Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Menjaga Kesehatan Menjelang Liburan ala Anak Rantau

Kamu anak rantau? Menjelang liburan jaga kesehatan kamu dengan tips berikut ini!

Kesehatan itu mahal harganya. Oleh karena itu selagi kamu masih diberikan nikmat sehat kamu harus senantiasa bersyukur dan menjaga kesehatan tubuh kamu. Jika kamu adalah anak rantau, Bob paham banget deh akan menjadi sulit untuk kamu merawat diri. Saat berada di rumah, Ibu kamu pasti merawat diri kamu agar tetap sehat dengan memberikan nutrisi makanan yang baik, tapi saat merantau kamu hanya bisa mengandalkan diri kamu sendiri.

Lalu masa liburan pun sebentar lagi tiba dan ini berarti kamu harus mulai menyiapkan tubuh kamu agar fit saat berlibur nanti. Gak lucu dong jika kamu malah jatuh sakit saat liburan dan malah jadi mengurungkan diri di penginapan untuk istirahat. Sebagai anak ranatu kamu harus mandiri dan tau bagaimana cara menjaga diri agar tetap sehat dan bugar. Bob sudah siapin 7 tips menjaga kesehatan ala anak rantau yang bisa kamu coba!

1. Kebiasaan Mencuci Tangan dan Kaki

kesehatan tangan

Hal terpenting dan sederhana yang bisa kamu mulai terapkan adalah menjaga kesehatan dengan mencuci tangan. Selain tangan, kebersihan kaki kamu juga sangat penting loh untuk memastikan kuman-kuman yang menempel di kaki setelah berjalan di lantai atau mengenakan alas kaki hilang tuntas. Pastikan untuk selalu mencuci tangan kamu setelah menyentuh barang-barang yang kotor, memegang sampah, memegang barang berdebu, atau baru saja bersin.

Pastikan juga tangan kamu selalu bersih sebelum memegang makanan atau mulai memasak. Kebersihan tangan kamu akan mempengaruhi kesehatan kamu. Cucilah tangan agar kamu tidak rentan terkena penyakit dan agar kuman di tangan kamu tidak terkena makanan yang akan kamu makan. Sesaat kamu akan pergi tidur biasakan juga untuk mencuci tangan dan kakimu terlebih dahulu ya!

2. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Kamu membutuhkan sekitar 2 liter air dalam satu hari agar metabolisme tubuh kamu lancar. Tubuh manusia terdiri dari 60% air oleh karena itu kamu harus memastikan kebutuhan air dalam tubuh kamu terpenuhi untuk mendukung kesehatan tubuh. Selain baik untuk kesehatan, mengkonsumsi cukup air pun akan membuat kulit kamu sehat, menyehatkan ginjal agar bisa berfungsi dengan baik, dan masih banyak manfaat lainnya!

Kamu gak perlu khawatir kulit wajah kamu kusam saat berlibur nanti jika tubuh selalu terhidrasi. Selain menggunakan produk perawatan kulit, pastikan asupan air kamu terpenuhi setiap harinya karena perawatan tubuh dari dalam itu penting! Hindari minuman-minuman dengan perasa, gula, juga bersoda. Minum kopi tidak terhitung sebagai minum air loh jadi pastikan tubuh kamu selalu terhidrasi oleh air mineral. Bawa air minum kemana pun kamu pergi agar kamu tidak dehidrasi!

5. Mengatur Pola Makan Seimbang

makanan kesehatan

Hal lain yang masuk ke tubuh kamu selain air adalah tentunya makanan. Makanan menjadi faktor penentu kondisi kesehatan kamu. Jika apa yang kamu konsumsi adalah baik untuk tubuh maka tubuh kamu pun akan sehat dan bugar. Sebaliknya jika kamu mengkonsumsi makanan yang tidak baik untuk tubuh dan sedikit mengkonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur dan buah maka dipastikan tubuh kamu akan rentan sakit.

Menjadi anak rantau memang tidak mudah. Kamu harus menyiapakan makanan sendiri tidak seperti saat berada di rumah di mana semuanya serba tersedia. Namun bukan berarti kamu harus mengkonsumsi makanan yang tidak baik dengan alasan tidak punya waktu atau malas menyiapkan makanan sehat. Penting bagi kamu untuk memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Setelah itu penuhi kebutuhan tubuh kamu oleh menu 4 sehat 5 sempurna yang bisa mudah kamu dapatkan di supermerket terdekat. Ayo semangat hidup sehat agar liburan menyenangkan!

3. Berolahraga Teratur

olahraga untuk kesehatan

Setelah makan imbangi gaya hidup kamu dengan aktivitas gerak yang cukup ya! Olahraga memberikan kamu banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga dapat membuat tubuh kamu bugar, mengencangkan otot, meningkatkan stamina juga daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi. Seperti pepatah yang mengatakan di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, olahraga pun diyakini mampu mengurangi stres sehingga kamu merasa lebih bahagia!

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti memperbanyak berjalan kaki baik itu saat pergi ke kantor atau saat mencari makan siang. Jika kamu mempunyai dana lebih kamu bisa mendaftarkan diri kamu untuk menjadi salah satu anggota pusat kebugaran tubuh sehingga kamu dapat memanfaatkan beberapa fasilitas olahraga yang berkontribusi pada kesehatan kamu!

4. Gunakan Masker Di Tempat Umum

masker kesehatan

Cuaca yang cenderung berubah-ubah akan membuat tubuh kamu rentan sakit. Agar kesehatan kamu terjaga dari debu, asap kendaraan, bakteri dan virus-virus yang mudah kamu temukan di tempat umum baiknya kamu melindungi diri kamu dengan menggunakan masker. Saat kamu berada di tempat umum kamu tidak bisa menghindari diri kamu dari menghirup udara yang sama dengan orang-orang yang mungkin sedang sakit. Agar kamu tidak mudah tertular ada baiknya kamu menjaga kesehatan dengan menggunakan masker,

6. Kesehatan Pikiran Tak Kalah Penting!

kesehatan pikiran

Memiliki pikiran positif menjadi penentu kesehatan kamu. Saat kamu makan dan minum yang sehat diimbangi dengan olahraga cukup namun pikiran kamu sesak oleh tekanan, bisa dipastikan daya tahan tubuh kamu akan menurun. Pikirkanlah hal-hal yang positif dan beri sugesti yang baik pada diri sendiri. Saat kamu memberi sugesti positif pada diri sendiri kamu pasti akan menjadi pribadi yang penuh percaya diri dan penuh semangat!

Pikiran positif akan membuat pekerjaan kamu menjadi serba mudah. Kamu akan cenderung lebuh baik dalam mengatur waktu, mengambil keputusan, dan juga semakin fokus. Selain baik untuk kesahatan, berpikir positif akan membuat kamu menjadi jauh lebih bahagia! Memiliki pikiran positif akan memabantu kamu dalam mengatur emosi dan stres. Kamu juga akan cenderung lebih tenang saat dihadapkan oleh masalah.

7. Tidur Berkualitas untuk Kesehatan Tubuh

Tidur itu penting bagi kesehatan. Tidur berkualitas akan meningkatkan daya tahan tubuh, kreativitas, konsentrasi, memperbaiki metabolisme tubuh, juga mencerahkan kulit! Pastikan agar kamu memenuhi kebutuhan tidur kamu minimal 8 jam dalam sehari.

backpacker di bandung

Hindari meminum kopi sebelum tidur agar kamu bisa tidur dengan lelap. Buat tempat tidurmu senyaman mungkin dengan membersihkan tempat tidur kamu lalu cuci tangan dan kakimu sebelum tidur. Pastikan kesehatan gigi kamu pun terjaga dengan menyikat gigi sebelum tidur. Tidur berkualitas bisa dipengaruhi oleh tempat tidur yang nyaman. Bobobox adalah salah satu penginapan yang menawarkan kamu pengalaman tidur nyaman dengan harga terjangkau!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bobobox dan promo-promo menariknya kamu bisa unduh aplikasi Bobobox sekarang juga! Jadi gimana nih, sudah siap untuk liburan dengan hati gembira dan tubuh yang sehat? Kesehatan itu berharga jadi pastikan kamu menjaga kesehatan dengan baik agar tidak menyesal! Meskipun anak rantau buktikan bahwa kamu mampu merawat diri dengan baik demi kesehatan. Selamat berlibur!

You might also like
Comments
Loading...