok. Misalkan saja jika awalnya kamu merokok 3 batang per harinya, cobalah untuk mengurangi satu batang per harinya secara terus menerus untuk menghilang kebiasaan merokok.

tips kesehatan berhenti merokok

Menjauhi Asap Rokok

Tak hanya perokok aktif saja yang terkena dampak dari rokok, kamu yang sering kali menghirup asap rokok atau biasa disebut perokok pasif pun akan terkena dampak buruk bagi kesehatan pernapasan.

Bahkan, asap rokok yang terhidup oleh perokok pasif memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan rokok untuk perokok aktif. Pasalnya, pada perokok aktif, asap rokok yang masuk lebih sedikit dibandingkan yang terhirup oleh perokok pasif.

Asap rokok sendiri bisa bertahan hingga 2,5 jam di udara. Sehingga, meskipun bentuk asap rokoknya sudah hilang dan tidak tercium lagi, zat berbahaya dari asap rokok tersebut masih ada di udara.

Untuk itulah, kesadaran dari perokok aktif untuk menghargai orang-orang yang tidak merokok amatlah dibutuhkan khususnya di tempat umum. Orang-orang yang tidak merokok mempunyai hak untuk mendapatkan udara yang bersih di tempat umum.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan dari asap rokok adalah dengan membawa masker di setiap harinya. Hal ini sebagai langkah antisipasi sederhana yang mudah dilakukan.

Jaga Kebersihan Udara Sekitarmu

Tidak hanya harus memerhatikan lingkungan yang tidak ada asap rokok, kamu pun harus memerhatikan kebersihan udara di sekitar lingkunganmu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan paru-parumu.

Ada baiknya persiapkan masker sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan. Masker sendiri digunakan untuk menghalangi masuknya polusi udara yang tidak diinginkan ke dalam paru-paru yang bisa menggangu kesehatan organ tersebut.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kebersihan udara di sekitarmu adalah dengan meletakkan beberapa tanaman hijau atau menanam pohon di rumahmu.

Tanaman hijau memang dikenal sebagai penyuplai oksigen yang baik dan penyerap zat karbon. Dengan adanya tanaman hijau ditambah lingkungan yang bersih, kebersihan udara di sekitarmu pun akan tetap terjaga.

Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Tips sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan adalah dengan menghindari mengonsumsi minuman beralkohol. Seperti halnya merokok, pertahankanlah untuk tidak meminum minuman beralkohol jika memang belum pernah.

Saat seseorang mengonsumsi minuman beralkohol, zat kimia pada minuman tersebut bisa menyebabkan penyumbatan pada paru-paru. Sehingga, kesehatan pernapasanmu akan terganggu.

Dengan adanya risiko tersebut, sebaiknya memang usahakanlah untuk menghindari mengonsumsi minuman beralkohol. Sebagai gantinya, perbanyak beberapa minuman yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Beberapa minuman yang baik untuk paru-paru adalah air putih, jus-jus segar, atau susu beruang. Minumlah secara rutin beberapa minuman tersebut untuk menjaga kesehatan pernapasanmu.

Olahraga Secara Teratur dan Rutin

Selain memang sangat baik kesehatan tubuh secara keseluruhan, olahraga pun ternyata bermanfaat untuk kesehatan pernapasan. Orang yang rutin berolahraga dapat meningkatkan kinerja paru-paru.

Saat kinerja paru-paru meningkat, hal tersebut secara otomatis akan meningkatkan kinerja jantung juga. Sehingga, pada akhirnya suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah banyak.

Jika kamu termasuk orang yang super sibuk dan jarang memiliki waktu luang, kamu bisa melakukan olahraga yang tidak memerlukan alat khusus seperti badminton, basket, dan masih banyak lainnya.

Lakukanlah olahraga-olahraga simpel seperti jogging, yoga, atau zumba di sela-sela waktumu. Cukup hanya sekitar 10 hingga 30 menit dan dilakukan secara rutin, manfaatnya pun akan terasa pada tubuhmu.

Bahkan, untuk jogging, kamu tidak perlu trek lari jika trek lari tersebut jaraknya cukup jauh dari rumah atau kantormu. Kamu bisa memanfaatkan jalan di sekitar rumahmu untuk menjadi trek jogging yang kamu lalui.

Menerapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat menjadi tips sederhana selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan. Dalam pola makan sehat, kamu harus memerhatikan makanan yang baik bagi paru-parumu.

Kombinasi makanan bergizi dan susu murni dipercaya ampuh dalam membersihkan paru-paru. Untuk itu, makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah menjadi menu wajib yang harus ada di menu makanan sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, rajin memakan buah dan sayuran bisa membantu untuk menurunkan risiko terkena kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena zat yang terkandung dalam buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Selain itu, cobalah juga untuk memakan makanan yang memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi sebagai pencegah kerusakan paru-paru akibat oksidasi.

Untuk semakin mengefektifkan pola makan sehat, hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung glukosa tinggi seperti permen dan coklat. Makanan mengandung gula berpotensi menghasilkan lendir yang bisa menggangu kinerja dari paru-paru itu sendiri.

Menjaga Berat Badan

Tips sederhana terakhir yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pernapasan adalah menjaga berat badanmu untuk stay di posisi ideal. Berat badan yang tidak ideal atau bahkan obesitas menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan pernapasan.

Pasalnya, saat seseorang memiliki berat badan yang jauh dari ideal, kebutuhan akan oksigennya lebih banyak dibandingkan orang bertubuh ideal. Sehingga, paru-paru orang tersebut dipaksa bekerja lebih keras untuk menyuplai oksigen ke tubuh.

Oleh karena itu, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara rutin dan mencoba diet. Untuk olahraga secara rutin, penjelasannya sendiri sudah bisa kamu baca di poin sebelumnya.

Sedangkan untuk diet, kamu bisa memilih beberapa makanan yang dianggap baik untuk kesehatan paru-paru. Makanan seperti ikan, susu, keju, daging merah, dan kacang-kacangan bisa menjadi menu diet yang fungsinya membersihkan paru-paru dari gumpalan kotoran.

Bingung Memilih Akomodasi Penginapan? Datang saja ke Bobobox

Bingung dalam memilih akomodasi penginapan saat berada di Jakarta Selatan? Ada baiknya ikuti saran Bob untuk mengarahkan pandanganmu ke Bobobox Pods Kebayoran Baru dan Pancoran.

Hotel kapsul satu ini menawarkan fasilitas yang keren dan kekinian namun dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk tiap inap malamnya.

Informasi lebih lanjut mengenai podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

You might also like