Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mata Lelah Karena Melihat Layar ? Berikut Tips Menjaga Kesehatan Mata

Tips menjaga kesehatan mata berikut ini mudah untuk diaplikasikan, lho!

Tips menjaga kesehatan mata berikut ini sangat mudah kamu aplikasikan untuk mempertahankan dan meningkatkan performa mata kamu menjadi maksimal. Mata merupakan salah satu panca indra yang memiliki peran sangat penting dalam kelangsungan hidup aku. Mata adalah panca indra yang memiliki peranan yang sangat penting. Meskipun begitu faktanya masih banyak masyaraka yang mengabaikan kesehatan mata dan tidak merawatnya dengan baik.

Padahal saat kesehatan mata terganggu maka produktivitas harian seseorang pun dapat terganggu dan dalam kasus paling buruk dapat merusak dan menghilangkan fungsi penglihatan. Tentunya situasi ini tidak diharapkan semua orang. Oleh karena itu penting bagi kamu untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata sedini mungkin dengan menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan mata berikut ini.

Di zaman serba teknologi seperti saat ini, paparan sinar biru dari layar gadget, komputer, TV tidak dapat terhindarkan karena telah menjadi bagian dari hidup kita. Teknologi tersebut memudahkan setiap pekerjaan kita dan menunjang kelangsungan hidup kita agar menjadi lebih baik dan serba mudah. Namun sayangnya, paparan sinar biru dari layar gadget ini lambat laun dapat merusak kesehatan mata kita.

Mata yang lelah karena terlalu lama terpapar sinar dari layer gadget atau terlalu lama bekerja di depan komputer akan membuat mata terasa kering yang menggangu aktivitas. Menangani mata yang lelah tidak semudah menangani tubuh yang lelah dengan cara tidur. Terdapat berbagai macam cara yang harus dilakukan untuk menunjang kesehatan mata terutama bagi mata yang lelah. Yuk simak tips menajaga kesehatan berikut ini!

menjaga kesehatan mata

1. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Jaga Pola Makan

Tips menjaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan menjaga pola makan kamu. Apa yang kamu konsumsi setiap hari tentunya tak hanya akan berdampak pada kesehatan mata kamu saja tetapi juga terhadap kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Oleh karena itu agar kesehatan mata dan kesehatan tubuh senantiasa terjaga maka ada baiknya kamu mulai menjaga pola makan dengan berbagai asupan yang bergizi dan bernutrisi.

Beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan mata adalah lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin ini dapat kamu peroleh dari konsumsi sayur-sayuran seperti brokolo, zuxxhini, ataupun dari telur. juga terkandung di brokoli, telur dan zucchini. Kamu pun bisa mengonsumsi suplemen-supelem yang mengandung lutein dan zeaxanthin sebagai salah satu tips menjaga kesehatan mata yang praktis.

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang kamu konsumsi dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi nutrisi lainnya seperti asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E.  Vitamin dan mineral tersebut diyakini dapat menjaga fungsi organ mata sehingga sangat disarakan untuk kamu konsumsi dalam menjaga kesehatan mata.

2. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Stop Merokok!

Ayo siapa diantara kamu di sini yang memiliki kebiasaan merokok? Menghilangkasn kebiasaan merokok memang akan terasa sulit namun mengingat manfaatnya terhadap kesehatan maka mengurangi kebiasaan ini terasa layak diperjuangkan. Kebiasaan merokok ini faktanya tak hanya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tetapi juga dapat memberikan pengaruh buruk terhadap mata kamu.

Rokok mengandung berbagai zat yang bersifat racun yang jika diserap dalam tubuh dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata. Umumnya penyakit mata yang sering dialami oleh para perokok berat  berkaitan dengan pembuluh darah dan retina. Dengan demikian, mengurangi dan menghentikan kebiasaan merokok sedini mungkin akan menjauhkan kamu dari berbagai resiko kesehatan termasuk penyakit mata.

3. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Pakai Kacamata Hitam Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan kamu pasti sering menggunakan sunblock untuk melindungi kulit kamu dari sengatan matahari. Selain menggunakan sunblock untuk melindungi kulit kamu juga bisa menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) secara langsung. Paparan sinar UV dalam jangka panjang faktanya dapat menyebabkan gangguan pada mata seperti pterygium, katarak, hingga degenerasi makula.

mata lelah

4. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Merawat dan Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

Punya kebiasaan mengenakan lensa kontak? Lensa kontak umumnya digunakan bagi mereka para pemilik mata minus, plus, maupun silinder untuk memperjelas penglihatan mereka. Tak jarangg juga lensa kontak digunakan untuk kebutuhan fashion. Lensa kontak aman digunakan asal kamu dapat memastikan kebersihannya senantiasa terjaga.

5. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Perhatikan Riasan Mata

Penggunaan riasan mata sebenarnya aman dilakukan namun penting untuk memastikan bahwa setiap make up yang menempel pada bagian mata dibersihkan dengan benar setelahnya. Pembersihan make up yang tidak menyeluruh pada bagian mata faktanya dapat menimbulkan iritasi dan menyumbat kelenjar di sekitar kelopak mata.

6. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Periksa Mata Secara Berkala

Jika kamu sudah melakukan beberapa tips menjaga kesehatan mata di atas bukan berarti kamu terbebas dari berbagai kemungkinan penyakit mata. Oleh karena itu pemeriksaan kesehatan mata secara berkala penting untuk dilakukan agar kamu bisa mendeteksi kemungkinan penyakit mata dan melakukan perawatan sedini mungkin .

7. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Tetap Fit

Tips menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan memastikan kesehatan tubuh terjaga. Melakukan olahraga dan memperbanyak aktivitas fisik faktanya berkontribusi banyak terdapat kesehatan tubuh dan juga kesehatan mata. Tips menjaga kesehatan mata ini dapat menghindari kamu dari resiko kerusakaan pada jaringan darah di mata terutama bagi mereka yang memeiliki riwayat diabetes tipe 2 dan obesitas. Yuk aplikasikan tips menjaga kesehatan mata dengan berolahraga!

8. Tips Menjaga Kesehatan Mata: Mengikuti Aturan 20-20-20

Tips menjaga kesehatan mata yang terakhir adalah dengan memenuhi kebutuhan istirahat harian kamu dengan melakukan tidur malam. Selain itu kamu juga bisa coba mengistirahatkan mata kamu dengan menerapkan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit berkerja kamu harus berhenti menatap layar komputer kamu dan berpindah ke objek sejauh 20 kaki selama 20 detik sebagai salah satu tips menjaga kesehatan mata.

Selain kesehatan mata yang harus dijaga dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan sehat untuk mata, kesehatan hati dan jiwa juga penting untuk dijaga, lho. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus. Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay happy!

You might also like